Published on

Careers

Apa saja tugas seorang Android Developer? Pahami di sini

Nur Rosita Dewi

tugas-seorang-android-developer-EKRUT.jpg

Pada masa serba canggih ini, talent dengan kemampuan teknologi semakin banyak dicari. Salah satunya adalah Android Developer.

Lalu, apa itu Android Developer? Jika kamu sedang mencari atau ingin menjadi seorang Android Developer, maka kamu perlu tahu informasi lengkap seputar profesi ini. 

Mengenal profesi Android Developer

android adalah - EKRUT
Android Developer yang kerap dicari adalah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan software developing - EKRUT

Android Developer adalah seorang Software Developer yang ahli dalam merancang aplikasi untuk pasar Android. Seorang Android Developer bisa bekerja sendiri atau bekerja dalam perusahaan besar. Mereka juga dapat dipekerjakan oleh agen App Development.

Saat mencari Android Developer, perusahaan cenderung mencari seseorang dengan latar belakang pendidikan pengembangan perangkat lunak atau bidang yang berhubungan. 

Tanggung jawab Android Developer

android developer adalah - EKRUT
Merancang dan mengembangkan software merupakan tanggung jawab utama seorang Android Developer - EKRUT

Android Developer memiliki beberapa tugas khusus dalam pekerjaannya, berikut adalah tanggung jawab mereka.

  1. Mengembangkan dan merancang aplikasi canggih untuk Android.
  2. Memecahkan masalah dan memperbaiki bug di aplikasi yang ada atau aplikasi baru.
  3. Berkolaborasi dengan tim Cross-Functional untuk menentukan, mendesain, dan mengirim fitur baru.
  4. Menemukan, mengevaluasi, dan mengimplementasikan alat pengembangan baru secara berkelanjutan.
  5. Bekerja dengan sumber data luar dan APIs.

Baca juga: 4 Sertifikasi JavaScript untuk skill yang lebih teruji

7 Skill yang wajib dimiliki Android Developer

android developer - EKRUT
JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang perlu dipahami - EKRUT

Penasaran apa saja keahlian yang wajib dimiliki oleh Android Developer? Berikut penjelasannya.

1. JAVA

JAVA adalah bahasa pemrograman yang ada dalam semua Android development. Seperti JavaScript dan Ruby, JAVA berorientasi objek, tetapi juga lebih ketat tentang cara menangani tipe data.

Bahasa pemrograman ini sangat penting karena memastikan tidak ada kesalahan dalam setiap hal yang akan dicoba dalam setiap komponen aplikasi.

2. Mengerti XML

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tanda kurung siku, jenis tag <opening>, dan </closing>. Nah, XML dibuat sebagai cara standar menyandikan data untuk aplikasi berbasis internet. XML adalah bahasa markup terstruktur yang berbagi banyak fitur yang sama dengan HTML.

Di dunia Android, Developer menggunakan XML untuk membuat tata letak yang berfungsi sebagai definisi UI dasar untuk aplikasi Android. 

EKRUT content Mobile Engineering Android Challenge - EKRUT

3. Android SDK

Android SDK (Software Development Kit) adalah modul kode JAVA yang memberi pengembang akses ke fungsi perangkat seluler seperti kamera dan akselerometer. Salah satu komponen kunci Android SDK adalah pustaka yang disebut Gradle. 

4. Android Studio

Pilihan integrated development environment (IDE) untuk Developer Android disebut Android Studio. Android Studio menghadirkan banyak kemampuan yang diharapkan Developer dari IDE berfitur lengkap.

5. Berpengalaman menggunakan SQL

Hampir setiap aplikasi Android perlu menyimpan data dalam beberapa bentuk, baik itu data aplikasi itu sendiri atau data pengguna.oleh karena itu, sebuah aplikasi harus diintegrasikan dengan database sehingga Developer dapat mengelola datanya.

Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan mencari pengembang Android dengan pengalaman SQL. Menguasai sistem manajemen database dapat meningkatkan peluang kamu untuk diterima bekerja.

6. Memahami pedoman desain material

Setiap aplikasi Android harus serasi dengan pedoman bahasa Desain Material yang mencakup semua elemen penting dalam aplikasi (warna, corak, transisi, penempatan elemen, dan sebagainya.)

Jika tidak, aplikasi tak akan boleh dipublikasikan ke Google Play Store. 

7. Keahlian dalam backend programming

Android Developer juga harus bisa dalam backend programming. Ada lusinan bahasa pemrograman backend dan semuanya berbeda, seperti Python, Node.js, .Net, dan lain sebagainya. Setidaknya kamu tidak terlalu buta dalam hal ini.

Itulah beberapa hal mengenai Android Developer yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut mengenaihttps://www.ekrut.com/media/jobs-directory/software-engineer tools apa saja yang dibutuhkan dan berapa gaji Developer, di sini. 

Semoga berhasil!

cara membuat sitemap - EKRUT

Sumber: 

  • jobhero.com
  • generalassemb.ly
  • learntocodewith.me

Tags

Share