Media

6 aplikasi penunjang ibadah Anda di bulan Ramadan
By Widyanto Gunadi - 30 May 2018
303 Views

Bagi Anda yang menjalankan puasa, pasti ada kebiasaan yang berubah. Misalnya, waktu makan, masuk kerja, serta pulang kerja. Bahkan, waktu istirahat Anda juga bisa ikut berubah. 

Dengan berkembangnya teknologi, pengguna smartphone bisa menjalankan amalan di bulan Ramadan dengan lebih mudah. Berikut deretan aplikasi yang bisa Anda pasang di ponsel Android maupun iOS, untuk menemani ibadah di bulan suci ini.

 

Muslim Pro

Muslim Pro merupakan aplikasi bantuan ibadah untuk umat muslim dengan sederet fitur. Beberapa fungsi yang disediakan, antara lain Quran digital dengan terjemahan, informasi dan pengingat azan, pengatur rencana ibadah, jadwal puasa harian, pencari tempat makan yang menyediakan hidangan halal dan masjid terdekat, penanda arah kiblat, serta kalkulator zakat.

Meski beberapa fiturnya tetap dapat Anda temukan pada aplikasi lain, Muslim Pro menyederhanakannya dalam satu aplikasi. Jadi, Anda dapat mengaksesnya dengan lebih praktis.

 

Have Halal, Will Travel

Have Halal, Will Travel atau HHWT adalah aplikasi untuk membantu wisatawan muslim di luar negeri menemukan restoran yang menyajikan makanan halal. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mencari tempat ibadah terdekat. Anda pun bisa memperoleh informasi tentang ulaan restoran, hotel, promosi tur, serta merencanakan perjalanan.

Tak hanya itu, HHWT juga telah meluncurkan fitur chatbot bernama Sofia untuk membantu penggunanya mencari informasi. Chatbot yang dibangun dengan teknologi Azure dari Microsoft serta Language Understanding Intelligence Services (LUIS) ini dapat menjawab berbagai pertanyaan pengguna, termasuk rekomendasi makanan halal.

 

Halal Local

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mencari makanan halal dan tempat ibadah terdekat adalah Halal Local. Selain informasi tersebut, Halal Local juga menyediakan informasi mengenai waktu salat dan arah kiblat setempat, serta berbagai tip dalam berpergian.

Terhitung Mei 2018, aplikasi buatan developer Indonesia ini telah memiliki database berisi lebih dari 130 ribu rumah makan halal dan masjid di dalam negeri. Halal Local masih dalam tahap pengembangan dan rencananya akan menyediakan berbagai fitur lain, seperti pemesanan tiket perjalanan dan umrah.

 

Decision Roulette

Pernah bingung menentukan menu makanan atau tempat ngabuburit? Dengan Decision Roulette, Anda bisa memasukkan beberapa pilihan dan memberikan warna berbeda sebagai penanda. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan papan bulat yang akan berputar ketika disentuh. Pilihan ditunjukkan oleh segitiga di atas papan tersebut.

 

Lose It

Ketika berpuasa, kesehatan jasmani juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama jika sedang berpergian ke luar negeri dengan zona waktu berbeda. Untuk membantu melakukan tugas ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Lose It.

 

Kitabisa

Aplikasi ini akan memudahkan penggunanya membayar zakat secara online. Pengguna pun dapat memilih lembaga atau campaign yang tersedia, untuk menyalurkan zakat.

Setelah membaca ulasan di atas, aplikasi apa yang paling menarik bagi Anda, di bulan puasa ini?

 

 

Rekomendasi bacaan:
Daya tarik startup baru sebagai tempat kerja
Super connector, strategi networking agar Anda selalu diingat
Ayo kenali talent marketplace, untuk cepat dapat pekerjaan

 

Sumber:
techinasia.com
cnnindonesia.com
 

Tags:

  • smartphone
  • iOS
  • Android
  • zakat
  • Ramadan
  • puasa
  • aplikasi
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang