Media

8 keuntungan jadi software developer
By Maria Yuniar - 2 August 2018
3 min read 393 Views

Saat ini, bidang teknologi informasi telah populer di kalangan para pencari kerja. Jumlah permintaan terhadap tenaga kerja di bidang ini pun melonjak. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat setiap harinya.

Salah satu pekerjaan di bidang teknologi informasi yang mulai naik daun adalah software developer. Satu dekade lalu, pekerjaan ini mungkin masih jarang didengar. Namun, kini, profesi tersebut menjadi primadona bagi para lulusan baru di bidang IT. Meski terlihat rumit,ada banyak sekali keuntungan yang dapat kamu miliki jika dengan menjadi seorang software developer. Apa saja ya?

 

Fleksibilitas dalam bekerja

Bekerja secara remote, meskipun hanya beberapa hari dalam sepekan, dapat memberikan kamu keseimbangan hidup. Dengan menjadi software developer, yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas adalah koneksi Internet yang baik dan tempat untuk bekerja.

 

Gaji dan benefit

Software developement telah menjadi kebutuhan utama di bidang teknologi informasi. Karena itu, tak heran bila perusahaan rela memberikan gaji dan benefit yang menggiurkan untuk pekerjaan ini. Kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga belasan juta rupiah dalam sebulan.

 

Independen

Katakanlah kamu sudah bekerja sepuluh tahun untuk sebuah perusahaan dan tak ingin lagi bekerja untuk perusahaan karena alasan tertentu. Pada titik ini, kamu bisa merintis karier sebagai software developer independen dengan pengalamanmu yang sudah banyak. Kamu bisa membangun sebuah aplikasi, situs, atau mungkin menulis buku, dan menjualnya.

 

Kreatif

Software development mungkin tak termasuk pekerjaan seniman, tapi kamu tetap membutuhkan kreativitas untuk bertahan di pekerjaan ini. Sebab, bila kamu sedang bereksperimen dengan aplikasi atau perangkatmu dan kamu menemukan kesalahan, kamu perlu memutar otak untuk mencari jalan lain agar aplikasi atau perangkatmu bisa bekerja. Kamu pun akan menjadi individu yang kreatif dengan bekerja sebagai software developer.

 

Sosialisasi

Jangan takut kesepian jika kamu bekerja sebagai seorang software developer. Kamu justru akan berinteraksi dengan orang untuk menyelesaikan berbagai proyek pemrograman. Selain itu, kamu juga perlu bekerja dengan tim dan mengikuti forum atau diskusi terbuka untuk menambah ilmu-ilmu baru, bukan?

 

Jaminan kerja

Banyak pekerjaan yang kini digantikan oleh komputer dan perangkat lunak. Namun, komputer dan perangkat lunak tersebut tetap membutuhkan pengembangan dan pemeliharaan. Karena itu, pekerjaan sebagai software developer di era ini bisa dibilang cukup “aman”.

Dengan menguasai beberapa bahasa pemrograman saja, seorang software developer bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan atau negara manapun. Hal ini sangat mungkin terjadi karena software developer merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh perusahaan teknologi informasi apa pun.

Temukan peluang menjadi seorang software developer dengan bergabung di talent marketplace EKRUT. Dengan sistem kurasi, profilmu di talent marketplace ini akan cepat dilihat ratusan perusahaan yang mencari kandidat software developer berkualitas, termasuk kamu!

 

Rekomendasi bacaan:
Berselisih dengan atasan? Jangan perburuk situasinya!
Experian pimpin investasi Seri C bagi perusahaan induk CekAja.com
Raih pendanaan Seri B, Investree kembangkan teknologi dan ekspansi

 

Sumber:
hackernoon.com
henrikwarne.com
industryconnect.org
qerja.com

Tags:

  • teknologi informasi
  • IT
  • software developer
  • developer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang