Media

4 kelebihan bahasa pemrograman Python
By Maria Yuniar - 12 May 2019
4 min read 1710 Views

Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman C atau Java, kelebihan Python dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh raksasa teknologi Google.

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang tidak menggunakan compiler. Dengan sifat open-source yang dimilikinya, bahasa ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal dari mulai mengembangkan situs, mengembangkan video game, membangun GUI desktop, maupun mengembangkan perangkat lunak.

 

 

Bahasa ini dikembangkan oleh seorang programmer bernama Guido van Rossum pada tahun 1991. Dengan kelebihan bahasa pemrograman Phyton yang dimilikinya, bahasa ini telah digunakan untuk membangun layanan-layanan platform terkenal, seperti Instagram, YouTube, dan Spotify.

Kelebihan bahasa pemrograman Python menyebabkan perusahaan-perusahaan teknologi meliriknya untuk digunakan dalam mengembangkan platformnya. Kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman Python tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mudah dipelajari

Dibanding bahasa pemrograman lain, Phyton relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan gampang dimengerti. Bahasa ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

2. Mudah diaplikasikan

Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Python adalah kemudahannya dalam diaplikasikan dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu situs, software, aplikasi situs, maupun video game.

Selain memiliki keterbacaan kode yang tinggi, sehingga kode mudah dipahami, bahasa pemrograman ini memiliki library yang sangat banyak dan luas. Berbagai macam jenis library ini memuat beragam perlengkapan dan fungsionalitas, sehingga kemudahan membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh Phyton.

3. Dukung IoT

Bahasa pemrograman Python mendukung ekosistem Internet of Things (IoT) dengan sangat baik. IoT sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things merupakan sebuah teknologi yang menghubungkan benda-benda di sekitar kita ke dalam sebuah jaring-jaring yang saling terhubung.

Bahasa ini menjadi sangat populer, lantaran banyak sistem dengan Internet of Things yang menggunakan bahasa ini. Terdapat berbagai macam board yang digunakan menjalankan sistem IoT menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai basisnya, termasuk Raspberry Pi.

4. Fleksibel

Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll.), termasuk untuk perangkat-perangkat selular. 

Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.

Setelah mempelajari semua kelebihan Python, apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikannya?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • programming language
  • bahasa pemrograman
  • Java
  • C
  • Python
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang