Media

7 Alasan karyawan meninggalkan pekerjaan yang disukainya
By Maria Yuniar - 14 July 2019
4 min read 510 Views

Berhenti dari pekerjaan merupakan hal umum yang terjadi di dunia kerja. Tersedianya lapangan pekerjaan yang luas, keinginan mengubah karier, atau adanya tawaran menarik dari perusahaan tertentu seringkali menjadi faktor karyawan meninggalkan tempat bekerja saat ini.

Di samping itu, ada beragam alasan lain yang menguatkan keinginan karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Gaji

Alasan ini paling sering digunakan karyawan yang ingin keluar dari pekerjaannya. Karena umumnya, ketika kamu pindah kerja, kamu akan mendapatkan tawaran gaji yang lebih besar dari tempat kerjamu saat ini. Karena selain agar lebih mencukupi kebutuhan hidup, gaji yang lebih besar juga menjadi salah satu bentuk bagaimana sebuah perusahaan menghargai kemampuan dan pengalamanmu. 

2. Keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi

Semakin cepatnya pergerakan bisnis pada saat ini menuntut seseorang untuk bekerja lebih pintar dan lebih keras. Hingga pada satu titik di mana mungkin kamu merasa tidak memiliki keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hal inilah yang kemduian menjadi alasan untuk meninggalkan pekerjaan dan pindah ke perusahaan yang lebih memungkinkan karyawannya menjalani kehidupan yang seimbang. 

Baca juga: Work-life balance, apakah benar-benar ada?

3. Konflik

Konflik merupakan hal yang tak bisa dihindari dalam dunia kerja. Hal ini seringkali timbul karena ketidakcocokan dengan rekan kerja atau atasan, dalam berpendapat, perbedaan karakter, atau hal-hal lainnya.

Bila tak bisa ditangani dengan baik, bukan tak mungkin kamu memutuskan untuk hengkang dari perusahaan. Karena selain gaji dan jabatan, lingkungan kerja yang nyaman menjadi hal yang penting. 

4. Prospek karier

Jika perusahaanmu saat ini tidak memiliki sistem evaluasi atau penilaian yang jelas, maka karier karyawan dapat terhambat. Bahkan bukan tak mungkin, justru jalan di tempat. Kondisi seperti ini tentu saja bisa memicu seseorang untuk mencari tempat kerja baru yang bisa menunjang peningkatan karier.

5. Mencari tantangan baru

Ketika semua tantangan dirasa cukup mudah, seseorang bisa merasa bosan. Akhirnya, memilih untuk pindah ke perusahaan lain yang menawarkan tantangan serta peluang mempelajari hal-hal baru. Padahal, sebenarnya pekerjaanmu saat ini cukup menyenangkan.

Nah, hal yang satu ini sebenarnya masih bisa kamu atasi dengan membicarakannya dengan atasan. Cobalah untuk menyampaikan bahwa kamu ingin belajar lebih banyak dan merasa siap untuk diberikan tantangan baru dari perusahaan. 

alasan meninggalkan pekerjaan -  EKRUT
Perubahan peraturan perusahaan yang tidak sesuai dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan memutuskan meninggalkan pekerjaan - EKRUT

6. Perubahan kebijakan

Perubahan kebijakan perusahaan pun nyatanya bisa mendorong seseorang untuk mengundurkan diri. Biasanya, hal ini terjadi saat seorang karyawan merasa tidak nyaman bekerja dengan perubahan ini. 

7.  Hubungan buruk dengan atasan

Sekalipun kamu menyukai pekerjaanmu, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan atau atasanmu kurang menyukaimu secara personal maupun hasil kerjamu. Hal ini tentu membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman, baik untukmu ataupun rekan kerja yang lain. 

Agar dapat lebih yakin mengenai sikap yang ditunjukkan atasanmu, berikut ini adalah beberapa tanda atasan tidak menyukaimu

Itulah beberapa alasan yang sering kali menjadi penyebab seseorang memilih untuk meninggalkan pekerjaan yang ada dicintainya. Jadi, mana yang menjadi faktor kamu berhenti dari pekerjaan di atas?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • perusahaan
  • karyawan
  • resign
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang