Careers

9 barang wajib buat karyawan baru

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

karaywan_13.jpg

Apakah kamu fresh graduate yang sedang mempersiapkan masuk kerja? Mungkin kamu kebingungan menyiapkan barang-barang yang wajib dibawa sebagai karyawan baru. Apalagi tentunya pekerjaan pertama ini akan membuat kesan bagi kariermu, sehingga kamu tidak mau kan sampai bikin kesan negatif. Lalu, apa saja sih barang-barang wajib buat karyawan baru? (Baca juga: 6 alasan karyawan meninggalkan pekerjaan yang disukainya)

 

Pakaian formal karyawan

Hal yang satu ini wajib bagi pekerja baru. Karena nantinya, kesan pertama kamu di mata karyawan lain dan atasan, salah satunya dinilai dari penampilan. Jika bukan bekerja di bidang kratif yang mengizinkan berpakaian kasual, maka wajib bagimu untuk memiliki pakaian formal berupa kemeja dan sebagainya. Tak perlu membeli pakaian dan perlengkapan dengan harga mahal. Yang petning, kamu terlihat rapi dan profesional. (Baca juga: Mengapa karyawan terbaik akhirnya resign?)

 

Sepatu

Selain pakaian, sepatu yang kamu kenakan juga mempengaruhi penampilanmu. Pastikan kamu mengenakan sepatu yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Ada baiknya kamu memilih sepatu kulit agar terlihat profesional.

 

Smartphone

Di era teknologi ini, tentunya smartphone akan membantu dalam menunjang kebutuhan pekerjaan. Sebab, beberapa aplikasi smartphone seperti notes, Microsoft Office dan email akan sangat kamu butuhkan. Jadi, siapkan smartphone yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu. (Baca juga: Kenapa sih karyawan biasanya bencil HRD?)

 

Powerbank

Jika pekerjaan yang kamu tekni akan menuntut untuk sering bepergian, powerbank wajib dimiliki. Hal ini untuk mencegah kekhawatiran saat baterai ponselmu lemah. Atasan dan rekan kerja akan sulit menghubungi jika smartphone kamu tidak aktif, bukan?

 

Laptop atau tablet

Sebagian pekerjaan menuntut untuk senantiasa siaga kapan pun dan dimana pun. Nah, untuk mengantisipasi jika tiba-tiba atasan meminta kerja cepat, maka laptop, notebook maupun tablet akan sangat membantu. Jadi, ada baiknya kamu siapkan perangkat tersebut. Tanyakan dahulu kepada perusahaan tempatmu bekerja tentang ketersediaan perangkat ini bagi karyawan baru.

 

Tisu

Untuk mempermudah membersihkan diri selama di kantor, ada baiknya kamu membawa tisu. Bawalah tisu kering dan tisu basah berukuran kecil untuk di tas dan ukuran sedang atau besar, untuk diletakkan di meja kerja. Hal ini akan membuatmu tetap tampil bersih dan rapi.

 

Botol minum

Untuk berjaga-jaga saat tidak ada gelas yang bisa digunakan di kantor, ada baiknya membawa botol minum sendiri. Siapa tahu kamu juga harus bertugas di luar kantor. Tentunya akan lebih mudah jika kamu membawa botol minum sendiri.

 

Blazer

Tidak yakin dengan pakaian yang dikenakan oleh karyawan lain? Bawalah blazer untuk berjaga-jaga jika tampilan terlalu kasual. Ini juga bisa kamu gunakan untuk persiapan jika kamu perlu meeting di luar kantor.

 

Sisir

Rambutmu bisa berantakan setelah menempuh perjalanan menggunakan transportasi umum atau ojek. Siapkan sisir di tas supaya kamu bisa merapikan rambut terlebih dahulu sebelum bertemu rekan kerja di kantor.

Nah, dengan membawa barang-barang wajib ini, kamu akan tampil profesional layaknya pekerja senior. Selain itu, kamu juga akan siap siaga kapan pun dan di mana pun selama bekerja.

 

Sumber:
liputan6.com
genesishrsolutions.com
businessinsider.sg
 

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video