Careers

Bagaimana Cara Menentukan Karir Untuk Fresh Graduate ? Simak Penjelasannya!

Published on
Min read
3 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

graduation-cap-3430714__340.jpg

Banyak yang mengatakan, fresh graduate menghadapi berbagai tantangan dan masih bingung cara menentukan karir apalagi dalam merintis karir. Terlebih, karena belum memiliki pengalaman kerja sehingga belum menghetaui hal apa saja yang menajdikan minat dan menentukan arah karir juga. selain itu juga banyak perusahaan yang lebih mengutamakan kandidiat berpengalaman dibandingkan dengan fresh graduate.

Pasti hal ini membuat kompetisi dalam mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Ditambah lagi dengan terus bertambahnya lulusan baru maupun dari bootchamp dan universitas oleh karena itu sangat penting bagi fresh graduate untuk tau bagaimana cara menentukan karir. Simak penjelasan berikut ini tentang cara menentukan karir untuk fresh graduate ;

1. Temukan minat

Langkah pertama yang perlu dilakukan fresh graduates dalam menentukan pekerjaan impian adalah menemukan passion. Alangkah baiknya jika kamu sudah mengenali minat dan bakatmu. Kamu bisa coba mengenalinya lewat keterampilan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan hobimu. Mudah kok, untuk mengubah hobi menjadi karier di masa depan. Sebab, banyak hobi yang berhubungan dengan kebutuhan di dunia nyata. Pikirkan yang kamu sukai, dan lakukan hobimu secara konsisten sebagai karier yang keren.

2. Kenali kepribadian

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Seperti halnya skill dan passion. Ada yang mempunyai kepribadian introvert. Ada juga yang ekstrovert. Dengan mengenai kepribadianmu, kamu bisa mengetahui jenis pekerjaan yang sesuai. Jadi, kamu bisa mulai mengambil tes kepribadian.

3. Ikuti tes karier

Tips selanjutnya dalam cara menentukan karir sebagai seorang fresh graduate adalah melakukan tes karier. Biasanya tes ini mengharuskan untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan batas waktu tertentu. Tes karier ditujukan untuk menilai kemampuan dan kekuatan dirimu untuk kemudian disesuaikan dengan pilihan karier yang cocok. Setelah semua pertanyaan terjawab, Anda kamu diberi beberapa rekomendasi karier yang sesuai dan menjanjikan. Kamu bisa melakukan tes ini secara online dalam waktu singkat.

4. Konsultasi dengan ahli

Selain melakukan tes karier, kamu bisa juga bisa menentukan karir melalui konsultasi dengan ahli. Konsultasikan minat, bakat dan cita-cita dengan ahli karier. Kamu juga bisa mendiskusikan masalah ini dengan keluarga, teman, atau dosen. Paling tidak, mereka bisa memberikan saran dan nasihat mengenai bidang yang cocok denganmu. Kamu juga bisa bergabung dengan forum diskusi di Internet.

5. Pantau informasi peluang kerja

Sebagai fresh graduates, kamu sebaiknya mengikuti informasi peluang kerja, tren usaha dan ekonomi dari berbagai media.  Pikirkan yang sekiranya sesuai dengan bidang, kelebihan, dan cita-citamu. Jangan lupa pertimbangkan potensinya di masa depan.

Dengan lima tips ini, kamu akan lebih percaya diri menentukan karier, bukan? Kembangkan kemampuan dan minatmu, serta jangan lupa untuk selalu mengikuti informasi terbaru. Dengan demikian, kamu akan menemukan pekerjaan impian meskipun berstatus fresh graduate.

6. Potensi Karir di Masa Depan

Mengetahui stabilitas pekerjaan sangat penting dalam bagian menentukan karir. Apakah industri dan pekerjaan ini  yang berkembang dua hingga tiga kali lipat dalam beberapa tahun ke depan seperti sektor kreatif dan industri digital. Sektor kreatif adalah sektor yang berkelanjutan karena mengandalkan manusia, kreativitas dan ide sebagai 'poros' industrinya, sehingga bisa bertahan dari zaman ke zaman atau dalam waktu yang panjang. Berbeda dengan sektor industri yang cenderung menggunakan sumber daya alam, yang jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan bisa merusak alam atau memiliki defisit sumber daya. Begitu juga dengan industri digital yang sedang massive khususnya indonesia dan banyaknya startup yang bermunculan dan perubahan aktivitas manusia yang cenderung beralih ke digital.

Baca juga : Perkiraan Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan dan yang Akan Berkurang di Tahun 2025

7. Bisa Membuat Bangga

Pekerjaan yang tepat adalah pekerjaan yang bisa membuat kamu merasa bangga. Rasa bangga ini tidak selalu berkaitan dengan level perusahaan tempat kamu bekerja, jabatan atau gaji - melainkan hasil baik dari pekerjaanmu. Kebanggaan akan dirasakan ketika kamu bekerja di bidang yang kamu minati, sesuai kemampuan dan kamu berkarya dengan baik di dalam pekerjaanmu sehingga kamu memiliki rasa ownership kepada pekerjaan sehingga kamu akan lebih memiliki effort.

Untuk bisa menentukan karir dan pekerjaan yang tepat memang butuh pengalaman. Indikasi mudah yang bisa kamu rasakan ketika memilih karir yang tepat adalah kamu akan merasa bahagia dan tidak mengeluh walaupun pekerjaan terasa banyak, sulit, dan yang terpenting kamu akan lebih banyak belajar dan riset tentang pekerjaan.

Itulah tips dan cara menentukan karir untuk fresh graduate. Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • karyaone.co.id
  • tempo.co
  • cermati.com
  • papasemar.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video