Media

7 dasar bahasa pemrograman Python
By Maria Yuniar - 16 July 2018
4 min read 397 Views

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini. Python digunakan oleh pengembangan web, aplikasi web, aplikasi perkantoran, simulasi, dan masih banyak lagi. Python memang bahasa pemrograman yang dinamis dan mudah dipahami. Anda tertarik untuk mempelajarinya? Kenali dulu dasar-dasarnya. Apa saja sih dasar-dasar dari programming language ini?

 

Input

Tahapan ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer melalui peralatan input.  Pada bahasa Python, metode ini digunakan untuk menerima masukan dari pengguna, dengan input() dan raw_input().

 

Data

Data berperan sebagai bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi, sehingga dapat berguna dan dimanfaatkan oleh pengguna. Data dapat berupa variabel, konstanta, atau yang berisi bilangan, maupun kalimat. Beberapa tipe data adalah string, number, list, tuple, dan lainnya.

 

Operation

Operation berfungsi mengubah suatu nilai menjadi nilai lain. Yang termasuk operation atau yang biasa disebut dengan operator adalah operator aritmatika, operator assignment, dan lainnya.

 

Output

Output menuliskan informasi yang ditampilkan dilayar, disk, atau ke salah satu unit I/O. Pada Python 2.0, untuk menampilkan output dengan menulis sintax print. Sedangkan pada Python 3.0 dengan menggunakan fungsi print().

 

Conditional

Conditional memperlihatkan jumlah perintah yang akan dijalankan jika kondisi tertentu sudah terpenuhi. Jika username dan password yang dimasukan benar, maka halaman utama akan ditampilkan. Pada conditional, Python menggunakan pernyataan if, else, dan elif.

 

Looping

Melalui looping, sebuah perintah akan berjalan beberapa kali, selama kondisi yang ditentukan atau kondisi yang terpenuhi. Pada looping ini, Python menggunakan pernyataan for dan while untuk melakukan pengulangan.

 

Subroutine

Subroutine merupakan code section yang bisa dipakai berulang kali pada program yang sama. Section ini terpisah dari coding utama. Anda bisa membayangkan subroutine seperti game Super Mario Bros. Untuk bisa naik level, Anda harus melakukan perjalanan melewati sebuah pipa, bukan? Proses subroutine berlangsung seperti itu. 

Setidaknya ada tiga manfaat subroutine. Pertama, membuat program lebih muda dibaca. Kedua, mengurangi duplikasi kode. Ketiga, memetakan persoalan agar bisa lebih mudah diselesaikan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman Python. Jangan berhenti sampai di sini ya. Dengan mempelajari bahasa pemrograman secara intensif, Anda bukan hanya mengasah kemampuan, tapi juga bisa mengerjakan berbagai proyek Python. Asyiknya lagi, Anda bisa melakukannya secara remote, lho!

 

Rekomendasi bacaan:
Jangan katakan 6 hal ini saat interview
4 kesalahan terberat di kantor
7 persiapan sebelum pindah kerja

 

Sumber:
quora.com
pynewbs.com

Tags:

  • programming language
  • bahasa pemrograman
  • developer
  • Python
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang