careers

7 Kiat menyusun jawaban interview 'kenapa kamu tertarik bekerja di sini?'

Tsalis Annisa

09 March 2020

jawaban-interview-EKRUT.jpg

Berbagai macam pertanyaan bisa muncul saat interview, termasuk seputar alasan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, tapi ternyata tidak sedikit pencari kerja yang kebingungan saat hendak memberikan jawaban.

Pertanyaan tersebut sebenarnya penting bagi perekrut dan tujuannya bukanlah sekadar untuk mendapatkan pujian dari kandidat. Jawaban yang kamu berikan akan membantu perekrut dalam memahami motivasimu serta menggambarkan kecocokan karaktermu dengan budaya perusahaan.

Agar tidak lagi kebingungan dalam menyusun jawaban interview tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

Tips menjawab pertanyaan interview "kenapa kamu tertarik bekerja di sini"

jawaban interview EKRUT 
Kamu bisa mencoba menjawab pertanyaan seputar kenapa kamu tertarik bekerja di sini-EKRUT

Adapun tips menjawab pertanyaan interview kenapa kamu tertarik bekerja di sini meliputi: 

1. Carilah informasi mengenai perusahaan dari berbagai sumber

Mengetahui informasi seputar perusahaan impian akan membuatmu lebih familier dengan karakteristiknya.

Kamu juga bisa mengetahui karakteristik apa yang membuatmu cocok dengan perusahaan tersebut sehingga dapat lebih memudahkan kamu dalam menyusun jawaban interview untuk perekrut.

Ada beberapa sumber yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi mengenai suatu perusahaan.

Selain melalui laman situsnya, kamu pun dapat menemukannya melalui liputan media, situs pencari kerja, kenalan yang mengetahui informasi mengenai perusahaan tersebut, atau langsung dari karyawan yang kamu kenal.

2. Tunjukkan antusiasme kamu terhadap perusahaan

pertanyaan interview - EKRUT
 Tunjukkan keunggulan dan antusiasmu - EKRUT

Sesi interview adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan antusiasmemu terhadap perusahaan yang kamu lamar.

Kamu dapat menyampaikan berbagai keunggulan pada perusahaan tersebut yang membuatmu tertarik, tapi fokuslah pada posisi yang kamu incar dan mengapa kamu menginginkannya.

Kamu juga dapat menyampaikan hal-hal rinci yang berkaitan dengan posisi yang kamu inginkan, misalnya produk apa yang dihasilkan atau pengaruhnya terhadap konsumen.

Perekrut akan selalu terkesan bila kandidatnya memahami apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, terutama pada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil.

3. Tunjukkan keunggulan yang membuatmu sesuai untuk posisi tersebut

Setelah menunjukkan antusiasmu terhadap posisi yang kamu lamar, kamu tentu perlu menjabarkan mengapa kamu sesuai untuk posisi tersebut.

Kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yakni dengan fokus pada pengalaman yang dimiliki atau dengan menunjukkan hard skills yang kamu miliki.

Cobalah menjelaskannya dalam jawaban yang singkat, padat, dan jelas. Tekankan pada beberapa pengalaman atau kualifikasi yang memang berhubungan dengan posisi yang kamu inginkan.

Berikan pula gambaran mengenai kontribusi yang mampu kamu berikan melalui posisi tersebut.

4. Jelaskan pentingnya posisi tersebut terhadap perjalanan karirmu

Perekrut tentu ingin mengetahui sebesar apa andil dari posisi yang kamu inginkan terhadap jalur karirmu secara keseluruhan. Kamu dapat menjelaskannya dengan lugas dan jujur, tanpa memberikan kesan bahwa posisi ini hanyalah sebuah batu loncatan.

Jelaskan kesediaanmu untuk berkontribusi secara realistis sehingga tercipta hubungan timbal-balik yang baik antara perusahaan dan kandidat.

Tanpa perlu menjabarkannya secara spesifik, tunjukkanlah bahwa pekerjaan ini memang penting bagi masa depan karirmu di kemudian hari.

Baca juga: 6 cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

5. Jangan memberikan jawaban klise

jawaban interview EKRUT 
Hindari jawaban klies yang terlalu aman dan bisa diterapkan dalam berbagai posisi-EKRUT

Dengan mengajukan pertanyaan, “Kenapa kamu tertarik bekerja di sini?”, perekrut sebenarnya sedang memberikan ruang bagi kandidat untuk menunjukkan “nilai jualnya”.

