Media

Apa saja peran bootcamp buat kariermu?
By Maria Yuniar - 8 August 2018
4 min read 39 Views

Bertahun-tahun menuntut ilmu di bangku kuliah terkadang belum cukup untuk mendukung perjalanan karier. Sebab, ada soft skill yang harus diasah, dan hard skill yang harus terus dilatih melalui praktik. Nah, untuk yang terakhir ini, kamu bisa mendapatkannya dari bootcamp.

Keterampilan yang kamu peroleh di bootcamp akan menunjang pengetahuan teoretis dari kampus. Sebenarnya, sejauh apa sih bootcamp dapat berperan dalam perjalanan kariermu kelak?

 

Apa itu bootcamp?

Bootcamp merupakan program pelatihan dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri. Sehingga, akan berdampak lebih besar pada peluang karier. Ada banyak program yang ditawarkan, tergantung jurusan dan jenis bootcamp. Misalnya saja, kamu memilih coding bootcamp, maka materi yang bisa kamu pelajari di sana antara lain pemograman website, software, Android, atau iOS

Durasi pelaksanaan program juga relatif singkat, yaitu 12 sampai 24 pekan. Sehingga program ini sangat efektif. Kegiatan belajarnya biasanya melalui praktik langsung, dengan bimbingan sejumlah instruktur. Tentunya kamu selalu bisa mengajak mereka berdiskusi.

 

Jumlah murid terbatas

Kelas dalam bootcamp biasanya hanya terdiri dari 15–20 orang. Sehingga materi tersampaikan secara lebih jelas. Kurikulumnya dirancang oleh pengajar dan praktisi langsung yang profesional dan berpengalaman. Tujuannya, agar siswa benar-benar siap terjun ke dunia kerja saat lulus.

Kemudian, kamu juga akan dibekali dengan skill-skill lain yang juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Misalnya, langkah-langkah membuat resume, tips sukses menghadapi wawancara, dan lain sebagainya. Kamu kelak juga dibantu mendapatkan pekerjaan. Bahkan biasanya, hiring partner bootcamp sudah siap merekrut saat kamu selesai mengikuti pelatihan.

 

Keuntungan bootcamp

Bootcamp bisa mendukung gelar sarjana yang kamu miliki. Ini bisa kamu rasakan dalam waktu yang relatif singkat, dalam hitungan bulan. Berikut ini keuntungan-keuntungan bootcamp yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Biaya

Biaya untuk mengikuti bootcamp tidak sampai sepertiga dana yang kamu keluarkan untuk kuliah. Ini relatif kecil untuk benefit yang akan kamu dapatkan setelah lulus. Ilmu yang kamu dapatkan juga dapat dipraktikkan langsung, untuk menunjang teori yang didapat di perkuliahan. 

Kamu juga berpotensi mendapatkan tawaran gaji yang lebih besar. Jadi, untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan rate gaji sebagai karyawan, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti bootcamp ini.

 

Waktu

Bootcamp hanya berjalan selama beberapa pekan dan mencetak lulusan yang siap kerja. Meski waktunya relatif singkat, tetap dibutuhkan keaktifan dan inisiatif dari siswa, agar materi yang disampaikan benar-benar dikuasai. 

Dengan biaya relatif murah, waktu yang singkat, dan kesiapan kerja lulusannya yang lebih tinggi, bootcamp adalah sebuah investasi yang menjanjikan. Jadi, jangan merasa takut mengeluarkan biaya tersebut ya.

 

Karier

Setiap orang mempunyai tujuan masing-masing dalam karier Pikirkan dulu tujuan kamu untuk belajar. Baik untuk bekerja di korporasi, mendirikan start-up sendiri atau bersama-sama membangun perusahaan rintisan. Intinya, bootcamp akan berperan banyak bagi peningkatan karier kamu yang tentunya didukung semangatmu dalam mengembangkan kemampuan.

Setelah mengetahui peran-peran bootcamp tersebut, apa kamu masih ragu untuk mengikutinya?

 

Rekomendasi bacaan:
Lahir di Indonesia, Theresia Gouw masuk daftar perempuan terkaya Forbes
Blockchain dan efisiensi industri
10 peran penting dalam tim data science

 

Sumber:
thebalancecareers.com
thefirehoseproject.com
medium.com
codepolitan.com
 

Tags:

  • pekerjaan
  • bekerja
  • kuliah
  • karier
  • bootcamp
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang