Published on

Careers

Analisis SWOT: pengertian, contoh, dan cara menggunakannya

Maria Tri Handayani

Analisis-SWOT-adalah---EKRUT.jpg

Analisis SWOT banyak digunakan untuk membantu perencanaan strategi dalam sebuah proyek atau perusahaan pada umumnya di berbagai industri. 

Agar kamu semakin mengerti, perhatikan ulasan mengenai analisis SWOT dan cara menggunakannya berikut ini. 

Apa itu analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah - EKRUT
Dengan analisis SWOT kamu bisa merancang strategi yang dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko gagal - EKRUT

Analisis SWOT adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). 

Teknik ini biasanya diterapkan di dalam seluruh perusahaan atau organisasi secara umum, maupun dalam proyek-proyek tertentu. 

Di tingkat organisasi, analisis SWOT dapat digunakan untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan beserta tolak ukur keberhasilannya. Sementara dalam proyek, analisis SWOT dapat digunakan untuk memastikan seberapa baik kinerja sebuah proyek berdasarkan proyeksi di awal.  

Beberapa contoh lain skenario penggunaan analisis SWOT adalah ketika membuat perencanaan fitur atau produk baru, perumusan strategi media sosial atau online advertising.

Dengan menganalisa faktor-faktor dalam analisis SWOT, maka kamu bisa merancang strategi yang dapat memaksimalkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 
Kamu juga dapat mengurangi kemungkinan gagal karena kelemahan maupun potensi ancaman yang mungkin tidak disadari sebelumnya. 

Elemen dalam analisis SWOT

Analisis SWOT adalah - EKRUT
Analisis SWOT menganalisis faktor eksternal dan internal dalam proyek atau perusahaan - EKRUT

Pada dasarnya analisis SWOT fokus pada empat elemen atau faktor, yaitu:

  • Strengths

Elemen strengths merujuk pada kelebihan atau hal-hal yang sudah berhasil dilakukan oleh perusahaan atau proyek kamu. Ini bisa berupa sesuatu yang tidak berwujud seperti atribut brand perusahaan, unique selling proposition dari produk, atau aset teknologi dan sumber daya manusia yang dimiliki. 

  • Weaknesses 

Weaknesses atau kelemahan merujuk pada hal-hal yang menghambat bisnis atau proyek kamu. Contohnya keterbatasan keuangan atau kekurangan SDM terampil.

  • Opportunities

Opportunities dalam analisis SWOT adalah peluang yang muncul di luar perusahaan atau proyek kamu dan dapat digunakan untuk membuat perbedaan pada kemampuan kamu bersaing. Peluang tersebut mungkin muncul sebagai perkembangan pasar atau dalam teknologi yang digunakan.

  • Threats

Elemen terakhir pada analisis SWOT adalah threats atau ancaman. Seperti namanya, elemen ini merujuk pada segala sesuatu yang menimbulkan risiko bagi perusahaan atau keberhasilan sebuah proyek. Misalnya pesaing baru, perubahan dalam aturan undang-undang, dan lain-lain. 

Tadi adalah empat elemen yang umum ada pada analisis SWOT. Namun, perlu diketahui bahwa terkadang elemen ini juga dapat dipecah ke dalam dua sub kelompok yang berbeda yaitu internal dan eksternal. 

Strengths dan weaknesses masuk dalam faktor internal karena merupakan berada dalam kendali perusahaan atau tim kamu. Sementara opportunities dan threats adalah faktor eksternal karena ada pengaruh di luar kendali kamu. 

Baca juga: 6 Strategi dan contoh analisis pesaing dalam marketing

Cara menggunakan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah - EKRUT
Lakukan brainstorming untuk mengindentifikasi setiap faktor yang dihadapi dalam proyek maupun pertumbuhan perusahaan - EKRUT

Setelah mendapat gambaran mengenai analisisi SWOT, berikut langkah-langkah selengkapnya yang bisa kamu coba saat menerapkan teknik analisis tersebut. 

1. Buat visualisasi diagram atau matrik analisis SWOT 

Langkah pertama dalam melakukan analisis SWOT adalah dengan membuat diagram SWOT berbentuk kotak yang dibagi ke dalam empat bagian dengan setiap kotak diberi label berdasarkan elemen dalam analisis SWOT tadi. Tempatkan strengths dan weaknesses di baris atas, sementara opportunities dan threats di baris bawah. 

2. Siapkan tujuan

Sebelum mulai melakukan analisis, kamu perlu menentukan tujuan yang jelas sebelumnya. Identifikasi strategi apa yang ingin kamu kembangkan lalu gunakan itu untuk menentukan tujuan.

3. Lakukan brainstorming

Kumpulkan tim untuk melakukan brainstorming sebelum melakukan analisis SWOT dengan orang atau perwakilan tim terkait. Melakukan sesi brainstorming akan membantu kamu menemukan daftar dalam setiap elemen SWOT yang harus dianalisis. 

4. Turunkan ke dalam empat elemen SWOT 

Setelah menentukan tujuan analisis SWOT dan mengumpulkan masukan dari tim sekarang kamu bisa mulai melakukan analisis SWOT ke dalam empat komponen yang sudah kamu buat dalam diagram tadi. 

Terdapat beberapa pertanyaan yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk mengidentifikasi setiap komponen. Berikut beberapa contohnya. 

Strengths

  • Fitur mana dari produk kamu yang beresenonsi dengan target audiens?
  • Apa yang membedakan kamu dari pesaing?
  • Apakah cadangan kas cukup untuk menjaga bisnis tetap berjalan?
  • Apa USP kamu?

Weaknessess

  • Apakah pelanggan sudah puas dengan produk kamu?
  • Apakah pelanggan sudah memahami brand kamu?
  • Apakah tujuan bisnis kamu sudah jelas?
  • Apakah ada area bisnis yang perlu ditingkatkan?
  • Apa hambatan yang menghalangi kamu mencapai tujuan? 

Opportunities 

  • Apakah ada permintaan baru di pasar yang belum terpenuhi?
  • Adakah sumber daya lain yang bisa dimanfaatkan?
  • Adakah tren baru yang belum kamu manfaatkan?
  • Adakah peluang bagi kamu untuk berkembang?

Threats

  • Keunggulan apa yang dimiliki pesaing dan tidak kamu miliki?
  • Apakah supplier kamu tidak dapat diandalkan?
  • Apakah ada perubahan ekonomi dalam waktu dekat yang bisa berdampak negatif pada bisnis?

5. Susun strategi 

Setelah memetakan dan mengidentifikasi masing-masing kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap perusahaan atau proyek yang kamu hadapi, sekarang tinggal waktunya kamu menganalisis semua komponen tadi dan menyusun strategi. 

Manfaatkan hal-hal dalam bagian strengths untuk menghilangkan kelemahan. Misal, jika kekuatan kamu adalah memiliki reputasi baik di kalangan konsumen dewasa sementara kelemahan dalam strategi pemasaran kamu selama ini adalah kurang bisa menarik anak muda, maka kamu harus mengambil langkah untuk meningkatkan daya tarik misalnya dengan mendorong konsumen dewasa tadi untuk menyebarkan berita di antara anak-anak mereka. 

Manfaatkan pula peluang untuk menetralisir potensi ancaman. Misalnya, jika menggunakan teknologi tertentu membantu kamu unggul dibanding bisnis lain, pertimbangkan untuk menyewa tenaga ahli yang relevan untuk mewujudkannya. Ini bisa membantu kamu mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh pesaing yang sedang berusaha meningkatkan pangsa pasar mereka

daftar EKRUT

Contoh analisis SWOT 

Analisis SWOT adalah - EKRUT
Minimalkan risiko kegagalan dalam strategi yang dirancang dengan analisis SWOT - EKRUT

Untuk membantu kamu mendapatkan pemahaman lebih baik tentang konsep tersebut, berikut contoh analisis SWOT yang bisa kamu perhatikan. 

Contoh skenario: 

Ezra adalah CEO di perusahan startup konsultan kecil dan ingin mendapatkan gambaran jelas tentang situasi perusahaannya saat ini untuk memutuskan strategi pertumbuhan di masa depan. Dia mengumpulkan timnya dan menyusun analisis SWOT yang ditunjukkan pada gambar berikut. 

analisis swot adalah - EKRUT

Dari hasil analisis, Ezra memutuskan bahwa kekutan utama perusahaannya terletak pada keahlian teknis dan biaya operasional yang rendah. Ini memungkinkannya untuk menawarkan layanan pelanggan ke basis klien yang relatif kecil. 

Sementara itu melihat kelemahan perusahaannya, Ezra memutuskan perlu adanya investasi dalam pelatihan untuk meningkatkan basis keterampilan stafnya. Dia juga harus fokus pada strategi retensi agar tidak kehilangan anggota tim inti. 

Ezra juga melihat adanya peluang dalam menawarkan layanan yang cepat tanggap dan bernilai untuk bisnis lokal dan organisasi peerintahan lokal. Meski begitu Ezra menyadari bahwa adanya ancaman yang mengharuskannya untuk tetap up to date dengan perubahan teknologi.

Ia harus mengawasi pesaing terbesarnya. Untuk mengatasi hal itu bisnis perlu memfokuskan pemasarannya pada website industri tertentu untuk mendapatkan kehadiran pasar sebesar mungkin dengan anggaran iklan yang kecil.

Baca juga: Mengenal peran sentiment analysis beserta cara kerjanya

Dengan memahami analisis SWOT beserta cara menggunakannya, sekarang kamu bisa menerapkannya terutama pada saat menganalisa strategi yang dapat memberikan hasil terbaik pada proyek maupun pertumbuhan perusahaan dan bisnis kamu ke depannya. 

analisis swot adalah - EKRUT
Last update: 25 April 2021

Sumber:

  • mindtools.com
  • wordstream.com
  • oberlo.com

Tags

Share