Published on

Careers

Aktivitas fresh graduate setelah lulus, kerja atau kuliah lagi ya?

Widyanto Gunadi

aktivitas_freshgrad.jpg

Kelulusan akan menjadi momen yang paling banyak ditunggu pastinya oleh mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Ada yang berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Namun, ada berbagai pilihan lain juga loh untuk Anda, fresh graduate!

Mendapatkan pekerjaan memang bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu, siapkan diri kamu dengan keahlian yang memadai. Simpan ijazah serta transkrip nilai dengan baik, dan bekali diri dengan keterampilan yang lebih! Kamu bisa melakukan lima aktivitas ini setelah lulus kuliah. 

Bergabung dengan talent marketplace

Saat ini, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyusun surat lamaran satu per satu untuk setiap perusahaan yang ingin dilamar. Jika bergabung dengan talent marketplace, kamu cukup mengisi satu aplikasi. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu panggilan interview dari sekian banyak perusahaan yang menginginkanmu. Menyenangkan ya, mencari kerja zaman sekarang? Kamu bisa mencobanya di EKRUT.

Magang

Magang bisa mengasah kemampuanmu, sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Dengan magang, kamu bisa melihat dan belajar dari para karyawan perusahaan. Selain menambah pengalaman kamu, kegiatan magang yang tercantum di CV, tentu akan menarik di mata perekrut.

Bekerja paruh waktu

Pilihan ini layak kamu coba, sembari menunggu kesempatan bekerja penuh waktu. Pekerjaan part-time bisa mendatangkan penghasilan bagi kamu. Selain menjalin networking dan meningkatkan keterampilan, bekerja paruh waktu sebenarnya merupakan investasi awal agar nilai jual kamu di mata perekrut meningkat.

Baca juga: Tips sukses kuliah sambil kerja

Ikut kursus

Tak jarang, mata kuliah di kampus hanya memaparkan teori. Bahkan bukan mustahil, jika jurusan kuliah kamu ternyata tak sesuai keinginan. Oleh karena itu, ini saatnya untuk mengikuti kursus atau pelatihan keterampilan yang sesuai dengan minat kamu. Ada baiknya mencari pelatihan yang menyediakan sertifikat setelah kamu selesai. Jadi, kamu bisa mencantumkannya dalam CV. Kursus bahasa asing bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kuliah lagi

Tak ada salahnya kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti program pascasarjana. Materi yang kamu pelajari selama perkuliahan S2 ini pasti akan menambah ilmu kamu sendiri.

 Selain itu, ijazah S2 yang kamu terima kelak, dapat menjadi pertimbangan lebih lanjut bagi perekrut untuk menawarkan posisi di perusahaan kepada kamu. Saat ini, sudah ada banyak perguruan tinggi swasta maupun negeri yang menawarkan beasiswa. Begitu pula dengan perbankan, yang memberikan opsi pinjaman untuk biaya kuliah.

Apa pun pilihan kamu setelah lulus dari bangku kuliah, yang penting tetap berpikir positif dan berusaha ya! 

Sumber:

  • tempo.co
  • themuse.com
  • fortune.com
  • forbes.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Bootcamp.jpg

    Careers

    Bootcamp: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Bedanya dengan Kuliah

    Algonz D.B. Raharja

    30 June 2022
    5 min read
    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    H1_customer_onboarding_adalah.jpg

    Careers

    Customer Onboarding: Definisi, Manfaat, Matriks Penting, dan Panduan Melakukanya

    Alvina Vivian

    28 June 2022
    5 min read

    Video