Published on

jobs

Mengenal peran sentiment analysis beserta cara kerjanya

Tsalis Annisa

sentiment-analysis-adalah-EKRUT.jpg

Sentiment analysis adalah proses penggunaan text analytics untuk mendapatkan berbagai sumber data dari internet dan beragam platform media sosial. Tujuannya adalah untuk memperoleh opini dari pengguna yang terdapat pada platform tersebut.

Setiap hari, internet dibanjiri oleh miliaran data dari berbagai sumber. Sentiment analysis berperan sebagai alat yang dapat menghubungkan seluruh data tersebut. Dengan begitu, perusahaan dapat memperoleh masukan inti dari pengguna atau konsumen secara efisien.

Sentiment analysis dan peran pentingnya

sentiment analysis adalah - EKRUT
Dengan sentiment analysis kamu dapat mengetahui opini publik tentang brand kamu - EKRUT

Sentiment analysis merupakan salah satu bidang dari Natural Languange Processing (NLP) yang membangun sistem untuk mengenali dan mengekstraksi opini dalam bentuk teks.

Informasi berbentuk teks saat ini banyak terdapat di internet dalam format forum, blog, media sosial, serta situs berisi review. Dengan bantuan sentiment analysis, informasi yang tadinya tidak terstruktur dapat diubah menjadi data yang lebih terstruktur.

Data tersebut dapat menjelaskan opini masyarakat mengenai produk, merek, layanan, politik, atau topik lainnya. Perusahaan, pemerintah, maupun bidang lainnya kemudian memanfaatkan data-data tersebut untuk membuat analisis marketing, review produk, umpan-balik produk, dan layanan masyarakat.

Guna menghasilkan opini yang dibutuhkan, sentiment analysis tidak hanya harus bisa mengenali opini dari teks. Proses yang juga disebut sebagai opini mining ini juga perlu bekerja dengan mengenali tiga aspek berikut: 

  • Subjek: topik apa yang sedang dibicarakan.
  • Polaritas: apakah opini yang diberikan bersifat positif atau negatif.
  • Pemegang opini: seseorang yang mengeluarkan opini tersebut.

Sentiment analysis kemudian akan membedakan teks menjadi dua kategori, yakni fakta dan opini. Fakta merupakan ekspresi objetif mengenai sesuatu. Sementara opini adalah ekpresi subjektif yang menggambarkan sentimen, perasaan, maupun penghargaan terhadap suatu hal.

Baca juga: Kenali macam-macam metode analisis data di sini

Tipe-tipe sentiment analysis

sentiment analysis adalah - EKRUT
Dengan memanfaat sentiment analysis kamu dapat mengidentifikasi niat hingga respon pengguna - EKRUT

Ada beragam jenis analisis sentimen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi respon pengguna. Mulai untuk melihat polaritas pendapat hingga mengindentifikasi niat pengguna. Beberapa tipe sentiment analysis itu antara lain: 

1. Fine-Grained Sentiment Analysis 

Analisis sentimen yang satu ini merupakan salah satu jenis yang paling umum. Fokusnya ada pada tingkat polaritas pendapat.

Tipe analisis sentimen ini akan mengelompokkan respon atau pendapat ke dalam beberapa kategori seperti sangat positif, agak positif, netral, agak negatif, dan negatif. 

2. Intent Sentiment Analysis 

Tipe sentiment analysis berikut bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggali lebih dalam motivasi  di balik pesan pengguna untuk melihat apakah itu termasuk keluhan, saran, pendapat, pertanyaan atau justru penghargaan terhadap produk atau layananmu. 

3. Aspect - Based Sentiment Analysis

Pada tipe analisis sentimen ini kamu dapat berfokus pada elemen-elemen yang lebih spesifik dari produk atau layanan kamu. 

Analisis sentimen berbasis aspek ini juga memungkinkanmu menghubungkan sentimen spesifik dengan berbagai aspek produk atau layananmu. 

Cara kerja sentiment analysis 

sentiment analysis adalah - EKRUT
Klasifikasi, visualisasi, dan evaluasi adalah tiga cara kerja sentiment analysis dalam mengambil data - EKRUT

Cara kerja sentiment analysis dalam mengambil data dapat dibagi menjadi tiga langkah, yakni klasifikasi, evaluasi, dan visualisasi hasil.

1. Klasifikasi 

Pertama, mesin perlu mengklasifikasikan data yang dinilai sebagai opini dari sebuah teks. Ada tiga klasifikasi dalam metode analisis sentimen yang dapat dilakukan, yakni:

  • Machine learning: fitur-fitur di dalamnya dapat mengenali sentimen (sudut pandang seseorang) dalam sebuah teks. Metode machine learning kini semakin bertambah populer karena dapat dinilai representatif.
  • Lexicon-based: menggunakan berbagai kata yang dinilai dengan skor polaritas untuk mengetahui tanggapan masyarakat/pengguna/konsumen mengenai suatu topik. Keunggulannya adalah tidak memerlukan data pelatihan, tapi kelemahannya adalah banyak kata yang belum termuat dalam leksikon.
  • Campuran: menggabungkan metode machine learning dan leksikon. Kendati jarang digunakan, metode ini biasanya memberikan hasil yang lebih menjanjikan.

EKRUT contest - EKRUT

2. Evaluasi

Setelah data terklasifikasi,metode analisis sentimen berikutnya adalah menggunakan metrik evaluasi seperti Precision, Recall, F-score, dan Accuracy. Proses ini juga melibatkan pengukuran rata-rata seperti makro, mikro, dan skor F1 tertimbang untuk menangani data yang masuk ke dalam dua klasifikasi atau lebih.

Metrik yang digunakan didasarkan pada keseimbangan klasifikasi set data. Secara umum, skemanya adalah sebagai berikut: tinjauan set data, pre-processing, tokenizer, penghapusan stopwords, transformasi, klasifikasi, dan evaluasi. 

3. Visualisasi data 

Langkah selanjutnya dalam metode analisis sentimen adalah visualisasi data. Visualisasi data dilakukan menggunakan bagan sesuai kebutuhan perusahaan atau siapa saja yang memanfaatkan data-data ini. Sebagian besar orang biasanya menggunakan teknik yang sudah dikenal, seperti grafik, histogram, atau matriks. 

Namun, hasil akhir dari sentiment analysis bisa sangat bervariasi. Data yang ada dapat muncul disertai domain lain yang terlibat. Karena itulah, teknik visualisasi data berupa wordcloud, peta interaktif, dan gaya sparkline juga cukup efektif untuk menampilkan hasil analisis.

Baca juga: 5 Buku visualisasi data terbaik dari level pemula hingga profesional

Tools sentiment analysis

sentiment analysis adalah - EKRUT
Dengan menggunakan tools kamu bisa melihat sentimen terhadap brand kamu - EKRUT

Ada beberapa tools yang dapat kamu gunakan saat menjalankan sentiment analysis terhadap brand. 

1. Awario 

Awario adalah tools analisis dan monitoring media sosial. Tools ini mencakup semua jaringan media sosial, berita, blog, forum dan situs. Terdapat fitur sentiment analyis di dalamnya yang dapat menunjukkan bagaimana sentimen terhadap brand dari waktu ke waktu. 

2. Brandwatch 

Brandwatch adalah tools analitik dan monitoring media sosial lainnya yang dapat digunakan untuk sentiment analysis. Tools ini menganlisa sentimen terhadap brand untuk menunjukkan tren yang ada.

Selain itu tools ini juga memiliki fitur "image insight" yang dapat mengidentifikasi gambar logo brand kamu dengan cara yang sama dengan topik yang dapat dikaitkan dengan nama brand kamu. Sehingga kamu dapat menemukan gambar di situs-situs yang menyertakan logo brand kamu. 

3.  Lexalytics 

Lealytics menawarkan tools analisis teks yang berfokus untuk menjelaskan mengapa pelanggan merespon bisnis kamu dengan cara tertentu. Tools ini dapat menjalankan sentiment analysis untuk menentukan maksud di balik pesan pelanggan. 

4. Social mentions 

Tools analisa media sosial yang dapat digunakan secara gratis. Social mentions dapat digunakan untuk menarik data tentang kata kunci kamu dari setiap situs media sosial dan mengompilasikannya ke dalam ringkasan yang komprehensif.

Dari ringkasan ini kamu dapat mengetahui rasio orang yang berbicara positif tentang kata kunci kamu maupun sebaliknya. Kamu dapat menggunakan tools ini untuk mendapat ringkasan singkat tentang reputasi media sosial kamu. 

Sentiment analysis adalah metode untuk memperoleh data dari berbagai platform yang tersedia di internet. Kemajuan teknologi memungkinkan mesin untuk mengenali suatu istilah yang dianggap sebagai opini positif maupun sebaliknya.

Data-data dan opini tersebut berperan penting sebagai umpan balik produk, layanan, dan topik lainnya. Tanpa perlu memperoleh opini secara langsung dari masyarakat, pihak penyedia telah mendapatkan evaluasi yang penting guna mengembangkan diri.

EKRUT

Last updated: 1 Agustus 2020

Sumber:

  • monkeylearn.com
  • kdnuggets.com
  • ibm.com
  • keyhole.com
  • socialmediatoday.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    belajar_golang_ekrut.jpg

    Careers

    5 Tips Belajar Golang untuk Pemula beserta Rekomendasi Online Course Terbaiknya

    Tsalis Annisa

    10 June 2022
    5 min read
    H1_Cara_Efektif_Belajar_Data_Science.jpg

    Technology

    7 Cara Efektif Belajar Data Science beserta Online Course Terbaiknya

    Natasya Primatyassari

    09 June 2022
    5 min read
    data_architect_ekrut.jpg

    Careers

    4 Cara Memulai Karier Data Architect beserta Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Tsalis Annisa

    03 June 2022
    5 min read

    Video