Published on

Careers

Ini 8 alasan pentingnya kamu keluar dari zona nyaman

Tsalis Annisa

keluar-dari-zona-nyaman-EKRUT.jpg

Sebagian besar orang menyukai hal-hal yang membuat nyaman. Namun, tak jarang hal yang membuatmu berada di zona nyaman tersebut bisa jadi malah membuatmu merasa terlena, merasa santai, tanpa tekanan, fleksibel, bisa bersenang-senang dan melupakan visi awalmu.

Tanpa disadari zona nyaman tersebut menghamat untuk maju dan berkembang karena kamu hanya mengerjakan hal yang itu-itu saja tanpa adanya inovasi maupun pelajaran baru. Inilah kenapa kamu dianjurkan untuk keluar dari zona nyaman agar lebih berkembang dan produktif. Berikut ini beberapa poin penting kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman:

Zona nyaman mematikan kreativitas

Alasan pertama kamu harus keluar dari zona nyaman adalah karena zona nyaman tersebut bisa mematikan kreativitas dari otakmu. Karena semua kegiatan yang biasa kamu lakukan telah ditata dengan rapi dan monoton. Hal ini membuat kreativitasmu hilang, merasa tidak mendapatkan tantangan, dan bahkan tidak menyadari kekurangan yang ada pada dirimu.

Menjadi pribadi yang lebih open-minded

Dengan kamu keluar dari zona nyaman, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih open-minded. Ini karena kamu akan memiliki pemikiran yang terbuka dan mengeksplorasi pikiran untuk menjadi lebih kreatif, tampil beda, menerima pada sudut pandang baru sehingga makin tinggi pula peluang kesuksesan kamu.

Menyukai tantangan

Karena kamu terbiasa dengan zona nyaman, mungkin pada saat kamu keluar kamu akan merasa tantangan tampak sulit atau bahkan mustahil dilakukan. Namun, setelah kamu sukses melaluinya dan menghadapi apapun yang terjadi dalam hidup. Kamu akan menyadari kekuatan dalam diri sehingga kamu akan menyukai tantangan baru.

Menyadari potensi diri sendiri

Jika selama ini kamu tak sadar akan potensi yang kamu miliki, saat kamu keluar dari zona nyaman kamu akan eksplor kemampuanmu, memiliki pemikiran yang benar-benar kritis serta mampu menemukan ide-ide baru. Imbasnya, kamu akan semakin maju dan mengembangkan kemampuan dan keterampilanmu yang akan berdampak pada kesuksesan di kemudian harinya.

keluar dari zona nyaman - EKRUT
Keluar dari zona nyaman dapat meningkatkan percaya diri dan kemampuanmu - EKRUT

Orang lain akan melihat kredibilitas dan kemampuanmu

Ketika keluar dari zona nyaman dan kamu mulai dapat berpikir kreatif serta mencoba berbagai tantangan baru, perlahan orang lain juga akan melihat kredibilitas dan kemampuanmu. Selain membuat orang lain percaya akan kelebihan yang kamu miliki, kamu juga tentu membuka kesempatan tawaran karir yang baru yang mungkin lebih baik di masa mendatang karena mereka telah melihat kredibilitasmu.

Meningkatkan kepercayaan diri

Tanpa disadari saat kamu melangkah keluar dari zona nyaman kamu akan merasa adanya kekuatan dan kemampuan yang kamu sebelumnya belum pahami kini semakin terlihat. Seringkali ketidaknyamanan saat menghadapi tantangan hingga sukses mengatasinya juga memberikan kemampuanmu meningkat sehingga rasa percaya diri kamu tumbuh berlipat.

Menjadi inspirasi bagi orang sekitar

Begitu kamu keluar dari zona nyaman dan sikapmu terlihat berubah maka orang mulai melihat kamu dan bahkan bisa terinspirasi oleh pencapaianmu. Dari sini tentu ada perasaan senang dan bangga yang kamu akan rasakan. Ketika orang di sekitar mulai berbicara tentang perubahan yang kamu buat dan mereka tentu juga akan tertarik mendengar kisah suksesmu.

Jadi, sudah siapkah kamu keluar dari zona nyaman? Dengan melihat alasan pentingnya keluar dari zona nyaman tersebut tentu kamu sudah paham bahwa keluar dari zona nyaman akan membawamu ke perubahan yang positif dan tentunya akan mendukung kesuksesanmu di masa mendatang.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • thecetrecruiter.co
  • topresume.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
0-buku-pengembangan-diri.jpg

Careers

10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read
0-topik-pembicaraan.jpg

Careers

10 Topik Pembicaraan yang Dapat Kamu Mulai di Tempat Kerja

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read