Register

technology

Bahasa pemrograman Python: 6 Kelebihan dan kekurangannya

Maria Yuniar

20 April 2021

kelebihan-bahasa-pemrograman-Python---EKRUT.jpg

Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman C atau Java, kelebihan Python dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh raksasa teknologi Google.

Bagaimana sejarah terbentuknya pemrograman Python?

kelebihan bahasa pemrograman Python - EKRUT
Perkembangan bahasa pemrograman Python dipengaruhi oleh bahasa pemrograman ABC - EKRUT

Sejarah terbentuknya pemrograman Python dimulai oleh seorang programmer bernama Guido van Rossum pada tahun 1991.

Awalnya Python dikembangkan sebagai salah satu respon Van Rossum atas bahasa pemrograman ABC. Itu sebabnya dalam perjalanannya bahasa pemrograman Python banyak dipengaruhi oleh bahasa pemrograman ABC tersebut.

Uniknya, proses pengembangan bahasa pemrograman Python dikembangkan secara berkesinambungan oleh programmer, penguji dan pengguna yang kebanyakan bukan ahli IT di seluruh dunia hingga akhirnya bisa menjadi seperti sekarang.

Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang tidak menggunakan compiler. Dengan sifat open-source yang dimilikinya, kamu akan mendapatkan manfaat mempelajari Python karena bahasa ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal dari mulai mengembangkan situs, mengembangkan video game, membangun GUI desktop, maupun mengembangkan perangkat lunak.

EKRUT contest python challenge.- EKRUT

Kelebihan bahasa pemrograman Python

Kelebihan bahasa pemrograman Python - EKRUT
Python memiliki beberapa keunggulan dibanding bahasa pemrograman lain - EKRUT

Dengan kelebihan yang dimilikinya, bahasa pemrograman Python telah digunakan untuk membangun layanan-layanan platform terkenal, seperti Instagram, YouTube, dan Spotify. Keunggulan Python juga menyebabkan perusahaan-perusahaan teknologi meliriknya untuk digunakan dalam mengembangkan platform mereka. 

Kelebihan bahasa pemrograman Python yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mudah dipelajari

Dibanding bahasa pemrograman lain, Phyton relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan gampang dimengerti. Bahasa ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

2. Mudah diaplikasikan

Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Python adalah kemudahannya dalam diaplikasikan dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu situs, software, aplikasi situs, maupun video game.

Selain memiliki keterbacaan kode yang tinggi, sehingga kode mudah dipahami, bahasa pemrograman ini memiliki library yang sangat banyak dan luas. Berbagai macam jenis library ini memuat beragam perlengkapan dan fungsionalitas, sehingga kemudahan membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh Phyton.

Baca juga: 7 dasar bahasa pemrograman Python

3. Dukung IoT

Bahasa pemrograman Python mendukung ekosistem Internet of Things (IoT) dengan sangat baik. IoT sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things merupakan sebuah teknologi yang menghubungkan benda-benda di sekitar kita ke dalam sebuah jaring-jaring yang saling terhubung.

Bahasa ini menjadi sangat populer, lantaran banyak sistem dengan Internet of Things yang menggunakan bahasa ini. Terdapat berbagai macam board yang digunakan menjalankan sistem IoT menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai basisnya, termasuk Raspberry Pi.

4. Fleksibel

Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll.), termasuk untuk perangkat-perangkat selular. 

Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.

EKRUT contest python challenge - EKRUT

5. Meningkatkan produktivitas 

Karena memiliki library yang luas dan desain berorientasi objek yang bersih, penggunaan bahasa pemrograman Python dapat menunjang produktivitas programer dibanding saat menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Java dan C++.

6. Free dan open source

Tidak hanya dapat diunduh secara gratis, bahasa Python juga dikembangkan di bawah lisensi open source yang disetujui OSI, yang berarti bahasa pemrograman ini bebas untuk digunakan, dikembangkan dan didistribusikan, termasuk untuk tujuan komersial. 

Baca juga: Mudah, ini 5 tips belajar pemrograman yang perlu kamu ketahui

Kekurangan bahasa pemrograman Python

kelebihan bahasa pemrograman phyton - EKRUT
Python tidak populer untuk mobile app development - EKRUT

Terlepas dari keunggulannya, bahasa pemrograman Python juga memiliki beberapa kelemahan yang mungkin harus kamu pertimbangkan saat menggunakannya ke dalam proyek kamu

1. Kurangnya dukungan multiprosesor

Multiprocessing adalah bagian penting dalam penulisan aplikasi. Python memang mendukung multiprocessing, namun mungkin tidak sefleksibel atau senyaman bahasa lain. Itu sebabnya mungkin ini dapat sedikit membatasi kamu saat menulis kode. 

2. Lebih sedikit developers yang berpengalaman 

Saat kamu membuat aplikasi, kamu pasti ingin para developer paling berpengalaman yang melakukan pekerjaan itu. Namun, tidak sesederhana itu dengan Python karena tidak banyak ahli programmer yang menggunakan bahasa ini terutama  jika dibandingkan dengan Java.

3.Tidak ideal untuk memory intensive task 

Python adalah bahasa yang dikenal dengan fleksibilitas tipe datanya. Hal ini membuatnya menghasilkan konsumsi memori yang cukup tinggi dan menjadi tidak nyaman digunakan untuk memory intensive task. 

4. Kurang populer untuk mobile app development

Python bukan bahasa pemrograman yang populer untuk mobile development. Hanya sedikit perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman ini untuk tujuan tersebut. Karena itu kamu juga akan sulit menemukan  developer yang berpengalaman dalam mobile development yang menggunakan Python. 

5. Batasan desain

Python diketik secara dinamis sehingga memiliki banyak batasan desain. Python bahkan terlihat membutuhkan lebih banyak waktu pengujian dan  kesalahan yang muncul ketika aplikasi akhirnya dijalankan. 

6. Batasan kecepatan

Python sering dikritik karena kecepatannya yang lebih lambat dibanding bahasa pemrograman yang dikompilasi seperti C atau C++ karena metode berbeda yang digunakannya untuk menerjemahkan kode.

Meski begitu, beberapa benchmark Python bekerja lebih cepat daripada C dan C++. Beberapa masalah terkait kecepatan bahasa pemrograman ini juga telah diatasi dan dioptimalkan sehingga Python bisa dibilang tetap menjadi salah satu pilihan teratus untuk pengembangan perangkat lunak. 

Baca juga: 11 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2020

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman Python. Setelah mengetahui segala kelebihan dan kekurangan tadi, kamu bisa menyadari banyaknya manfaat mempelajari Python kan?

Dengan mempelajari bahasa pemrograman seperit Python dan memanfaatkan segala keunggulannya, kamu jadi bisa menambah kemampuanmu sebagai seorang developer yang andal. 

Jika kamu ingin membuktikan seberapa jauh kemampuanmu dalam menggunakan bahasa pemrograman ini, kamu juga mengikuti EKRUT Contest Python Challenge yang diadakan pada tanggall 9 Desember 2020 pada pukul 12.00 WIB. Tak hanya menguji kemampuan, kamu juga bisa mendapatkan hadiah uang tunai. Totalnya Rp2.500.000 untuk 5 pemenang. Menarik, bukan?


Tahun baru kantor baru - EKRUT

Last updated: 8 Agustus 2020

Sumber:

Tags

Share