Media

6 pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi investasi
By Aldo Imanuel - 11 October 2018
3 min read 337 Views
ilustrasi side job (Shutterstock)
ilustrasi side job (Shutterstock)

Mempunyai satu pekerjaan dengan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan harian dan investasi merupakan impian banyak orang. Bila mengurangi pengeluaran juga masih belum menutup kebutuhan investasimu, mungkin kamu harus mencoba mencari pekerjaan sampingan. Kamu bisa memanfaatkan keahlian yang kamu punya untuk mendapatkan gaji tambahan. 

Untuk itu, simak enam pekerjaan sampingan berikut yang bisa menambah penghasilanmu dalam waktu singkat.

 

1. Freelance consultant

Bila kamu mahir dalam bidang konsultasi, kamu bisa mencoba bekerja lepas dengan memberikan arahan tertentu berdasarkan proyek perusahaan.

 

2. Penulis lepas

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sedang diminati oleh generasi milenial. Bermodalkan koneksi internet, kamu mampu menjadi penulis lepas sesuai dengan industri yang ingin kamu pelajari.

 

3. Guru online

Dengan perkembangan internet saat ini, kamu bisa mengambil pendidikan akademis secara online. Bila kamu merasa ahli pada suatu bidang, mengapa tidak mencoba menjadi guru?

Cobalah pengalaman baru ini dan tentukan tarifmu berdasarkan jam yang akan kamu habiskan.

 

4. Social media influencer

Bila kamu tertarik dengan dunia media sosial, kamu juga bisa mencoba membangun persona dirimu di Instagram atau YouTube dan menjadi social media influencer. Kamu pun bisa mencoba menciptakan pasarmu sendiri berbekal pengikut dari teman-temanmu.

 

5. Pembawa acara

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum adalah dengan menjadi pembawa acara. Selain membangun kapasitas diri kamu di depan khalayak, kamu juga bisa membangun koneksi yang akan sangat berguna bagi kariermu ke depannya.

 

6. Sewakan kamar

Bila kamu memiliki kamar kosong atau tidak terpakai, lebih baik kamu sewakan kamar tersebut melalui situs Airbnb. Karena menurut laporan Earnest, rata-rata pendapatan yang diperoleh dari Airbnb per bulannya mampu mencapai $924 (setara Rp 13 juta). 

 

Sumber:

liputan6.com

glints.com

moneysmart.id

 

Tags: side job, pekerjaan sampingan

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang