Media

Cara tepat jawab kelemahan dan kekurangan saat interview
By Maria Yuniar - 4 March 2019
4 min read 12701 Views
Q:
Halo, Mas Coby. Jika interviewer mengajukan pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan saat interview, apa yang harus dijawab? Apakah kita jawab soal kepribadian, atau skill? Lalu, ketika interviewer menanyakan cara mengatasi kekurangan dan sebagainya, bagaimana menjawabnya? Terima kasih.
 
@tiyalampard
 
A:
Dalam interview kerja, ada beberapa pertanyaan interview yang tujuannya bukan untuk mencari jawaban yang benar. Melainkan untuk melihat cara berpikir dan pengenalan kandidat terhadap dirinya sendiri. Dalam hal ini, salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview, masuk dalam kategori kedua, yaitu untuk melihat cara berpikir dan serta pengenalanmu terhadap diri sendiri.

Kunci dalam menjawab pertanyaan tersebut adalah keyakinan dan kejujuranmu dalam menjawab. Jika kamu menunjukkan keragu-raguan saat menjawab pertanyaan tersebut, kamu akan meninggalkan kesan yang kurang baik. Interviewer akan melihatmu sebagai orang yang tidak percaya diri atau tidak mengenal diri sendiri. Sebaliknya, jawaban yang meyakinkan membuktikan kamu mengenal sendiri, bahkan nyaman dengan semua kelemahan dan kelebihanmu.
 

Pertanyaan tersebut juga bertujuan untuk memastikan bahwa kepribadian (termasuk kelemahan dan kelebihan) kamu sesuai dengan budaya dan cara kerja di perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu hanya perlu menjawab dengan sejujur-jujurnya. Toh, pasti akan lebih nyaman jika bekerja di perusahaan yang bisa memanfaatkan kelebihanmu dan mengakomodir kekuranganmu, bukan?

Sementara itu, untuk pertanyaan, "Bagaimana cara mengatasi kekurangan dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya," interviewer ingin mengetahui caramu menyelesaikan masalah. Selain itu, interviewer juga ingin mencari tahu potensimu dalam menjadi pribadi yang lebih baik, dengan kesadaran sendiri. Perusahaan lebih menyukai kandidat yang terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Dengan demikian, kandidat bisa dipercaya untuk membawa perubahan positif ke perusahaan.
 
Cobysot Avego

Praktisi HR

About the Expert

Cobysot Avego adalag praktisi human resources, lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Ia memiliki sederetan pengalaman di bidang rekrutmen.

Rekomendasi bacaan:

Last update: 04 February 2019

Tags: job interview, wawancara kerja, interview kerja, interview

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang