Published on

Careers

Ini dia 6 pekerjaan big data yang paling banyak dicari

Tsalis Annisa

big-data-EKRUT.jpg

Indonesia kini telah memasuki masa revolusi industri 4.0 yang membuat data menjadi elemen terpenting di dalamnya. Hal ini berimbas pada bidang big data yang semakin diminati dan menjadi tren untuk dipelajari.

Tidak heran kini banyak terbuka lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan big data. Oleh karena itu juga, peminat dan pelamarnya terus bertambah kian harinya.

Lalu, ingin tahu kira-kira apa saja pekerjaan big data yang paling dicari? Mari simak 6 jenis profesinya di artikel berikut!

1. Data Scientist

big data EKRUT 
Data scientist jadi salah satu profesi big data yang bisa kamu pilih-EKRUT

Kini, bertebaran pos/isi dan kesempatan untuk ahli IT yang mampu mengumpulkan dan menafsirkan data kompleks bagi perusahaan. Profesi ini menuntut yang menggelutinya untuk mampu menyusun dan membuat berbagai model data statistik.

Seorang Data Scientist harus dapat menginformasikan rekomendasi pengembangan dan perencanaan aksi yang akan diterapkan untuk memperbaiki sistem perusahaan.

Tidak hanya itu, profesi ini juga akan menuntut kamu untuk menganalisis data dan menyajikannya pada divisi bisnis untuk membantu membuat keputusan bisnis yang tepat.

Siapapun yang tertarik pada posisi ini harus mampu berpikir secara analitis, memiliki kemampuan teknis yang baik, dan paham dengan baik dunia bisnis.

Umumnya, gelar master atau latar belakang pendidikan S2 teknologi informasi merupakan kualifikasi utama dari profesi ini.

Baca juga: Apa bedanya Data Scientist dan Data Analyst?

2. Data Analyst

big data - EKRUT 
Data Engineer merupakan salah satu pekerjaan big data yang menjadi mediator Data Scientist dan divisi bisnis - EKRUT

Profesi ini bertugas mengumpulkan informasi dari beragam topik untuk ditindaklanjuti. Pekerjaannya akan menuntut seorang Data Analyst untuk merancang dan menerapkan survei pada skala besar.

Jadi, profesi ini akan melibatkan kemampuan untuk merekrut peserta survei, lalu mengumpulkan dan menafsirkan data yang dikirimkan, dan mampu menyampaikan data temuan dalam bagan dan berbentuk laporan baik dalam model konvensional maupun format digital.

Seorang Data Analyst harus memiliki pengetahuan yang luas, ahli dalam mengoperasikan program-program komputer seperti Microsoft Excel, Microsoft Acces, Sharepoint, dan database SQL.

Selain itu, profesi ini juga menuntut kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik. Menjadi Data Analyst berarti kamu harus mampu menerjemahkan informasi dan data serumit apapun dengan cara yang efektif dan mudah dimengerti.

Profesi ini juga dikenal dengan julukan Si Pemecah Masalah yang bekerja dengan menganalisis data sistem, mengotomasinya, serta membagikan informasi yang diterima.

3. Data Engineer

big data EKRUT 
Data engineer adalah mediator antara divisi bisnis dan data scientist-EKRUT

Seorang Data Engineer adalah mediator antara divisi bisnis dan Data Scientists. Profesi ini bekerja dengan memastikan bahwa Data Scientist mengerti apa yang menjadi tujuan utama perusahaan sehingga mereka dapat mencari data yang sesuai dan obyektif.

Selain itu, Data Engineer juga perlu membantu tim engineering untuk memproses data yang sesuai dengan tujuan bisnis. Para Data Engineer umumnya juga mengolah beragam data mentah dan mengevaluasi beragam sumber data yang ada.

Bagi orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta dapat menyeimbangkan antara pengetahuan bisnis dan teknis, posisi ini adalah pilihan tepat.

Baca juga: Ini perbedaan Data Engineer dan Data Scientist

4. Database Manager

big data EKRUT
Untuk menjadi Data Manager setidaknya kamu harus memiliki kemampuan project management-EKRUT

Jika kamu tertarik menjadi seorang Database Manager, maka kamu perlu menguasai kemampuan project management dan mampu bekerja multitasking. Menggeluti profesi ini akan membuat kamu menjalankan diagnosis dan perbaikan database.

Bahkan, jika ada permintaan dalam penggunaan data, seorang Database Manager bertugas untuk meninjau hal tersebut, dan juga mengevaluasi sumber data yang akan diberikan. Tidak hanya itu, Database Manager juga perlu membantu merancang dan menginstal media penyimpanan hardware.

Lowongan pekerjaan untuk posisi ini umumnya mensyaratkan latar belakang pendidikan sarjana teknologi informasi dengan pengalaman minimal 5 tahun berkecimpung di posisi database.

Jika ingin menjadi kandidat untuk posisi ini, kamu juga perlu familiar dan menguasai software database seperti MySQL dan Oracle.

5. Data Architect

big data EKRUT
Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Data Arsitek salah satunya kemahiran SQL dan XML- EKRUT

Data Arsitek menggunakan pengetahuan mereka untuk mengatur dan memelihara data dalam database relasional dan repositori perusahaan, mengembangkan strategi arsitektur data untuk setiap area subjek dari model data perusahaan. 

Kemampuan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi ini adalah kemahiran teknis tingkal lanjut terutama SQL dan XML, pemecahan masalah, visualisasi kreatif dan orientasi detail. 

Sebagian besar mereka yang memiliki profesi sebagai Data Arsitektur berasal dari pendidikan sarjana ilmu komputer.

Baca juga: Yuk, kenali Spark SQL dan kegunaannya di sini!

6. Database Administrator

big data EKRUT
Databaes Administrator mengatur database perusahaan - EKRUT

Profesi ini juga sedang meroket kebutuhannya, sebab seorang Database Administrator bekerja tiap harinya mengatur database perusahaan.

Hal ini termasuk mengatasi perubahan dan modifikasi yang terjadi pada database serta menjaga database untuk tetap stabil dan memiliki backup.

Jika kamu adalah seseorang yang sangat memperhatikan detail dan senang bekerja dengan tim untuk menjaga database bekerja dengan baik, profesi ini sangat cocok untukmu.

Jadi, itulah keenam pekerjaan big data yang saat ini sedang sangat dibutuhkan dan banyak dicari perusahaan. Jika kamu berminat menjadi salah satunya, jangan lupa untuk kuasai dan penuhi kualifikasi utama yang telah disebutkan masing-masing poin, ya.

Selain itu, daftarkan juga dirimu di situs talent marketplace agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan seperti di atas tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Cukup dengan mendaftarkan dirimu dengan menggunakan akun LinkedIn, maka perusahaan dengan pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu akan menghampirimu. Mudah, kan?

Semoga berhasi!

big data EKRUT
 Last update 10 Mei 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share