Published on

Careers

5 tips tetap sehat saat musim hujan untuk pekerja

Nelson Simbolon

tips_sehat_saat_musim_hujan.jpg

Menjelang akhir tahun, musim hujan mulai datang. Hujan dan cuaca mendung terjadi hampir setiap hari. Bila tak disiasati dengan baik, daya tahan tubuh dapat menurun sehingga kita rentan sakit. Bila tubuh sakit, tentu produktivitas kamu akan jadi terbatas dan  dapat mempengaruhi hal-hal lain seperti karier serta kondisi finansial. Karena itu, sebelum tubuh tubang karena cuaca yang tak menentu, sebaiknya lindungi dirimu dengan tips sehat saat musim hujan berikut ini.

 

Istirahat cukup

Tidur merupakan pertahanan terbaik untuk melawan sakit. Penting buatmu untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Cobalah untuk mengatur waktu harianmu agar bisa mendapatkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Karena selama kamu tidur, tubuhmu akan mendapatkan kesempatan untuk mengganti dan memperbaiki otot, jaringan, serta sel-sel penuaan. Selama kamu tidur, sistem kekebalan tubuhmu juga akan tetap kuat untuk melawan zat berbahaya yang akan menyerang tubuh.

 

Kurangi stres

Tingkat kortisolmu akan meningkat saat kamu merasa stres. Hal ini akan menurunkan produksi sel darah putih di tubuh yang berfungsi membantu tubuh melawan infeksi. Untuk mengurangi stres, cobalah pijat tubuhmu secara teratur. Dengan memijat tubuh, kamu akan memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan dan relaksasi untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat mencegah penyakit. Tak usah melulu pergi ke gym, kamu bisa berolahraga dengan sederhana, misalnya melakukan joging cepat, berjalan kaki selama 30 menit, atau bersepeda.

 

Kurangi alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat mencegah tubuh untuk menyerap nutrisi yang akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Dengan demikian, kamu akan lebih rentan terhadap sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dan berisiko terkena flu.

 

Berkumur

Ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko terkenal infeksi saluran pernapasan bagian atas. Dengan berkumur, kamu akan membilas lapisan racun dan lendir di mulut serta mengusir virus keluar dari sistem saat mengeluarkan larutan berkumur.

 

Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari karena dehidrasi merupakan faktor umum untuk penurunan sistem kekebalan tubuh. Jika bibirmu terasa kering atau lengket, sakit kepala, pusing, atau urinmu lebih gelap dari biasanya, berarti sudah saatnya buatmu untuk meningkatkan asupan air putih.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-karolina-grabowska-4239013.jpg

    Careers

    7 Rekomendasi Skincare Cowok agar Kulit Tetap Sehat saat WFO

    Dwisafira Dharanasari

    13 June 2022
    5 min read
    Memulai_pola_hidup_sehat_dan_tips_menjaganya.jpg

    Careers

    10 Tips Pola Hidup Sehat Untuk Karyawan Kantoran

    Nelson Simbolon

    30 May 2022
    5 min read
    H1-Kebiasaan_Bangun_Jam_5_Pagi_Dapat_Mengubah_Hidupmu_Menjadi_Lebih_Baik.jpg

    Lainnya

    Kebiasaan Bangun Jam 5 Pagi Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Baik

    Lita Lia

    24 May 2022
    5 min read

    Video