Media

6 langkah monitoring website selain lewat Google Analytics
By Maria Yuniar - 11 July 2018
4 min read 549 Views

Anda seorang digital marketing expert atau pengembang situs website? Jika iya, tentunya Anda perlu memonitoring website secara rutin bukan? Bahkan tak hanya digital marketer atau web developer saja yang perlu memonitoring website, kita yang tak berkecimpung dalam pekerjaan website mesti tahu hal ini. 

Memonitor website sangatlah penting, baik untuk laporan maupun untuk menyusun strategi pengembangan situs. Kebanyakan orang menganggap bahwa Google Analytics sudah mencakup semua yang kita butuhkan untuk memonitor website. Namun, Google Analytics tidak dapat mengecek durasi akses website dari beberapa negara, tingkat kestabilan situs, maupun waktu website down. Jadi, Anda perlu memonitoring website dengan langkah lain. Apa saja sih?

 

Tentukan kinerja dasar untuk back-end

Aplikasi di dalam sebuah website dibuat berdasarkan kode. Ketika kode ini diubah, ia berinteraksi dengan infrastruktur perangkat keras Anda, dan mempengaruhi hal-hal seperti memori dan penyimpanan. Perubahan ini cenderung merusak situs web.

Untuk memastikan bahwa pembaruan tidak merusak atau memperlambat website, dan untuk memastikan Anda benar memantau kinerja situs , Anda harus dapat menentukan kinerja dasar yang dapat diterima untuk layanan back-end, coding, dan infrastruktur perangkat keras. Jadi, Anda juga harus memperhatikan hal-hal terkait pembaruan kode aplikasi dan infrastruktur dalam memonitor website.

 

Manfaatkan APM

Jika situs Anda sangat membantu perusahaan meraih profit, pertimbangkan pemanfaatan Aplication Performance Management (APM) sebagai tambahan untuk alat pemantauan (monitoring). Apabila hosting web dilakukan dengan gaya perangkat lunak, Anda juga bisa melakukan hal ini.

 

Pantau lewat Alexa

Dalam pemantauan website, memeriksa peringkat termasuk yang wajib untuk Anda lakukan. Nah, metrik terbaik yang dikenal untuk peringkat website, dan sudah banyak yang mengetahuinya serta bisa Anda gunakan adalah Alexa. Dengan tool ini, Anda bisa melihat link, traffic, kata kunci, dan yang lainnya untuk mengawasi kompetitor. Alexa merupakan sumber yang bagus jika kompetitor Anda ada di level internasional.

 

Monitoring statistik

Langkah berikutnya untuk memonitoring website Anda adalah memantau statistik secara rutin. Anda dapat menggunakan tools yang ada pada cPanel untuk memperoleh sejumlah data yang terkait seperti jumlah visitor, keyword yang sedang banyak dicari, dan sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut, Anda pun dapat menyusun strategi marketing selanjutnya untuk kelangsungan bisnis.


Bangun situs ramah search engine

Pastikan situs Anda ramah untuk mesin pencari atau search engine. Tujuannya, untuk menarik lebih banyak pengunjung. Sebab, sebagian besar visitor menemukan website melalui search engine, seperti Google. Untuk memulainya, Anda dapat menambah meta deskripsi, atau menyisipkan keyword tertentu pada artikel yang diunggah ke dalam website.

 

Optimalisasi gambar

Mengoptimalkan gambar merupakan salah satu langkah dalam memonitoring website juga, lho! Sebisa mungkin cobalah menggunakan CSS untuk menghasilkan grafis dan bukan gambar. Ini bisa lebih baik untuk elemen seperti button. Namun, pada beberapa kasus, CSS mungkin tidak dapat digunakan untuk menciptakan desain seperti foto, atau grafis dekoratif yang mendetail.  Anda bisa mencoba memformat dan mengkompresi gambar secara benar tanpa kehilangan tampilan atau kualitas visual. Anda bisa mengurangi data yang perlu didownload, sehingga menghasilkan gambar yang optimal untuk dioptimalkan.

Sudah paham dengan penjelasan langkah monitoring website ini? Yuk, aplikasikan dan memantau website Anda sampai mendatangkan profit serta berada di peringkat atas Google.

 

Rekomendasi bacaan:
Investor berangsur-angsur tinggalkan Bitcoin, kenapa?
Pengguna Internet Indonesia habiskan 5,5 jam per hari dengan ponsel
10 film paling banyak dibajak sepanjang 2018

 

Sumber:
pcmag.com
dailysocial.id
dewaweb.com
jurnalweb.com
tutsplus.com
 

Tags:

  • website monitoring
  • monitoring
  • situs
  • site
  • web
  • website
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang