Media

5G dan 5 Hal yang perlu kamu ketahui mengenai teknologi ini
By Tsalis Annisa - 20 February 2019
4 min read 120 Views
5G, jaringan baru yang menarik untuk dilirik - EKRUT
5G, jaringan baru yang menarik untuk dilirik - EKRUT

Dikabarkan akan hadir di Indonesia, sebenarnya, apa sajakah keunggulan dari teknologi 5G? Sebelum kamu ikut menggunakannya, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. Seperti apa teknologi 5G?

Sebenarnya, 5G adalah seperangkat aturan dasar teknis yang menentukan cara kerja jaringan seluler, termasuk frekuensi radio yang digunakan dan bagaimana berbagai komponen seperti chip komputer, antena menangani sinyal radio serta bertukar data.

Sejak ponsel pertama didemonstrasikan pada tahun 1970-an, para Engineer dari berbagai perusahaan telah bersepakat untuk menyetujui serangkaian spesifikasi baru untuk jaringan seluler, yang ditunjuk sebagai generasi teknologi baru setiap dekade atau lebih.

Untuk mendapatkan manfaat 5G, pengguna harus membeli ponsel baru, sementara operator harus menginstal peralatan transmisi baru untuk menawarkan layanan yang lebih cepat.

2. Seberapa cepat 5G?

Jawabannya tergantung pada tempat kamu tinggal, layanan nirkabel mana yang kamu gunakan dan kapan kamu memutuskan untuk mengambil 5G plunge. Qualcomm, pembuat chip nirkabel, mengatakan telah menunjukkan kecepatan download 5G pada puncak sebesar 4,5 gigabit per detik, tetapi memprediksi kecepatan median awal sekitar 1,4 gigabit.

Itu artinya, sekitar 20 kali lebih cepat dari pengalaman menggunakan 4G saat ini. Kecepatan 5G khususnya akan terlihat dalam video streaming berkualitas tinggi. Dan mendownload film pada kecepatan rata-rata yang menurut Qualcomm akan membutuhkan 17 detik dengan 5G, dibandingkan dengan enam menit untuk 4G.

3. Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja 5G memiliki keunggulan sendiri sehingga akhirnya dapat menghasilkan koneksi yang super cepat. Hal ini berkat latensi yang sangat rendah dan konektivitas yang tak tertandingi terletak pada tiga teknologi utamanya: eMBB (enhanced Mobile Broadband), URLLC (Ultra Reliable & Low Latency Communications) dan mMTC (massive Machine-Type Communications).

4. Siapa yang membuatnya?

Pada dasarnya, siapa pun yang ingin masuk ke dalam jaringan 5G. Semua perusahaan operator utama sedang mengerjakan beberapa bentuk penyebaran 5G, termasuk AT&T, Verizon, T-Mobile, dan Sprint.

Manufaktur bersama dengan sebagian besar raksasa perusahaan telekomunikasi juga berupaya membangun produk yang kompatibel dengan 5G dan dukungan jaringan. Hal utama yang perlu kita ketahui adalah bahwa 5G pada akhirnya akan ada di mana-mana, sehingga semua orang akan memiliki akses dalam satu bentuk atau lainnya, terlepas dari penyedia yang kamu gunakan atau manufaktur pembuat smartphone dengan 5G support.

5. Kapan 5G akan hadir?

Hal ini tergantung pada siapa penyedia layanan pilihanmu, untuk apa kamu ingin menggunakannya, di mana Anda tinggal, dan apakah perusahaan dapat memenuhi janji dan janji mereka.

AT&T, misalnya, ingin memperkenalkan layanan seluler 5G di selusin pasar AS pada akhir 2018 — tetapi itu mungkin terhambat oleh kurangnya ponsel berkemampuan 5G yang tersedia saat debut.

Verizon juga memiliki rencana untuk meluncurkan jaringan 5G terbatas pada 2018, dan Sprint dan T-Mobile merencanakan penyebaran pada 2019. Singkatnya, ketika kita tahu kehadiran 5G tergantung pada beberapa faktor, tidak satu pun dari mereka yang bisa pasti mengatakan kapan hadirnya.

Hal itu mungkin bukan jawaban yang kamu cari, tapi sayangnya itu adalah kebenaran. Mungkin kamu dapat mengharapkan peluncuran layanan dan perangkat terbatas mulai akhir tahun ini, dan adopsi 5G skala penuh pada tahun 2020.

Jadi, itulah 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang 5G. Apa pendapatmu tentang kemajuan terbaru dalam teknologi jaringan ini?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: jaringan, teknologi, 5G

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang