Published on

Careers

5 Kesalahan pekerja di usia 20-an yang perlu kamu waspadai

Maria Yuniar

kesalahan-yang-dilakukan-di-usia-20-EKRUT.jpg

Ketika memasuki usia 20-an, tentu kamu akan memiliki tanggung jawab yang lebih banyak. Tak jarang, pada usia ini, sebagian orang sudah harus mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar. Satu hal yang perlu diingat, pilihanmu untuk bekerja di usia ini akan menentukan kariermu di masa depan. 

Kamu perlu mempertimbangkan baik-baik setiap keputusan yang dibuat dalam kariermu. Untuk itu, simak kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para pekerja usia 20-an berikut agar kamu tak sampai melakukannya.

1. Bekerja tanpa tujuan

Bila ingin membangun bisnis atau bekerja di perusahaan impian, tentu kamu perlu rencana yang matang. Kamu harus bisa menguasai kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan ketika kamu sudah bekerja di bidang pilihanmu.

Karena itu, kamu harus memiliki rencana karier jangka panjang agar bisa mencapai tujuanmu. Jika bekerja tanpa tujuan, kamu akan sulit untuk fokus serta berkembang.

2. Gagal memenuhi kebutuhan pasar

Tren karier selalu berubah. Begitu pun dengan kualitas seorang pekerja. Makanya, kamu perlu menyesuaikan kemampuanmu dengan permintaan para pencari kerja saat ini. Misalnya, dengan memiliki kedisiplinnan agar mampu bekerja tanpa pengawasan atau mampu menyerap ilmu dengan cepat.

Untuk melatih kemampuan ini, kamu bisa mulai menghadiri konferensi-konferensi tertentu atau bergabung dengan organisasi yang kamu suka. Dengan terus berlatih, kamu juga sebenarnya sedang membekali diri untuk kariermu, lho!

Ingat, tanpa memiliki kemampuan yang diharapkan pasar, posisimu bisa terancam, bahkan digantikan oleh orang lain.

3. Selalu mengharapkan zona nyaman

Mungkin kamu tidak akan langsung menemukan pekerjaan impian selepas lulus dari bangku kuliah. Terkadang, kamu akan masuk ke perusahaan dengan gaji yang kecil dengan deskripsi pekerjaan yang tak kamu sukai.

Namun, sebaiknya kamu tak mengutuk kondisi saat ini, melainkan fokus pada membangun reputasi yang baik. Jangan selalu mengharapkan tempat kerja yang nyaman. Sebab jika selalu mencari zona nyaman, keterampilan dan potensimu akan sulit berkembang.

Agar lebih paham, kamu perlu cari tahu alasan lainnya mengapa kamu perlu keluar dari zona nyaman.

Nantinya, setelah beberapa tahun berada di perusahaan tersebut, kamu bisa beranjak dari pekerjaan yang tak terlalu kamu sukai itu dan mencari pekerjaan baru. Kamu pun kelak pasti dapat memenuhi kebutuhanmu serta perkembangan kariermu bermodalkan pengalaman bekerja di perusahaan yang dulu.

4. Tak memikirkan masa depan

Pekerjaan pertamamu mungkin memiliki gaji dan tunjangan yang bagus. Namun, kamu perlu melihat kembali prospek karier di sana. Bila tidak, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari peluang karier yang lebih baik untuk masa depan sembari membangun reputasi yang baik di perusahaan saat ini.

5. Gagal membangun reputasi

Ketika baru menjalani tahun pertama di dunia kerja, kamu perlu membangun reputasi demi kelangsungan kariermu. Dari setiap pekerjaan yang kamu kerjakan saat ini, kamu harus bisa menguasai kemampuan-kemampuan yang akan membawamu menuju pekerjaan baru yang lebih baik.

Kenapa? Karena tanpa reputasi yang baik, kamu pun akan kesulitan mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih menjanjikan.

Setelah kamu memiliki pekerjaan baru yang lebih baik nanti, renungkanlah sejenak bagaimana pengalamanmu bekerja pada perusahaan sebelumnya telah membuat kamu memiliki reputasi yang baik di mata atasan. Jika reputasimu baik, atasan pasti tas segan memberikan rekomendasi bagi perusahaan lain.

Dengan mengetahui lima kesalahan umum di atas, semoga kamu bisa menjadi karyawan yang lebih baik ya. Jika sudah yakin ini saatnya untuk menemukan peluang baru, ini saatnya kamu bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana, ada berbagai peluang dari ratusan perusahaan yang membutuhkan kandidat seperti kamu.

kesalahan pekerja - EKRUT

 

Sumber:

  • thebalancecareers.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-thisisengineering-3862603_(1).jpg

    Careers

    HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read

    Video