Media

Apa manfaat coding untuk masa depanmu?
By Maria Yuniar - 27 August 2018
4 min read 103 Views

Di era digital ini, coding merupakan salah satu kemampuan yang menjanjikan untuk perkembangan karier. Mempelajari coding dapat membuka banyak peluang baru. Sebab, dunia kerja sekarang mulai didominasi oleh perusahaan-perusahaan rintisan teknologi yang membutuhkan gadget untuk beroperasi.

Berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft pada 2015, mayoritas siswa di Indonesia mulai menyadari manfaat coding bagi masa depan. Para siswa tersebut setuju bahwa coding merupakan kemampuan yang relevan bagi semua karier di masa depan. Selain itu, ada beragam alasan lain yang bisa menjadi motivasi bagi kamu yang tertarik mempelajari coding dan bekerja di industri teknologi. Berikut ini enam alasan kamu harus belajar coding untuk masa depan.

 

Memecahkan masalah

Salah satu kunci utama dari pemrograman adalah pemecahan masalah. Sebagai programmer, kamu harus dapat menyelesaikan masalah dengan cepat atau menemukan cara baru untuk menjawabnya. Coding merupakan salah satu jalur yang bisa kamu tempuh untuk menguasai kemampuan tersebut. Karena selain menuntut kamu untuk mampu berpikir kreatif, coding dapat membiasakanmu untuk berpikir secara terstruktur, sistematis, dan efisien.

 

Prospek masa depan

Memiliki keterampilan coding juga dapat menjanjikan masa depan yang cerah bagi kamu yang tertarik dengan industri teknologi. Pertumbuhan bidang IT dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Dengan demikian, lapangan pekerjaan bagi programmer akan semakin luas di masa depan.

 

Remote working

Dengan kecanggihan teknologi untuk mempermudah komunikasi dan pengetahuan yang kamu miliki, tentu kamu bisa mengerjakan coding di mana saja selama tersedia akses Internet dan daya listrik. Hal ini tentu akan mempermudah pekerjaanmu. Sebab, kamu tak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke kantor.

 

Menciptakan inovasi baru

Dengan menguasai coding, kamu memiliki kesempatan untuk menciptakan hal baru yang dapat mengubah dunia. Jika kamu memiliki ide-ide yang sederhana, tapi memiliki dampak ke lingkungan sekitar, catatlah gagasan tersebut. Lalu realisasikan dengan berlatih coding.

 

Berbagi dan belajar bersama

Para programmer tak pernah bekerja sendirian. Mereka juga memiliki komunitas yang besar dan jaringan open source untuk berbagi kode dan belajar bersama. Dengan cara ini, kamu bisa terus mengasak kemampuanmu untuk mempelajari hal-hal baru setiap hari. 

Dengan memiliki keterampilan coding, tentu kamu berpotensi menjadi web programmer, software developer, front-end engineer, back-end engineer, full-stack engineer, maupun mobile developer. Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT untuk menemukan peluang baru bagi kariermu. Dengan satu kali registrasi, profilmu berpotensi dilihat ratusan perusahaan yang mencari kandidat berbakat seperti kamu!

 

Rekomendasi bacaan:
Hal yang wajib kamu tahu soal TensorFlow
Hati-hati, hal ini akan membunuh kariermu setelah resign
Menyesal setelah resign? Lakukan tips berikut!

 

Sumber:
jalantikus.com
techpackerdaily.com
cnnindonesia.com
 

Tags: engineer, developer, programmer, coding

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang