Published on

Careers

10 cara mengatasi Zoom fatigue

Nur Lella Junaedi

zoom-fatigue-EKRUT.jpg

Fenomena Zoom fatigue atau kelelahan akibat menggunakan aplikasi Zoom terlalu lama sedang banyak dialami oleh mereka yang hampir setiap hari bekerja dari rumah.

Keadaan ini dibenarkan oleh salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa hampir 35 persen karyawan merasa lelah selama bekerja di rumah, salah satu faktornya karena konferensi video yang berlebihan. 

Kenapa ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasi Zoom fatigue? Mari kita bahas di bawah ini. 

Apa itu Zoom fatigue dan penyebabnya 

zoom fatigue EKRUT 
Zoom fatigue merupakan gejala kelelahan akibat terlalu lama menggunakan aplikasi meeting virtual - EKRUT

Zoom fatigue merupakan istilah slang yang muncul dari orang-orang yang merasakan efek kelelahan menggunakan zoom sepanjang waktu untuk berbagai macam aktivitas ataupun pekerjaan. 

Meski istilah ini menggunakan kata Zoom, tetapi Zoom fatigue sendiri merujuk pada keadaan sama yang dialami oleh pengguna aplikasi video conference lain seperti Google Meet, Google Hangouts, FaceTime, Skype dan sebagainya.  

Adanya fenomena kelelahan ini diperkirakan karena disebabkan berbagai macam masalah, di antaranya: 

  • Panggilan video conference mengharuskan pengguna fokus pada apa yang diutarakan lawan bicara. Sementara komunikasi tatap muka langsung tidak.
  • Obrolan video mengharuskan pengguna merespon isyarat non verbal melalui nada suara, tatapan atau bahasa tubuh yang menyedot energi cukup besar dan pada akhirnya akan membuat percakapan menjadi tidak natural.
  • Adanya jeda yang sering diartikan sebagai kesalahan jaringan. Padahal dalam komunikasi tatap muka langsung, jeda adalah hal yang wajar terjadi karena pembicara sedang mengambil napas atau berpikir dahulu.
  • Lambatnya respon sekitar 1.2 detik saat menelpon atau melakukan video conference, mengakibatkan pembicara menganggap responden kurang fokus atau ramah. 
  • Merasa diawasi karena penggunaan aplikasi video conference menggunakan kamera. 

Sementara penyebab lain menyebutkan bila Zoom fatigue ini merupakan efek lain dari bekerja remote. Karyawan sudah tidak dapat lagi bisa membedakan mana waktu untuk keluarga dan pekerjaan, karena semuanya dilakukan di satu tempat. 

Baca juga: Disebut bagikan data pelanggan, begini cara aman pakai Zoom!

Cara mengatasi Zoom fatigue

zoom fatigue EKRUT 
Cara mengatasi Zoom fatigue yakni dengan membatasi meeting online -  EKRUT

Setelah mengetahui penyebab dari adanya fenomena Zoom fatigue ini, kini saatnya untuk tahu cara mengatasi Zoom fatigue tersebut agar dampaknya tidak mempengaruhi produktivitas kerja. 

1. Merubah lokasi kerja

Cara pertama mengatasi Zoom fatigue adalah dengan membuat tempat bekerja berbeda dari tempat tinggal meski itu masih berada di dalam lingkungan yang sama.

Contohnya dengan mengubah pencahayaan di tempat kerjamu menjadi lebih terang. 

2. Mempraktikkan teknik 20-20-20

Cobalah praktikkan teknik  20 20 20 saat melakukan video conference. Caranya adalah  meluangkan waktu 20 menit untuk melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik saat virtual meeting berjalan.

Dengan melakukan itu, akan membuatmu bisa teralih sebentar dari layar zoom.

3. Membuat gerakan tubuh

Walaupun kamu tidak bisa meninggalkan video conference saat berlangsung, setidaknya kamu bisa mengangkat laptop kamu untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar guna meregangkan badan.  

Baca juga: 7 Tips menciptakan rapat online yang sukses

4. Memberi jeda untuk beristirahat pada setiap rapat

Upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Zoom fatigue yakni dengan membatasi jeda waktu selama 15 - 20 menit sebelum kamu beralih dengan meeting selanjutnya. 

Ingat rapat online yang dilakukan secara terus menerus bisa benar-benar melelahkan. Tak ada salahnya bila kamu meminta jeda istirahat sebelum kembali rapat dengan tim lainnya. 

5. Manfaatkan fitur suara

Tidak semua meeting online membutuhkan tampilan video, beberapa orang mungkin menganggap cukup dengan melakukan panggilan meeting melalui suara. 

Terkecuali bila ada hal-hal yang harus dijelaskan melalui presentasi, kamu bisa menggunakan layar monitor untuk menjelaskannya. 

6. Mainkan sebuah permainan

zoom fatigue EKRUT 
Cara mengatasi zoom fatigue lainnya adalah dengan memainkan games - EKRUT

Saat kamu mulai menyadari efek dari zoom fatigue karena terlalu banyak meeting online, tidak ada salahnya jika kamu meminta rekan kerjamu untuk menyiapkan games terlebih dahulu. 

Games termudah yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah permainan truth and lies. Mainkan games ini sebelum rapat selama 15-20 menit, setidaknya ini akan membantu menghangatkan komunikasi antar semua anggota rapat. 

7. Sesuaikan tampilan Zoom 

Daripada hanya fokus pada semua orang yang hadir dalam rapat Zoom. Ada baiknya kamu hanya fokus pada pembicara saja.

Kamu juga bisa menutupi tampilan layar dengan menggunakan kertas  supaya tidak merasa risih dengan tampilanmu.

Baca juga: 10 Tips menciptakan rapat yang efektif

8. Jangan mencoba multitasking

Saat kamu melakukan virtual meeting sebaiknya kamu tidak melakukan tugas apapun, contohnya seperti  membalas email yang masuk. 

Sebuah penelitian dari Harvard menyebutkan bahwa multitasking akan memakan sekitar 40 persen dari waktu produktif yang kita miliki. 

9. Batasi jumlah meeting virtual 

zoom fatigue EKRUT 
Batasi keberadaan meeting online agar tidak terjadi Zoom fatigue - EKRUT

Cara lainnya untuk mengatasi Zoom fatigue yang mungkin dilupakan adalah membatasi keberadaan meeting virtual

Alihkan meeting melalui media lain baik itu email dengan catatan yang lengkap ataupun telepon karena rasanya itu masih efektif untuk dilakukan. 

10. Berikan agenda waktu yang jelas

Ini merupakan cara terakhir untuk mencegah Zoom fatigue. Pastikan semua anggota harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengadakan virtual meeting dengan mempertimbangkan waktu mulai dan berakhir. 

Hal ini dilakukan supaya yang diutarakan dalam rapat memang benar-benar hal penting  sehingga waktumu tidak tersita hanya karena harus melakukan rapat online. 

Itulah 10 cara mengatasi Zoom fatigue yang bisa kamu coba untuk menghindari efek lelah dan berkurangnya energi. 

Baca juga:  9 Cara membuat notulen rapat terlengkap dan terstruktur

Ada baiknya bila efeknya semakin besar, kamu harus belajar untuk menolak undangan meeting tersebut. Sebab disadari atau pun tidak keberadaan fenomena Zoom fatigue memang telah banyak dirasakan.

zoom fatigue EKRUT

Sumber: 

  • bbc.com
  • advisory.com
  • engineersrising.com
  • enterpriserproject.com

Tags

Share