Media

8 Skills ini bantu kamu jadi Mobile Engineer handal!
By Tsalis Annisa - 7 April 2019
5 min read 92 Views

Seorang Mobile Engineer tidak hanya harus mampu menguasai bahasa pemrograman bila ingin mengembangkan aplikasi berbasis mobile yang sukses. Kamu pun harus memahami aspek-aspek lain yang tidak kalah penting.

Aspek penting ini bukan hanya kemampuan teknis, tapi juga beberapa soft skills yang dapat menunjang pekerjaan. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.

5 Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang Mobile Engineer

Deretan skill berikut merupakan kualifikasi utama yang dibutuhkan dari seorang Mobile Engineer. Pastikan kamu memahami kelimanya.

JavaScript

Penguasaan terhadap pemrograman JavaScript merupakan hal utama yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile. Sebagai gambaran, dua jenis kerangka pemrograman JavaScript terbaru yang perlu kamu kuasai di antaranya adalah React Native dan Angular.

Keduanya menyediakan perangkat untuk mengembangkan aplikasi secara cepat. React Native memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi untuk Android dan iOS. Sementara itu, Angular memiliki sekumpulan toolset yang dapat digunakan dengan program JavaScript lainnya sehingga kamu dapat membuat aplikasi-aplikasi individual yang dapat dikustomisasi.

Cross-Platform Development (UX/UI design)

Ketika mengembangkan aplikasi mobile, kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat dipergunakan di Android maupun iOS. Pasalnya, perusahaan seringkali membutuhkan aplikasi dengan user interface/user experience yang multiguna untuk memikat pengguna.

Desain UX/UI berperan penting dalam pengembangan aplikasi mobile, sebab desain UI yang buruk akan mempersulit pengguna dalam mengakses aplikasi tersebut. Dampaknya, aplikasi mobile yang kamu buat bisa jadi sepi peminat karena pengguna lebih memilih aplikasi dengan desain UX/UI yang lebih nyaman.

Cloud Computing

Infrastruktur cloud computing sangat berguna bagi pengembang aplikasi mobile. Dengan cloud computing, kamu dapat membuat aplikasi yang bisa terhubung ke sejumlah cloud servers dan mempermudah akses data melalui berbagai jenis perangkat mobile.

Guna memperluas skill kamu, cobalah mempelajari platform-platform seperti HTML5.

Cybersecurity

Perusahaan dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola konten dan berbagai data penting. Data-data ini sangat sensitif dan bisa saja diretas sewaktu-waktu jika aplikasi yang kamu gunakan tidak dilengkapi dengan pelindung.

Karena hal inilah, seorang mobile engineer perlu menguasai program enkripsi dan pencegahan hilangnya data.

Seluk-beluk Internet

Internet akan terus berkembang seiring waktu sehingga kamu perlu menyesuaikan aplikasi mobile yang kamu buat dengan perkembangan zaman. Contohnya, masyarakat kini lebih menyukai metode pembayaran online melalui aplikasi karena praktis dan tidak menghabiskan waktu.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan adanya fungsi tersebut.

4 Soft skill yang dibutuhkan oleh seorang Mobile Engineer

Selain memahami program-program yang digunakan untuk membangun aplikasi mobile, kamu juga membutuhkan soft skills sebagai berikut:

Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis yang dibutuhkan oleh pengembang aplikasi mobile tidak hanya sebatas bagaimana cara membuat aplikasi yang tepat guna, tapi juga jenis aplikasi apa yang diminati pengguna. Untuk itu, kamu harus dapat memahami bagaimana cara pengguna memanfaatkan aplikasinya.

Kreativitas

Setelah memahami minat pengguna, langkah selanjutnya adalah merancang ide aplikasi mobile yang tentunya harus user-friendly.
Kreativitas yang tinggi akan membantu seorang Mobile Engineer untuk mengembangkan aplikasi yang tidak hanya membantu kehidupan sehari-hari, tapi juga lebih unik dibandingkan pesaingnya.

Komunikasi

Seorang Mobile Engineer harus mampu memberikan instruksi kepada individu dan anggota tim, baik secara lisan maupun tulisan.
Selain itu, kamu juga harus dapat menjelaskan konsep aplikasi mobile yang dikembangkan dengan lugas menggunakan bahasa yang mudah dimengerti kepada anggota tim yang tidak terlibat secara teknis.

Pemecahan Masalah

Baik berbasis platform Android maupun iOS, aplikasi mobile tidak pernah terlepas dari masalah troubleshoot. Maka dari itu, kamu sebaiknya memahami betul bagaimana cara mengatasi jenis masalah ini agar tidak memengaruhi kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Berbagai skill di atas merupakan kemampuan dasar yang perlu dikuasai, tapi kesemuanya bukanlah batasan bagi kamu untuk mengembangkan diri lebih jauh lagi sebagai seorang Mobile Engineer.

Kamu bisa tetap mencari skills lainnya yang tidak kalah bermanfaat. Dengan begitu, kemampuan kamu dalam membangun aplikasi mobile yang canggih pun akan kian berkembang.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: pengembangan diri, karier, engineer, hard skills, skills set, mobile engineer

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang