Media

6 kesalahan fatal dalam interview kerja
By Maria Yuniar - 12 September 2018
4 min read 435 Views

Wawancara kerja merupakan hal penting yang sering  membuat kita gugup. Sebab saat berada di bawah tekanan, kemungkinan kita membuat kesalahan memang akan menjadi lebih tinggi.

Untuk dapat mengikuti wawancara kerja dengan lancar, simak tujuh kesalahan fatal berikut yang sering terjadi dalam wawancara kerja. Jangan sampai hal-hal ini muncul pada interview kerjamu ya! (Baca juga: Hati-hati saat jawab 5 pertanyaan interview ini)


Sumber: memecrunch.com

 

Menjelekkan kantor lama saat interview kerja

Mungkin saja kamu memang tidak bermaksud untuk mengatakan hal buruk tentang tempat kerjamu sebelumnya. Namun, terkadang kamu mengatakannya dengan tak sengaja. Bila kamu menyadari hal ini, ambil napas dalam-dalam, dan berikan permohonan maaf atas perkataanmu. Kemudian berilah klarifikasi bahwa yang kamu maksud bukan itu.

 

Lupa jawaban

Jangan panik jika ada hal yang ingin kamu utarakan dalam sesi wawancara, tapi kamu lupa. Katakanlah dengan jujur bahwa kamu memang sedang lupa. Misalnya, kamu lupa nama sebuah aplikasi yang membantu kamu dan perusahaanmu untuk berkembang. (Baca juga: Apa saja 10 pertanyaan umum dalam interview kerja?)

Di samping itu, sampaikan juga bahwa kamu lebih ingin fokus pada dampak dari penggunaan aplikasi tersebut dibanding namanya. Hal ini akan mengalihkan perhatian perekrut dari apa yang terjadi sebelumnya.


Sumber: mullin35.wordpress.com

 

Berkata kasar

Ketika kamu merasa terlalu bersemangat dan kata-kata kasar keluar dari mulutmu, segera sampaikan permohonan maaf dan klarifikasi. Nyatakan bahwa kamu tak bermaksud untuk memaki perekrut. Hal itu terjadi karena kamu ingin mengekspresikan kegembiraanmu, namun kamu sedang gugup sehingga kata-kata kasar tersebut keluar. Setelah itu, kembalilah untuk fokus pada capaian dan prestasi kerjamu untuk mengalihkan perhatian perekrut secepat mungkin.

 

Berpikir lama

Terkadang, ada saja pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu untuk dijawab ketika wawancara. Karena itu, tak ada salahnya bagimu untuk meminta waktu pada perekrut untuk menjawab pertanyaan tersebut ketimbang kamu terburu-buru dan mengambil jawaban pertama di kepalamu.

 

Telepon berdering

Bila teleponmu lupa dimatikan dan berdering saat wawancara, jangan pernah sekalipun mengangkatnya. Kamu bisa mematikan panggilan tersebut terlebih dahulu, lalu meminta maaf karena deringnya telah menginterupsi sesi wawancara.

 

Berpenampilan buruk

Kamu mungkin saja lupa menyeterika pakaian atau tak sengaja menumpahkan kopi ke pakaianmu sebelum wawancara. Bila tak ada kesempatan untuk berganti pakaian, berikan permintaan maaf kepada perekrut bahwa kamu tak bisa bernampilan dengan baik hari ini karena ada insiden tertentu. (Baca juga: Tips berpakaian ke interview buat fresh grads)

Selamat mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja ya! Ingat, luangkan waktu untuk berlatih dan jangan sampai kesalahan-kesalahan di atas terjadi. Jika kamu saat ini masih menunggu-nunggu kesempatan untuk mendapat panggilan wawancara kerja, bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT. Ada banyak peluang dari ratusan perusahaan yang mencari kandidat berkualitas sepertimu.

 

Rekomendasi bacaan:
Bagaimana menyikapi kritik dengan elegan?
Jangan nilai kesuksesan hanya dari gaji, mengapa?
Bagaimana cara menceritakan riwayat pekerjaan dalam interview?

 

Sumber:
themuse.com
liputan6.com
cosmopolitan.co.id

Tags: interview, interview kerja, wawancara kerja, wawancara

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang