Published on

Technology

6 Tool gratis untuk tingkatkan konversi landing page

Maria Yuniar

digital-marketing---EKRUT.jpg

Meningkatkan jumlah pengunjung pada situs memang penuh tantangan. Apalagi bila kamu tidak memiliki keahlian untuk menargetkan pengunjung dengan efektif.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan enam tool gratis berikut ini yang dapat membantumu mendongkrak jumlah visitor.

1. Tawk.to

digital marketing - EKRUT 
Tawk.to bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi langsung dengna pengunjung - EKRUT

Tawk.to merupakan tool yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung.

Bila dibandingkan dengan tool sejenis, Tawk.to memiliki beberapa keunggulan, antara lain mendeteksi percakapan saat jam kerja dan menyimpan pesan secara offline.

Tool ini bisa melibatkan lebih dari satu orang dalam tim, dan kamu bisa memantau pengunjung serta memulai percakapan secara manual.

Namun tampilan antarmuka tool ini masih kurang ramah bagi pengguna baru. Meski demikian, kamu bisa mempelajarinya. Sebab, tool ini sangat berguna meningkatkan traffic pada situs yang kamu kelola.

Baca juga: Cara membuat landing page yang dapat meningkatkan konversi

2. Hotjar

digital marketing - EKRUT
Hotjar jadi tools landing page yang gratis - EKRUT

Kamu bisa memanfaatkan tool ini dengan gratis jika jumlah pengunjungmu dalam sehari kurang dari 2.000 pengunjung.

Selain itu, apabila dibandingkan dengan tool untuk menganalisis sejenis, Hotjar menawarkan harga berlangganan yang lebih murah, yaitu sekitar US$ 200 (Rp 2,9 juta) per bulan.

Dengan tool ini, kamu bisa mendapatkan data dari Google Analytics, data mengenai halaman tempat pengunjung berhenti mengakses, dan halaman terakhir pengunjung sebelum keluar dari situs.

3. ProveSource

digital marketing - EKRUT
 
ProveSource juga bisa digunakan dengan gratis - EKRUT

Seperti halnya Hotjar, ProveSource juga bisa digunakan dengan gratis. Namun, hanya untuk situs dengan jumlah visitor kurang dari seribu pengunjung per hari. 

Secara umum, tool ini menawarkan fitur pop-up untuk membantu pengelola situs mempromosikan konten tertentu. Tool ini juga dapat digunakan untuk menampilkan jumlah visitor yang mendaftar, melakukan transaksi, mengunjungi, dan mengisi formulir pada situs.

4. MailChimp

digital marketing - EKRUT
 
Tools ini memungkinkan kamu untuk menggunakan layanan pengiriman email hingga ke 2 ribu pengguna - EKRUT

Tentu saja, MailChimp bukan tool yang asing bila kamu bekerja di dunia digital marketing. Tool ini memungkinkan kamu untuk menggunakan layanan pengiriman email hingga ke 2.000 pengguna secara gratis.

Selain itu, fitur antarmuka MailChimp juga lebih mudah dioperasikan dibanding layanan sejenis.

5. Funnelytics

digital marketing - EKRUT 
Funnelytics memungkinkan kamu merancang alat kunjungan pengguna ke situs secara gratis - EKRUT

Tool ini mungkin cukup jarang untuk direkomendasikan. Namun tak ada salahnya kamu mencoba menggunakan tool ini demi kemajuan situs yang kamu kelola.

Funnelytics memungkinkan kamu untuk merancang alur kunjungan pengguna ke situsmu secara gratis. Nantinya, kamu bisa mendesain cara-cara untuk berinteraksi dengan pengguna dan memanjakan mereka.

Baca juga: Cara membuat iklan kreatif yang efektif untuk meningkatkan konversi

6. Crazy Egg

digital marketing - EKRUT
 
Selain itu, tools Crazy Egg juga bisa kamu pakai untuk meningkatkan konversi landing page juga - EKRUT

Tool gratis selanjutnya yang bisa bantu tingkatkan konversi landing page adalah Crazy Egg. Aplikasi ini memungkinkan kamu melihat dengan tepat bagian mana dari halaman di situs kamu yang menarik perhatian pengguna. 

Melalui Crazy Egg juga kamu bisa menjalankan heatmap yang berjalan dengan baik, scroll map, laporan konfeti, dan fitur lainnya yang akan memberikan kamu informasi tentang pengguna.

Dari enam tool tadi, mana yang paling menarik buatmu? Kamu bisa mempelajari kelimanya dari berbagai tutorial di internet. Selamat mencoba!

digital marketing - EKRUT

Last update 31 October 2020

Sumber:

Tags

Share