Hindari memberikan jawaban klise yang terlalu aman dan dapat diterapkan ke berbagai posisi. Sebaliknya, gunakan jawaban yang lebih spesifik.

Selain menekankan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan, tunjukkanlah bahwa posisi tersebut akan memberikan tantangan yang membuatmu berkembang.

Tawarkan alasan yang konkret sehingga perusahaan tertarik untuk merekrut kamu. Kamu bisa mengaitkannya dengan budaya kerja dan reputasi perusahaan, atau hal lain yang membuatmu menjadi unik sekaligus potensial.

6. Visi yang ingin kamu bawa di perusahaan

Setelah kamu mengetahui secara tepat poin-poin inti di atas, kini kamu bisa membayangkan bilamana perekrut menanyakan visimu saat diterima di kantor baru. 

Trik penting untuk menyampaikan visi ini adalah, dengan mengetahui kekuatan dalam kemampuanmu dan bagaimana kekuatan itu bisa berkolaborasi dengan budaya kerja perusahaan sehingga, bisa memperkuat nilai perusahaan tersebut. 

Kamu juga harus mengutarakan nilai-nilai kecocokan antara kemampuanmu dengan nilai perusahaan, dengna begitu membuat perekrut memandangmu sebagai suatu hal yang bagus.

 Baca juga: Tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang berbeda

7. Tunjukan profesionalitas 

Cara terbaik menjawab pertanyaan interview terkait alasan ingin bergabung dengan perusahaan juga bisa kamu lakukan dengan menunjukan profesionalitas. 

Kamu harus ingat, perekrut tidak hanya melakukan wawancara dengan satu kandidat, lebih dari itu mereka juga melakukan interview dengan kandidat lainnya. 

Nah, untuk menguatkan kesanmu saat pertama kali bertemu perekrut maka, kamu perlu membentuk kesan bahwa kamu adalah orang yang profesional,cerdas, rapi, bersih dan hal-hal positif lainnya. 

Kesan itu bisa dibentuk dengan berbagai macam hal, contohnya dengan memakai pakaian yang resmi, cerah dan bersih atau dengan pembawaanmu yang tenang saat menjawab pertanyaan dari perekrut. 

Contoh jawaban interview tentang kenapa kamu tertarik bekerja di sini

jawaban interview EKRUT 
Memberikan jawaban terbaik terkait kenapa kamu tertarik bekerja di sini dengan menekankan nilai-nilai positif diri sendiri dan perusahaan-EKRUT

Untuk semakin memperlancar proses interview-mu, berikut beberapa contoh jawaban dari pertanyaan interview tentang kenapa kamu tertarik bekerja di sini. 

Contoh #1

Menjadi suatu keberuntungan bagi seorang yang profesional memiliki karier yang bermanfaat dengan perusahaan terkenal seperti perusahaan ini. Oleh karena itu, saya percaya dengan keahlian dan pengalaman yang saya miliki tidak hanya akan membawa nilai bagi organisasi perusahaan, tetapi pada juga akan membantu saya menambah pengalaman dan mempertajam kemampuan saya di tengah-tengah budaya kerja profesional yang dimiliki oleh perusahaan ini. Maka dari itu, bila diberi kesempatan, saya akan berusaha memberikan yang terbaik bagi perusahaan ini.

Baca juga: 6 Tips sukses interview kerja dalam bahasa Inggris

Contoh #2 

Ada banyak alasan yang mendasari saya ingin bergabung dengan perusahaan ini, salah satu alasanya karena “perusahaan ini konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap bidang pendidikan kepada masyarakat” saya terkesan dengan semua langkah perusahaan itu. Dan dengan pengalaman saya yang sejalur di bidang tersebut, saya percaya bisa memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang diberikan oleh perusahaan untuk turut serta berkontribusi pada perusahaan ini. 

Intinya dalam memberikan jawaban terbaik terkait alasan ingin bergabung dengan perusahaan adalah dengan menekankan nilai-nilai positif perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilaimu. 

Dengan begitu, perekrut akan melihat kecocokan antara perusahaan dengan dirimu. Jadi, terus mencoba dan jangan menyerah. 

jawaban interview EKRUT 
Last update: 09 Maret 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share