Published on

Careers

8 Kesalahan fatal dalam interview kerja

Maria Yuniar

kesalahan-fatal-saat-interview-EKRUT.jpg

Wawancara kerja merupakan hal penting yang sering  membuat kita gugup. Sebab saat berada di bawah tekanan, kemungkinan kita membuat kesalahan memang akan menjadi lebih tinggi.

Untuk dapat mengikuti wawancara kerja dengan lancar, simak tujuh kesalahan fatal berikut yang sering terjadi dalam wawancara kerja. Jangan sampai hal-hal ini muncul pada interview kerjamu ya!

1. Menjelekkan kantor lama saat interview kerja

kesalahan interview kerja - EKRUT
Menjelek-jelekkan tempat kerja yang lama justru menunjukkan ketidak profesionalan kamu - EKRUT

Mungkin saja kamu memang tidak bermaksud untuk mengatakan hal buruk tentang tempat kerjamu sebelumnya. Namun, terkadang kamu mengatakannya dengan tak sengaja.

Bila kamu menyadari hal ini, ambil napas dalam-dalam, dan berikan permohonan maaf atas perkataanmu. Kemudian berilah klarifikasi bahwa yang kamu maksud bukan itu.

2. Lupa jawaban

kesalahan interview kerja - EKRUT
Panik justru membuat kamu tidak fokus pada keseluruhan sesi interview kerja  - EKRUT

Jangan panik jika ada hal yang ingin kamu utarakan dalam sesi wawancara, tapi kamu lupa. Katakanlah dengan jujur bahwa kamu memang sedang lupa. Misalnya, kamu lupa nama sebuah aplikasi yang membantu kamu dan perusahaanmu untuk berkembang. 

Di samping itu, sampaikan juga bahwa kamu lebih ingin fokus pada dampak dari penggunaan aplikasi tersebut dibanding namanya. Hal ini akan mengalihkan perhatian perekrut dari apa yang terjadi sebelumnya.

Baca juga: 6 Cara interview kerja yang baik agar bisa diterima

3. Berkata kasar

kesalahan interview kerja - EKRUT
Meski tidak bermaksud memaki perekrut, namun hal tersebut bisa membuat kesan yang buruk pada perekrut - EKRUT

Ketika kamu merasa terlalu bersemangat dan kata-kata kasar keluar dari mulutmu, segera sampaikan permohonan maaf dan klarifikasi. Nyatakan bahwa kamu tak bermaksud untuk memaki perekrut.

Hal itu terjadi karena kamu ingin mengekspresikan kegembiraanmu, namun kamu sedang gugup sehingga kata-kata kasar tersebut keluar. Setelah itu, kembalilah untuk fokus pada capaian dan prestasi kerjamu untuk mengalihkan perhatian perekrut secepat mungkin.

4. Berpikir lama

kesalahan interview kerja - EKRUT
Jika kamu butuh waktu lebih untuk menjawab pertanyaan utarakanlah pada perekrut - EKRUT

Terkadang, ada saja pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu untuk dijawab ketika wawancara. Karena itu, tak ada salahnya bagimu untuk meminta waktu pada perekrut untuk menjawab pertanyaan tersebut ketimbang kamu terburu-buru dan mengambil jawaban pertama di kepalamu.

5. Telepon berdering

kesalahan fatal saat interview - EKRUT
Hindari mengangangkat telepon saat interview karena dapat memengaruhi penilaian pewawancara - EKRUT

Bila teleponmu lupa dimatikan dan berdering saat wawancara, jangan pernah sekalipun mengangkatnya. Kecuali telepon tersebut sangat penting, misalnya saja seperti telepon dari orang tua kamu. Kamu bisa mematikan panggilan tersebut terlebih dahulu, lalu meminta maaf karena deringnya telah menginterupsi sesi wawancara.

6. Berpenampilan buruk

kesalahan interview kerja - EKRUT
Pastikan berpenampilan sopan dan profesional saat menghadiri interview kerja - EKRUT

Kamu mungkin saja lupa menyeterika pakaian atau tak sengaja menumpahkan kopi ke pakaianmu sebelum wawancara. Bila tak ada kesempatan untuk berganti pakaian, berikan permintaan maaf kepada perekrut bahwa kamu tak bisa bernampilan dengan baik hari ini karena ada insiden tertentu. 

7. Tidak mencari tahu tentang perusahaan 

kesalahan interview kerja - EKRUT
Ketidaktahuan akan perusahaan menunjukkan kamu tidak benar-benar antusias - EKRUT

Saat hendak melakukan wawancara kerja, adalah hal yang penting untuk melakukan riset atau mencari tahu mengenai perusahaan tersebut. Langkah ini akan membuatmu terlihat memiliki rasa peduli terhadap perusahaan tersebut, dan cukup mempersiapkan dirimu untuk wawancara tersebut. 

Tentu akan menjadi kesalahan fatal jika perekrut menanyakan beberapa pertanyaan yang bersangkutan dengan perusahaan tapi kamu tidak bisa menjawabnya. 

8. Terlalu memaksa 

kesalahan interview kerja - EKRUT
Usahakan untuk tetap menunjukkan sikap tenang saat menghadiri interview - EKRUT

Salah satu kesalahan buruk yang sering terjadi saat interview adalah ketika kamu terlihat terlalu cemas, putus asa dan memaksa recruiter untuk menerima kamu di posisi tersebut. 

Walaupun kamu sangat menginginkan pekerjaan tersebut, namun cobalah untuk tetap menunjukkan antusiasme dan rasa percaya diri dengan sewajarnya. 

Baca juga: 7 Kiat menyusun jawaban interview 'kenapa kamu tertarik bekerja di sini?'

Saat hendak melakukan wawancara, merupakan hal yang penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Mengetahui apa saja yang perlu kamu lakukan dan sebaiknya kamu hindari. Jadi, jangan sampai kamu melakukan beberapa hal di atas ya. 

Selamat mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja. Ingat, luangkan waktu untuk berlatih dan jangan sampai kesalahan-kesalahan di atas terjadi. Jika kamu saat ini masih menunggu-nunggu kesempatan untuk mendapat panggilan wawancara kerja, bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT. Ada banyak peluang dari ratusan perusahaan yang mencari kandidat berkualitas sepertimu.

kesalahan interview kerja - EKRUT
Last updated: 8 November 2020

Sumber:

  • themuse.com
  • job-hunt.org
  • ziprecruiter.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    5 Cara Menjawab Pertanyaan “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?”

    Anisa Sekarningrum

    22 June 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    10 Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    17 June 2022
    7 min read

    Video