technology

6 Alasan pentingnya website mobile friendly untuk bisnismu

Nur Rosita Dewi

12 July 2020

website-mobile-friendly-EKRUT.jpg

Website mobile-friendly adalah bagaimana suatu website dirancang sebaik mungkin agar tampil dengan baik pada layar telepon genggam. 

Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet melalui telepon genggam, maka hal ini menjadi penting untuk diperhatikan.

1. Website menjadi prioritas Google di mesin pencariannya

website mobile friendly - EKRUT
Google menekankan bahwa kenyamanan pengguna adalah yang paling penting - EKRUT

Akhir tahun lalu, Google mengumumkan indeks pertama mereka mengenai pencarian menggunakan telepon genggam. Sebuah langkah yang akan memberikan pendekatan khususnya untuk hasil mesin pencarian menggunakan telepon genggam.

Pada dasarnya, website yang dioptimalkan untuk mobile akan tampil lebih menonjol daripada yang tidak mobile friendly.

Lebih lanjut lagi, Google akan menampilkan konten pada website mobile friendly terlebih dahulu. Namun, hal tersebut tidak cukup jika konten pada website tersebut memiliki konten dengan tulisan yang sangat sedikit. 

Google menekankan bahwa pengunjung yang menggunakan telepon genggam harus mendapatkan pengalaman dengan kualitas yang sama, terlepas dari apa pun perangkat yang mereka gunakan. 

Baca juga: Mau belajar digital marketing lebih terarah? Ikut Google Analytics Academy!

2. Tampilan mobile-friendly dapat meningkatkan angka pengunjung

website mobile friendly - EKRUT
Tampilan website mobile friendly dapat membantumu meningkatkan jumlah pengunjung - EKRUT

Tampilan website yang tidak mobile-friendly cenderung memiliki loading speed yang cukup lama. Sebagai pengguna, ketika kamu dihadapi hal ini tentu kamu akan lebih memilih untuk keluar dan mencari website lain, bukan? 

Itulah mengapa tampilan mobile-friendly dapat meningkatkan angka pengunjung. Selain itu, perlu kamu ingat bahwa website mobile-friendly berpeluang menjadi prioritas Google di mesin pencarian. Ini akan membuatmu lebih terlihat oleh pengunjung mesin pencari Google. 

3. Tanpa website mobile-friendly kamu berpotensi kehilangan konsumen

website mobile friendly - EKRUT
Perhatikan tampilan website mu dalam versi mobile jika tidak ingin kehilangan pengunjung - EKRUT

Studi menunjukkan bahwa angka ranking sebuah website yang menerapkan tampilan mobile-friendly dan responsif dapat meningkat hingga sekitar 70%. 

Karena selain mendapatkan penilaian yang baik dari Google, langkah ini juga dapat membuat pengunjung nyaman berselancar di website-mu lebih lama. Dengan begini, tentunya angka konsumen pun akan meningkat.

4. Meningkatkan kredibilitas

mobile website friendly EKRUT
Tampilan website yang mobile friendly dapat membantumu meningkatkan kredibilitas website - EKRUT

Bukan hanya kualitas konten yang dapat meningkatkan kredibilitasmu di mata pengguna dan Google. Tampilan website yang sudah mobile friendly juga dapat meningkatkan kredibilitasmu. 

Karena tampilan website yang rapih serta cepat saat dibuka melalui telepon gengggam dapat membuat pengguna nyaman saat mengunjungi website

Hal ini secara tidak langsung akan membuat pengguna menilai website kamu memiliki kredibilitas dan mereka pun akan terus kembali.

Baca juga: 5 tool gratis untuk tingkatkan konversi landing page

5. Meningkatkan penjualan

website mobile friendly - EKRUT
Tampilan website yang nyaman dapat meningkatkan penjualan karena pengguna merasa nyaman melakukan transaksi di website - EKRUT

Pada era digital, hampir sebagian orang berbelanja secara online. Hal tersebut pun sebagian besar dilakukan lewat telepon genggam.

