Media

6 hal yang harus diingat sebelum mulai bekerja
By Maria Yuniar - 20 August 2018
4 min read 105 Views

Apakah saat ini kamu sedang melakukan persiapan untuk menghadapi hari pertama bekerja? Wajar saja jika ada perasaan canggung atau bingung. Namun jangan sampai kebingunganmu malah membuatmu tidak melakukan persiapan apa pun.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai pekerjaan barumu, agar terlihat profesional. Meski ada saja yang tidak bisa diprediksi, kamu tetap bisa mengantisipasi beberapa hal, demi nama baikmu sebagai 'anak baru' di kantor.

 

Atur privasi di medsos

Agar terlihat profesional oleh perusahaan yang merekrut, ada baiknya kamu menyembunyikan beberapa foto yang bersifat pribadi. Cobalah untuk mengecek kembali halaman Facebook milikmu. Barangkali masih ada postingan pribadi yang bisa dilihat oleh perekrut. Untuk melihat tampilan laman kamu bagi publik, pilih ‘Timeline dan Penandaan’ lalu, di bagian ‘Tinjau’, klik “Tinjau apa yang dilihat orang lain di timeline Anda.”

 

Googling nama dan periksa blog pribadi

Di luar akun media sosial kamu yang saat ini aktif, apakah akun profil lama seperti MySpace, Tumblr, atau Livejournal kamu terlihat publik? Jika kamu tidak mengingatnya, cobalah googling namamu dan alamat email lama. Pastikan blog pribadimu tidak memuat informasi yang membuat citramu kurang baik.

 

Pastikan profil video milikmu terlihat profesional

Jika kamu menggunakan platform video atau audio seperti Zoom, Skype, atau Google Hangouts, pastikan profil kamu profesional. Ini termasuk foto profilmu, alamat email yang terhubung, dan status yang tertera.

 

Gunakan foto profesional di akun email

Pastikan kamu menggunakan foto yang terlihat profesional. Jangan lupa untuk periksa ulang signature email. Jika menggunakan Gmail, kamu mungkin akan memiliki akun Google Plus yang terhubung dengan alamat email. Jadi, periksa juga salah satunya. Bahkan jika kamu merasa belum pernah menyentuh akun Google Plus, ada baiknya mengintipnya sebentar untuk memastikannya.

 

Update portofolio

Jika kamu menautkan sesuatu seperti situs pribadi, portofolio, atau blog di dalam resume atau di halaman LinkedIn milikmu, pastikan situs-situs tersebut dapat diakses dan up-to-date. Jangan luma memperbaruinya, sebab portofolio mencerminkan keterampilan serta pencapaianmu.

 

Periksa akun LinkedIn

Selain memeriksa akun media sosial pribadi, jangan lupa periksa juga akun media sosial profesional seperti LinkedIn. Pastikan kamu telah memasukkan informasi terbaru seperti posisi dan perusahaan tempat bekerja terbaru di sana.

Dengan memperhatikan enam langkah di atas, persiapan kamu untuk menjadi seorang profesional akan lebih matang. Selamat bekerja!

 

 

Apakah saat ini kamu sedang melakukan persiapan untuk menghadapi hari pertama bekerja? . Wajar kalau ada perasaan canggung atau bingung. Namun jangan sampai kebingunganmu malah membuatmu tidak melakukan persiapan apa pun. . Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai pekerjaan barumu, agar terlihat profesional. . Meski ada saja yang tidak bisa diprediksi, kamu tetap bisa mengantisipasi beberapa hal, demi nama baikmu sebagai 'anak baru' di kantor seperti yang ditunjukkan di gambar di atas. . Baca juga artikel lainnya di ekrut.com/media . #HariPertamaKerja #PengalamanPertama #PekerjaanPertama #FreshGraduates #InfoKerja #MediaSosial #DigitalMarketing #SoftwareEngineer #DataAnalyst #DataScientist #ProductManager

A post shared by EKRUT (@ekrutofficial) on

 

Rekomendasi bacaan:
Ingin izin tidak ngantor karena sakit?
Lahir di Indonesia, Theresia Gouw masuk daftar perempuan terkaya Forbes
Blockchain dan efisiensi industri

 

Sumber:
thebalancecareers.com
idntimes.com
liputan6.com
eannovate.com
 

Tags:

  • LinkedIn
  • Facebook
  • media sosial
  • medsos
  • karyawan baru
  • kantor baru
  • pekerjaan baru
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang