Published on

Technology

Amazon EMR dan 6 keunggulan yang dimilikinya

Tsalis Annisa

amazon-emr-EKRUT.jpg

Amazon EMR adalah platform yang menyederhanakan berbagai kerangka kerja serta penggunaan big data seperti pada Apache Hadoop, dan Apache Spark. Platform ini menangani data dalam jumlah yang amat besar sehingga pengguna dapat memproses data untuk keperluan analisis dan kebutuhan bisnis.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Amazon EMR untuk mengubah dan memindahkan data dalam jumlah besar, baik ke dalam ataupun ke luar database serta penyimpanan data lain pada Amazon Web Services (AWS). Tempat penyimpanan data tersebut misalnya Amazon Simple Storage Service dan Amazon DynamoDB.

Keuntungan menggunakan Amazon EMR

Tidak hanya sekadar mengelola data, ada sejumlah keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh pengguna melalui Amazon EMR. Berikut di antaranya.

1. Hemat biaya

Tarif Amazon EMR bergantung pada tipe dan nomor EC2 dari instans yang menggunakannya. Penawaran harga Amazon EMR berdasarkan permintaan biasanya cukup terjangkau, tapi pengguna bisa lebih memangkas pengeluaran dengan membeli Reserved Instances atau Spot Instances.

Penentuan tarif Amazon EMR cukup sederhana. Cukup membayar tarif untuk setiap detik pemakaian, dengan pembayaran minimum untuk satu menit. Tarif untuk satu jam disesuaikan dengan tipe instans yang digunakan, misalnya CPU standar, penyimpanan tinggi, memori tinggi, dan sebagainya. Tarifnya berkisar antara 0,011-0,27 dolar per jam.

2. Mudah dipasang

Setelah pemasangan komponen awal berupa klaster, Amazon EMR melakukan konfigurasi instans dengan jenis aplikasi yang dipilih. Aplikasi ini dapat berupa Apache Hadoop atau Spark.

Kemudian, sesuaikan tipe dan ukuran instans dengan kebutuhan klaster, misalnya batch prosessing, data untuk streaming, atau penyimpanan data dalam jumlah besar.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan saat konfigurasi software pada klaster. Sebagai contoh, pengguna dapat memasang Amazon EMR dengan sejumlah set aplikasi seperti Hadoop, Hive, Pig, atau Spark. Pemasangan software juga dapat dilakukan secara manual melalui package manager karena Amazon EMR menggunakan Amazon Linux.

3. Terintegrasi dengan Amazon Web Services (AWS)

Amazon EMR terintegrasi dengan layanan AWS lainnya guna meningkatkan kapabilitas dan fungsi yang berkaitan dengan jaringan, keamanan, penyimpanan, dan sebagainya untuk klaster terkait. Beberapa contoh integrasi tersebut misalnya:

  • Amazon Virtual Private Cloud (Amazon VPC) untuk konfigurasi jaringan virtual tempat menjalankan instans

  • Amazon S3 untuk menyimpan dan mengeluarkan data

  • AWS Identity and Access Management (IAM) untuk perizinan konfigurasi

  • AWS Data Pipeline untuk menjadwalkan dan memulai klaster

  • AWS CloudTrail untuk mengaudit permintaan terhadap layanan AWS

4. Fleksibel

Pengguna Amazon EMR memiliki kemudahan untuk meningkatkan ataupun menurunkan klaster mengikuti kebutuhan. Tidak hanya itu, Amazon EMR juga menyediakan fitur untuk menjalankan beberapa instans secara bersamaan agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat dengan biaya yang lebih sedikit.

Selain kedua manfaat tersebut, pengguna juga dapat memanfaatkan beberapa sistem berkas untuk input, output, maupun mengolah data. Dengan integrasi bersama Amazon S3, pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan penyimpanan serta mengatur klaster yang terlibat.

5. Pengguna memiliki kendali penuh

Amazon EMR mengawasi node-node dalam klaster dan dapat menghapus (terminasi) instans yang mengalami kegagalan. Konfigurasinya dapat dilakukan dengan cara, yaitu secara otomatis maupun manual. Terminasi dapat dilakukan kapan saja saat klaster tidak lagi dibutuhkan.

Sebaliknya, pengguna juga dapat melakukan konfigurasi untuk melindungi klaster dari terminasi akibat error atau kesalahan selama processing. Jika fungsi ini diaktifkan, maka data-data di dalamnya dapat dipulihkan sebelum terminasi terjadi.

6. Aman

Integrasi antara EMR dengan layanan AWS lainnya bermanfaat agar data-data dan klaster di dalamnya lebih aman. Misalnya, AWS Identity and Access Management (IAM) mengatur perizinan mengenai akses dan tindakan yang dapat dilakukan terhadap klaster pada EMR.

Contoh lainnya, Amazon EMR turut mendukung enkripsi Amazon S3 server-side dan client-side untuk membantu melindungi data yang tersimpan dalam Amazon S3. Amazon S3 akan langsung mengenkripsi data begitu data selesai diunggah ke server.

Amazon EMR menyediakan berbagai fitur dalam pengelolaan big data. Ini merupakan keunggulan yang penting, mengingat berbagai jenis perusahaan kini menggunakan big data untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dengan Amazon EMR, perusahaan dapat memproses data tanpa perlu menghabiskan banyak waktu.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • amazon.com

Tags

Share