Published on

Careers

6 Cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote

Nur Lella Junaedi

cara-mengembangkan-karir-EKRUT_(1).jpg

Meski tidak bertemu langsung dengan atasan dan bawahan karena sistem kerja work from home, namun kamu tetap bisa mengembangkan karir lho

Caranya adalah dengan tetap mendedikasikan kemampuanmu untuk memberikan hasil kerja yang maksimal. Berikut beberapa langkah lainnya, dalam cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote yang bisa kamu tiru. 

1. Bekerja secara kolaboratif dengan tim 

cara mengembangkan karir EKRUT 
Meski kamu bekerja secara remote, kamu tetap bisa melakukan kolaborasi antar tim-EKRUT

Langkah pertama dalam cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote adalah dengan melakukan kolaborasi antar tim. Jangan karena kamu bekerja secara virtual, kamu berpikir itu akan mengurangi kebersamaanmu dengan tim.

Justru ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Kamu bisa bekerja lintas fungsi dengan anggota tim untuk mendapatkan perspektif, inisiatif, kontribusi untuk proyek dan keterampilan lainnya.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu menunjukan kepada anggota tim bahwa kamu menghargai apa yang mereka berikan dan dedikasikan demi mencapai tujuan perusahaan. 

Baca juga: Tips kerjasama tim untuk kamu yang introvert

2. Secara proaktif minta penilaian atau umpan balik

 cara mengembangkan karir EKRUT 
Mintalah umpan balik berupa penilaian kinerja kepada atasan terkait pekerjaanmu selama WFH berlangsung-EKRUT

Dengan inisiatifmu sendiri, kamu bisa mencoba untuk meminta umpan balik atas penilaian kinerja work from home yang selama ini kamu lakukan kepada atasan. 

Meminta penilaian secara proaktif kepada mereka akan membuatmu bekerja secara baik serta mengetahui apa yang harus dievaluasi.

Hal ini juga menunjukkan kepada manajer bila kamu benar-benar ingin untuk memberikan kualitas pekerjaan yang bagus dan tidak ingin mengecewakan mereka. 

Namun ingat saat kamu mengajukan permintaan umpan balik itu, usahakan untuk menanyakan beberapa hal seperti, perjelas apa yang ingin kamu tahu dari kinerja jarak jauhmu selama ini, pengembangan profesional, dan proyek yang tengah kamu lakukan. 

3. Tingkatkan kemampuan menulis 

cara mengembangkan karir EKRUT 
Tingkatkan keterampilan menulis agar kamu dapat memberikan informasi secara jelas, akurat dan efektif-EKRUT

Langkah ketiga sebagai salah satu cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote yakni meningkatkan keterampilan dalam menulis. 

Kenapa? Karena kamu pastinya akan banyak berkomunikasi secara tertulis melalui email, Slack, atau platform lainnya ketimbang komunikasi melalui suara. 

Usahakan dalam menulis pesan informasi tersebut kamu menyampaikan dengan jelas, akurat, dan efektif. Dengan melakukan itu anggota tim dapat mencerna dengan baik, dan menjalankan proyek dengan benar. 

Jauhi komunikasi tertulis dengan nada tulisan yang arogan untuk meminimalisir kesalahpahaman dalam tim.

4. Pelajari keterampilan baru 

cara mengembangkan karir EKRUT 
Mumpung masih WFH kamu juga bisa mencoba untuk menambahkan skill kerja-EKRUT

Mumpung kamu masih bekerja secara remote, tak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan baru di bidang yang kamu sukai. 

Ikutilah kursus online untuk menambah keterampilan atau belajar secara otodidak di waktu lengang.

Robert Pool dan Andres Ericsson berbagi beberapa tips bagaimana cara mudah untuk belajar keterampilan baru yaitu: 

  • Identifikasi keterampilan yang kamu butuhkan terutama dalam pekerjaanmu
  • Ambil banyak pengetahuan dari berbagai platform baik di internet, kursus, buku, teman atau pun hal lainnya. Lalu lakukan latihan yang disengaja dan biarkan dirimu keluar dari zona nyaman. Untuk membantumu agar konsisten, kamu bisa menerapkan metode SMART dalam mencapai target keterampilan tersebut
  • Renungkan keterampilan apa yang kamu pelajari ini sebelum dan sesudah kamu menguasainya. Agar upayamu selama ini tidak sia-sia. Kemudian ulangi sampai kamu ahli lalu cari lagi keterampilan lainnya. 

Baca juga: 5 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume kamu

5. Atur manajemen waktu yang baik

cara mengembangkan karir EKRUT 
Bila kamu ingin mengembangkan karier saat bekerja remote ada baiknya pandai mengatur waktu-EKRUT

Kamu mungkin merasa bila bekerja di kantor, kamu akan lebih fokus bekerja karena tidak terganggu dengan urusan rumah tangga, anak atau godaan untuk bermain handphone. 

Berbeda dengan yang banyak terjadi di kalangan pekerja jarak jauh. Mereka menjadi tidak efisien memanfaatkan waktu bekerja secara remote, bahkan bisa jadi bekerja melebihi jam kantor. 

Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk tetap disiplin, tidak menunda-nunda dan mengatur waktu dengan baik agar pekerjaanmu sesuai dengan strategi dan target yang telah ditentukan.

Tunjukkan bila dengan bekerja secara remote, kualitas waktu dan pekerjaanmu juga sama dengan kualitas seperti saat di kantor. 

6. Perluas kontribusi di perusahaan 

cara mengembangkan karir EKRUT 
Perluas juga kontribusimu secara holistik bagi perusahaan-EKRUT

Upaya terakhir sebagai salah satu cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote yakni memperluas kontribusimu secara holistik kepada perusahaan. 

Terutama apabila kamu memiliki keterampilan yang banyak, kamu pun bisa membantu anggota di luar tim kamu yang membutuhkan ide atau masukan darimu. 

Ini adalah suatu langkah yang positif, dimana perusahaan akan memandang sebagai aset penting bagi mereka. 

Bahkan bisa jadi kamu akan dimasukkan oleh manajemen ke dalam employee resource group (ERP) yakni klub sumber daya organisasi karyawan yang dikelola secara terorganisir dengan minat yang sama.   

Baca juga: 11 Tips dan teknik manajemen waktu untuk mencapai kesuksesan

Nah, itulah 6 cara mengembangkan karir saat bekerja secara remote yang bisa kamu tiru. Jangan berpikir bahwa sistem kerja jarak jauh ini akan membatasimu dalam berkarir. 

Nyatanya kamu tetap bisa membangun karir yang cemerlang selama pandemi ini masih berjalan. Jadi, semangat!

cara mengembangkan karir EKRUT

Sumber: 

  • Glasdoor.com
  • Blog.movingworlds.org

Tags

Share