Published on

Careers

Mudah, ini 6 cara dapatkan penghasilan tambahan

Maria Yuniar

freelancer-763730__340.jpg

Ketika mulai merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bulanan atau mungkin ingin mencapai tujuan finansialmu lebih cepat, mungkin kamu butuh cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Misalnya mencari pekerjaan sampingan atau mengubah gaya hidup. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penghasilan berikut ini.

Membuka bisnis baru

penghasilan tambahan - EKRUT
Menjual makanan bisa menjadi salah satu caramu mendapatkan penghasilan tambahan - EKRUT

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan membuka bisnis yang kamu sukai. Dengan cara ini, kamu bisa memiliki pekerjaan paruh waktu sambil mengerjakan pekerjaan utamamu. Namun, bila terhitung cukup menjanjikan, tak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan bisnis ini ke skala yang lebih besar lagi.

Untuk memulainya, carilah hal-hal yang kamu sukai dan buatlah rencana bisnis dari hal tersebut. Jika kamu suka memasak, cobalah cari tahu informasi lengkap seputar ide usaha makanan. 

Bekerja dari hobi

penghasilan tambahan - EKRUT
Cari hobi yang bisa mendatangkan penghasilan - EKRUT

Kamu bisa menggunakan hal-hal yang kamu ciptakan dari hobimu untuk keperluan komersial. Kamu bisa mulai membuat prakarya atau makanan dan menjualnya melalui situs jual beli online.

Cara lain untuk tetap bisa bekerja dari hobimu saat ini adalah dengan membuat kanal YouTube yang mampu merepresentasikan hasil kerjamu dengan lebih menarik. Jika kamu suka bermain musik atau menggambar, kamu bisa mulai membuat video ulasan musik atau karya yang kamu senangi.

Baca juga: Macam-macam hobi yang menghasilkan uang saat pandemi

Mengisi survei 

penghasilan tambahan - EKRUT
Selain uang tunai, beberapa situs survei online menawarkan hadiah lain untuk partisipannya - EKRUT

Beberapa brand atau situs survei online kerap menawarkan bayaran bagi peserta yang ingin mengikuti survei mereka. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai ide lain mendapatkan penghasilan tambahan.

Meski begitu perlu diketahui bahwa terkadang situs survei online  ini mencari target partisipan yang memenuhi syarat tertentu untuk setiap survei, jadi kamu bisa tidak dapat mengisi semua survei yang ada. 

EKRUT

Mencari pendapatan pasif

penghasilan tambahan - EKRUT
Mulailah berinvestasi untuk mendatangkan passive income - EKRUT

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menciptakan jalur bagi passive income atau pendapatan pasif. Kamu bisa memulainya dengan mulai berinvestasi, mengelola blog, menyewakan kendaraan, menyewakan rumah, atau aset-aset berharga lainnya.

Baca juga: 6 Cara mendapatkan passive income yang patut kamu coba

Mencari pekerjaan freelance 

penghasilan tambahan - EKRUT
Kelola waktu agar pekerjaan freelance tidak mengganggu pekerjaan utama kamu - EKRUT

Kamu juga bisa mencari pekerjaan freelance sebagai sumber penghasilan tambahan lainnya. Meski begitu, pastikan agar kamu bisa membagi waktu dengan efektif agar pekerjaan utama kamu tidak terganggu. 

Beberapa contoh pekerjaan freelance yang bisa kamu coba seperti pekerjaan proofreading, voice over, penulis konten, konsultasi SEO, dan lain-lain. 

Mengikuti kuis atau kompetisi online 

penghasilan tambahan - EKRUT
Mengikuti kuis atau kompetisi online adalah alternatif kegiatan di waktu luang yang mendatangkan peluang penghasilan tambahan - EKRUT

Beberapa brand atau perusahaan terkadang mengadakan kuis atau kompetisi online berhadiah untuk umum melalui media sosial atau website mereka. Nah, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan lainnya di sela waktu luang. Misalnya, kamu bisa mengikuti kompetisi seperti EKRUT Contest yang diadakan EKRUT secara rutin.

EKRUT Contest adalah kompetisi yang diadakan secara reguler dengan tema berbeda untuk para digital talent dalam bidang  Programmer, Data Scientist, Product, Designer dan Digital Marketer. Dengan mengikuti kompetisi ini kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari total Rp2.500.000 yang dibagikan untuk setiap challenges atau tema EKRUT Contest. 

Tidak hanya itu, dengan mengikuti dan memenangkan EKRUT Contest kamu juga bisa mendapatkan badge yang akan disematkan pada profil EKRUT kamu. Badge inilah yang nantinya bisa membuka peluang kamu mendapatkan undangan interview kerja yang lebih banyak, sebab banyak perusahaan mencari kandidat yang terbukti menguasai skillset yang diuji dalam setiap EKRUT Contest. 

Jadi, tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan EKRUT Contest kamu juga bisa membuka peluang datangnya lebih banyak tawaran interview kerja dari beragam perusahaan impian.

Menarik bukan? 

EKRUT Contest

Sumber:

Tags

Share