Nah, jika website milikmu bergerak dibidang jual-beli, website mobile friendly akan membantumu meningkatkan jumlah pengunjung website serta penjualan produkmu.

6. Meningkatkan pengalaman pengguna

mobile website friendly EKRUT 
Alasan lain kenapa webiste mobile friendly diperlukan adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna - EKRUT

Alasan ke 6 kenapa penting website mobile friendly adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kemudahan situs yang ramah telepon seluler akan meningkatkan customer experience yang positif dari pelanggan sebab situs yang menarik secara visual dan mudah dinavigasikan, pada akhirnya pengunjung akan semakin betah berlama-lama di dalam situs tersebut untuk mencari banyak informasi bahkan melakukan pembelian produk.  

Cara membuat website mobile friendly

mobile website friendly EKRUT 
Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk membuat website mobile friendly - EKRUT

Setelah kamu memahami pentingnya website moblie friendly kini kamu juga harus bagaimana cara membuat website mobile friendlyBerikut cara membuatnya:

  • Buat situs yang responsif

Situs web responsif mencakup semua informasi yang sama pada perangkat apapun yang diakses. Namun cara mengubah tampilan itu didasarkan pada ukuran layar perangkat.

Desain yang responsif dan pengoptimalan SEO akan sangat disukai oleh Google. Bila kamu bingung bagaimana membuat tampilan situs yang responsif, kamu bisa menggunakan beberapa tools desain ini.

  • Tidak menggunakan Flash 

Menggunakan flash pada tampilan situs dan mobile dapat memperlambat waktu buka situs. Ini merupakan salah satu kesalahan SEO yang perlu kamu hindari.

Parahnya lagi penggunaan flash akan membuat beberapa browser tak dapat mendeteksi situs dan tidak berfungsi pada banyak smartphone iOS dan Android.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari alternatif lain pada tampilan seluler dengan tanpa menggunakan flash.

  • Letakkan konten yang banyak ditemukan

Agar website mobile friendly mu mengalami peningkatan pengguna, kamu perlu mengoptimalkan konten yang kamu tulis di tampilan situs ataupun mobile dalam mesin pencarian. 

Caranya adalah dengan menggunakan teknik SEO Friendly yang tepat seperti memasukkan keyword, meta tag, backlink, internal link dan sebagainya. 

Dengan begitu, informasi yang kamu sampaikan akan mudah ditemukan oleh pengguna.  

Baca juga: Panduan cara belajar SEO untuk pemula

  • Kompres gambar 

Salah satu yang membuat situs berat dibuka adalah keberadaan gambar yang terlalu besar sehingga membutuhkan banyak waktu bagi user untuk membuka situs. 

Tak ada salahnya saat kamu menguapload gambar mengkompresnya terlebih dahulu atau memberikan tampilan gambaran yang tidak terlalu besar sehingga mudah bagi situs untuk membuka halaman. 

  • Lakukan pengujian seluler

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan dalam cara membuat website mobile friendly adalah melakukan pengujian seluler atau mobile friendly test. 

Ini dilakukan untuk mengetahui apakah tampilan situs selulermu itu responsif atau tidak. Kamu bisa melihatnya dalam lamana Google Search Console

Nantinya Google akan memberi tahu kamu terkait hasil dari mobile friendly test ini dan saran apa yang perlu dilakukan. 

Baca juga: 6 Tahapan marketing plan ini efektif bantu kembangkan bisnis  

Itulah cara membuat website mobile friendly sekaligus alasan kenapa situs harus mendukung fitur yang ramah seluler. Dengan tampilan situs yang ramah akan menghindari kamu kehilangan pengunjung.

Maka dari itu sebaiknya segera perbaiki website mu untuk mendukung tampilan ini. Tentu mau bisnismu berkembang pesat, bukan?

website mobile friendly - EKRUT
Last update 10 July 2020

Sumber: 

Tags

Share