Media

7 Pertanyaan interview ini bantu kamu dapatkan kandidat terbaik
By Tsalis Annisa - 9 February 2019
5 min read 17 Views
Pertanyaan yang tepat, bantu kamu dapat kandidat terbaik - EKRUT
Pertanyaan yang tepat, bantu kamu dapat kandidat terbaik - EKRUT

Ada banyak sekali jenis pertanyaan yang bisa kamu tanyakan saat wawancara kerja. Namun, pertanyaannya apakah yang membuatmu mendapatkan kandidat terbaik dan kandidat tersebut pun memilihmu?

Salah satu trik untuk mendapatkan kedua hal tersebut sekaligus adalah melakukan wawancara secara langsung. Pasalnya, lewat pertemuan langsung, kamu dapat benar-benar melihat soft skill yang pelamar miliki.

Begitu pun bagi pelamar, lewat wawancara langsung, ia dapat melihat atau mendapat gambaran kasar tentang bagaimana tempat kerjanya nanti. Perlu kamu ingat bahwa tahapan wawancara kerja sangatlah penting. Faktanya, 83% pelamar memutuskan untuk terus melanjutkan atau berhenti setelah melewati tahapan ini.

Berikut, adalah beberapa pertanyaan yang umumnya diberikan oleh para HR sukses saat mereka memilih kandidat kerja terbaik mereka:

1. Apa 3 Hal Terpenting yang Kami Harus Tahu Tentang Kamu?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang bagus untuk memulai suatu sesi wawancara kerja. Ada dua alasan yang bisa mendasarinya. Pertama, pertanyaan ini akan memperlihatkan bahwa HR sudah mempelajari resume pelamar.

Kedua, pertanyaan ini akan memungkinkanmu untuk mengintip sedikit bagaimana cara pelamar berpikir. Apakah si pelamar akan mengulang kembali isi resume yang telah ia lampirkan atau apakah ia akan memberi sesuatu hal baru kepadamu? Mari lihat.

2. Apa yang Membuatmu Tertarik dengan Posisi Ini?

Pertanyaan di atas adalah versi cerdas dari, “apa alasan kamu melamar posisi ini?”. Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan terbaik karena menggali lebih dalam tentang peran pekerjaan secara spesifik.

Pertanyaan ini akan memperlihatkan seberapa berhati-hati kandidat membaca deskripsi pekerjaan yang kamu cantumkan pada iklan pekerjaan. Hal ini pun memberikan mereka kesempatan untuk berbagai tentang apa yang mereka rasa mampu kerjakan. Lewat pertanyaan ini, kamu akan mendapatkan motivasi dan antusiasme dari pelamar kerja yang sedang berada di hadapanmu.

3. Sebutkan 3 Hal yang Paling Kamu Sukai tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah kamu berurusan dengan kandidat yang hanya mencari kerja atau kandidat yang benar-benar ingin bekerja di perusahaanmu. Lewat pertanyaan ini pun, kamu mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak kandidat telah mencari tahu tentang perusahaanmu.

Sebagai masukan untuk perusahaan, kamu juga bisa bertanya, apa yang membuat perusahaanmu lebih baik dari kompetitor dari sudut pandang pelamar kerja. Pastikan kamu memilih kandidat yang juga memilihmu sebagai pengguna jasanya. Hal ini akan memastikan dirinya berkontribusi lebih pada perusahaanmu.

Baca juga: 11 pertanyaan Facebook saat interview kandidat

4. Bagaimana Tipe Suasana Kerja Ideal Bagimu?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan cerdas untuk memastikan atmosfer kerja seperti apa yang pelamar sukai. Hal ini dapat menentukan apakah ia cocok dan dapat bertahan dengan budaya kerja perusahaanmu.

Karyawan mungkin saja lebih suka tempat kerja yang tenang dan ritme kerja yang teratur. Nah, bila perusahaanmu punya ritme kerja cepat dan cukup ramai, tentu hal tersebut bisa jadi tantangan sendiri bagi pelamar. Baik atau buruk, pertanyaan ini akan membantumu menentukan apakah pelamar akan merasa nyaman nantinya.

5. Coba Ceritakan Bagaimana Caramu Mengatasi Sebuah Tantangan?

Setiap orang tentu pernah mengalami kejadian sulit dalam hidupnya, baik secara pribadi maupun di tempat kerja. Seringkali, pada situasi-situasi tersebutlah, tingkat profesionalitas seseorang tumbuh dan terbentuk.

Maka dari itu, walau pertanyaan ini terkesan menakutkan, pertanyaan ini adalah cara paling efektif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pribadi pelamar di dunia kerja.

Lewat pertanyaan ini, kamu akan mengetahui bagaimana kinerja kandidat saat berada di bawah tekanan dan mengizinkannya menunjukkan kemampuannya dalam mengelola stres dan memecahkan masalah. Dari hal ini pun, kamu bisa menempatkannya di posisi yang paling sesuai di perusahaanmu.

6. Apa Kelebihan dan Kekurangan Terbesarmu?

Poin kelebihan akan membuat gambaran tentang tingkat kesadaran dan kerendahan hati pelamar. Lewat pertanyaan kelebihan dan kekurangan ini, kamu dapat melihat apakah kelebihan pelamar dapat membantu perusahaan mencapai tujuan.

Sedangkah pada poin kekurangan, kamu dapat menyimpulkan 3 hal penting dari pelamar. Pertama, apakah kandidat cukup sadar untuk mengatahui kelemahan mereka. Kedua, apakah kekurangan pelamar akan menghambat peran kerjanya nanti. Dan terakhir, kinerja pelamar untuk memperbaiki kekurangan mereka.

7. Apa Alasanmu Resign dari Perusahaan Sebelumnya?

Saat mengajukan pertanyaan ini, perhatikan baik-baik bagiamana kandidat bicara soal pekerjaan mereka sebelumnya. Apakah mereka fokus untuk memaparkan aspek positif atau negatif dari tempat kerja mereka dulu.

Hal ini akan menggambarkan rasa hormat mereka kepada perusahaan mereka dulu dan juga sebagai ajang apakah mereka bisa menunjukkan kesopanan dan profesionalisme mereka. Kedua tentu atribut penting dalam dunia kerja.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja pertanyaan penting yang perlu kamu ajukan saaat sesi wawancara kerja berlangsung. Diharapkan lewat pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan mendapat kandidat terbaik yang juga memilih perusahaanmu.

Semoga berhasil.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: pertanyaan interview, HRD, wawancara, interview, kandidat

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang