Careers

6 Tips sukses kuliah sambil kerja

Published on
Min read
3 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

tips-kuliah-sambil-kerja---EKRUT.jpg

Saat ini sudah banyak mahasiswa yang juga bekerja. Kamu mungkin salah satunya. Namun, tidak jarang juga beberapa keluhan terdengar karena aktivitas bekerja cukup menyita waktu belajar atau mengerjakan tugas kuliah. Supaya kedua aktivitas ini bisa berjalan beriringan, ada cara-cara mudah yang bisa kamu terapkan. Berikut ini tips kuliah sambil kerja biar keduanya bisa berjalan lancar.

Baca juga: 3000 Mahasiswa ikuti program Bangkit dari Google dan Kemendikbud

1. Tetapkan prioritas

tips kuliah sambil kerja,- EKRUT
Menentukan prioritas akan membantumu menjalankan dua rutinitas kuliah dan kerja - EKRUT

Hal yang pertama perlu kamu lakukan adalah menetapkan skala prioritas. Mana yang lebih penting, pekerjaan atau kuliah? Setiap orang pasti memiliki prioritas masing-masing, termasuk kamu. Namun, jika bekerja dengan jam kantor pada umumnya, kamu bisa memprioritaskan pekerjaan. Jadi, kamu bisa memilih kuliah Sabtu-Minggu. Sementara itu, jika kuliah dengan jam reguler, apalagi di universitas negeri, maka kamu harus menyesuaikan jam bekerja. Tujuannya, tentu saja agar kuliah dan kerja kamu berjalan lancar.

2. Komunikasi dengan perusahaan

tips kuliah sambil kerja - EKRUT
Pastikan atasanmu tahu bahwa kamu tengah menjalankan rutinitas kuliah sambil kerja - EKRUT

Ketika bekerja sambil kuliah, pastikan perusahaan mengetahui hal tersebut. Sebab, jika kamu harus  mengikuti UTS, UAS, maupun berbagai bimbingan dan sidang skripsi, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk memberi dispensasi. Semoga kamu tidak perlu cuti atau malah bolos yang akhirnya membuat gaji terpotong, jika sejak awal terlah membuat kesepakatan dengan perusahaan.

3. Atur waktu

tips kuliah sambil kerja - EKRUT
Buatlah jadwal untuk mengatur kesibukanmu - EKRUT

Ketika memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai jadwal kuliah bentrok dengan pekerjaan. Selain itu, selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor. Sehingga, kamu tetap bisa memiliki waktu setiap hari untuk menyelesaikan tugas-tugas kampus.

Baca juga: Meningkatkan produktivitas kerja dengan deretan tools ini

4. Pertahankan nilai kuliah


tips kuliah sambil kerja - EKRUT
Kerjakan semua tugas kuliah tepat waktu - EKRUT

Meski sembari bekerja, pastikan nilai kamu di kampus tidak bermasalah. Ikuti semua kuis dan kumpulkan setiap tugas dari dosen. Jangan sampai terlambat mengumpulkan, maupun terlambat mengikuti ujian. Sebab, jika nilai kamu bermasalah, maka kuliah kamu bisa molor. Akibatnya, semakin lama lulus, bukan? Jika kamu tidak kunjung lulus, biaya buat kuliah juga bakal membengkak.

5. Jaga performa di kantor

tips kuliah sambil kerja - EKRUT
Pastikan pekerjaan tidak terganggu karena rutinitas kuliahmu - EKRUT

Tanggung jawab kamu sebagai pekerja dan mahasiswa pasti berlipat. Namun, jangan sampai hal ini mengganggu kinerja dan kesehatan kamu, ya. Selesaikan setiap pekerjaan dari kantor dengan baik. Sebisa mungkin, jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah.

6. Ambil istirahat bila benar-benar membutuhkan

tips kuliah sambil kerja  - EKRUT
Sediakan waktu untuk beristirahat agar kamu tetap fokus  menjalani dua rutinitas kerja dan kuliah - EKRUT

Saat kuliah sambil kerja kamu pasti berusaha menggunakan setiap waktu dengan seefisien mungkin. Meski begitu ada saat-saat ketika menyeimbangkan kuliah dan kerja membuatmu merasa stres. Ketika kamu menghadapi hal ini, tidak ada salahnya luangkan waktu untuk beristirahat. Kamu bisa mengambil cuti dari kantor dan menggunakannya untuk berolahraga atau beristirahat. Gunakan waktu itu untuk mengembalikan kesegaran dan fokus sebagai bekal melanjutkan kuliah dan kerja di saat bersamaan.

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

Jadi, buat kamu yang sedang kerja sambil kuliah, pertimbangkan hal-hal tersebut ya. Tips di atas juga pastinya berlaku buat kamu yang berencana mulai kuliah lagi, sembari bekerja.

kuliah sambil kerja - EKRUT

Sumber:

  • liputan6.com
  • cermati.com
  • skillsyouneed.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video