Media

6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu
By Tsalis Annisa - 11 April 2019
5 min read 15 Views

Bagi pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di ruangan kerja, tentunya cara menata ruangan kerja agar nyaman merupakan hal penting. Pasalnya, ruangan kerja yang nyaman akan lebih baik dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Meski menata ruangan kerja bergantung pada selera individu, ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan guna mempermudah penataannya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang menarik kamu ketahui.

1. Pilih furnitur yang baik dan sesuai

Furnitur adalah aspek terpenting dalam menata ruangan kerja. Tentunya akan aneh jika kamu bekerja tanpa menggunakan meja dan kursi yang nyaman dan sesuai.

Ada beberapa tips yang bisa membantu jika kamu ingin menentukan meja dan kursi seperti apa yang akan dipakai nantinya. Pertama, carilah kursi yang berlengan cukup rendah agar bahumu dapat relaks, dan ketika tangan akan bersandar, siku dapat membentuk sudut 90 derajat yang nyaman.

Lalu untuk meja, cari atau buatlah yang ukurannya sesuai dan ideal dengan tinggi badanmu ketika duduk. Memang, umumnya kursi kerja dapat diatur ketinggiannya, namun jangan sampai hal ini malah membuatmu tidak nyaman karena harus duduk dengan menggantung atau menekuk kaki.

2. Jangan biarkan meja kerja sempit dengan dokumen

Dokumen-dokumen kerja yang menumpuk di meja dapat membuat kesan tidak rapi dan membuatmu stres. Jika kamu tidak bisa membuangnya begitu saja karena dokumen-dokumen tersebut berisi pekerjaan yang cukup penting.

Kamu dapat menyiasati dengan mengumpulkan dokumen tersebut ke dalam map atau kardus dan menaruhnya di tempat lain yang tidak mengganggu pemandangan kerjamu. Dokumen-dokumen yang dapat dimasukkan adalah dokumen yang bersifat sudah tidak dikerjakan, namun masih penting untuk disimpan.

Untuk dokumen-dokumen lain yang masih kamu kerjakan dapat dibiarkan di atas meja. Hal ini dapat membantu pekerjaanmu menjadi lebih cepat karena dokumen pekerjaan yang sedang kamu kerjakan tidak tercampur dengan dokumen lain yang tidak ada kaitannya.

3. Atur cahaya yang ada

Idealnya, sebuah ruang kerja harus memiliki jendela yang banyak dan mampu memberikan sebanyak-banyaknya cahaya alami dari matahari. Selain mampu mengurangi pemakaian listrik, sinar matahari juga bagus untuk memperbaiki suasana hati dan dapat membuat lebih produktif.

Namun, mungkin tidak semua orang berkesempatan merasakan ruang kerja yang dikelilingi jendela besar. Oleh karena itu, mengatur cahaya buatan dari lampu juga perlu dilakukan.

Sebuah meja kerja harus disinari satu lampu di atasnya untuk memberikan cahaya lampu yang cukup. Dalam bekerja, kamu akan banyak melakukan aktivitas seperti membaca, menulis, dan lain-lain. Kegiatan ini sangat memerlukan keberadaan cahaya yang cukup demi kesehatan mata.

ruangan kerja - EKRUT
Cobalah untuk menjaga temperatur ruangan kerja agar kamu merasa nyaman - EKRUT

4. Jaga temperatur ruangan

Temperatur dan suhu sangat penting dalam menciptakan kenyamanan ruang kerja. Jika terlalu dingin, produktivitasmu mungkin terganggu. Namun, jika terlalu panas, konsentrasimu mungkin akan terusik.

Kamu harus bisa mengatur suhu di ruang kerja dengan menyesuaikan kondisi tubuhmu. Jadi, pastikan jangan terlalu panas, namun juga jangan atur AC-mu menjadi terlalu dingin. Biarkan ruang kerjamu berada pada temperatur sejuk yang membuat nyaman tanpa mengorbankan konsentrasi dan produktivitas.

5. Tata meja kerja menjadi lebih nyaman dan personal

Meja kerja yang tanpa hiasan apapun akan membuatmu mudah merasa bosan dan tidak nyaman. Akan tetapi, tidak demikian dengan meja kerja yang ditata dengan suasana “rumah”, dan melibatkan beberapa hal personal.

Misalnya seperti memajang foto bersama keluarga atau pasangan di dekat layar komputer. Kamu juga dapat mendekorasi meja dengan kalender yang penuh warna dan gambar. Atau, dengan memakai papan ketik dan tetikus yang memiliki warna favoritmu.

6. Atur letak kabel agar tidak berantakan

Kabel yang tidak ditata dengan baik dapat menjadi penyebab meja kerja terasa sempit dan berantakan. Hal ini dapat membuat ruang kerjamu kehilangan kesan nyaman. Jadi, carilah cara untuk mengatur kabel-kabel dari komputer atau gawaimu agar tidak berserakan.

Kamu dapat mencoba mengikatnya menjadi satu dan menyembunyikan kabel-kabel tersebut di bawah meja. Bisa juga dengan menempelkannya menjadi satu menggunakan selotip dan menggantungnya di dinding.

Cara menata ruangan kerja agar nyaman dapat dilakukan dengan beragam cara dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, sebelum menatanya, menjaga kerapihan dari ruangan kerja adalah hal terpenting. Lagi pula, kamu tidak akan bisa menaruh dekorasi apa-apa, kan, jika ruanganmu berantakan?

Jadi, cobalah terapkan beberapa tips dan cara menata ruangan kerja agar nyaman di atas untuk menciptakan suasana menyenangkan setiap bekerja, ya.

Selamat mencoba!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: karier, motivasi kerja, produktivitas, tips, lingkungan kerja, ruangan kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang