technology

Ketahui profesi yang bisa diganti dan tidak digantikan oleh robot

Widyanto Gunadi

07 June 2020

Yang-bisa-dan-tidak-bisa-dikerjakan-robot-EKRUT.jpg

Mungkin pertanyaan tersebut sering terlintas di benak Anda. Benarkah robot bisa menggantikan pekerjaan manusia? Apa saja sih hal yang bisa dan tidak akan bisa dilakukan robot? Agar tidak penasaran, yuk kita bahas satu per satu hal ini.

Apa saja yang masuk kategori robot?

Yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot EKRUT
 
Robot termasuk seperangkat alat mekanik yang diprogram oleh komputer dikontrol oleh manusia-EKRUT

Robot merupakan seperangkat alat mekanik yang diprogram oleh komputer dan dikontrol oleh manusia, sekaligus dapat melakukan tugas fisik.

Bentuknya bisa menyerupai manusia. Namun, kebanyakan robot dirancang untuk melakukan tugas, tanpa mempertimbangkan bentuk fisiknya.

Selain itu, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), sebagai bagian dalam robotika.

AI telah dianggap sebagai bidang yang sangat menarik dalam dunia robotika. Robot memang bisa bekerja di luar jalur perakitan. Namun hingga kini, kecerdasan robot belum bisa dipastikan. 

Baca juga: Akankah posisi barista Starbucks digantikan robot?

Robot vs manusia

Yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot EKRUT 
Revolusi industri keempat banyak memperlihatkan peran robot dalam keseharian kehidupan manusia-EKRUT

Dunia sedang berada dalam puncak dari revolusi industri keempat, dengan mesin-mesin yang mampu mengerjakan banyak tugas manusia.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, mesin bisa lebih baik mengerjakan tugas manusia dibandingkan manusia itu sendiri.

Revolusi masa depan tidak hanya menjanjikan efisiensi lebih besar dan layanan yang lebih murah, tapi juga mengarah pada hilangnya pekerjaan manusia secara besar-besaran.

Banyak yang menganggap dengan adanya revolusi teknologi robot, peran manusia bisa digantikan. Benarkah hal tersebut bisa terjadi? Lalu sebenarnya, apa saja yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot?

Pekerjaan yang bisa digantikan oleh robot

Yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot EKRUT 
Ada sekitar 12 pekerjaan yang dapat digantikan oleh robot-EKRUT

Lalu, pekerjaan apa saja sih yang bisa digantikan oleh robot? Setidaknya ada 12 pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot. Bahkan, robot diyakini bisa bekerja lebih cepat ketimbang manusia pada jenis pekerjaan ini, berikut daftarnya.

  • Pengukir
  • Petani
  • Pemeriksa asuransi properti
  • Pemandu wisata
  • Ahli robotik
  • Pegawai bea cukai
  • Paramedis
  • Ahli kimia
  • Operator telepon
  • Petugas pengatur lalu lintas udara atau air traffic controller (ATC) 
  • Agen perjalanan
  • Petugas kantor pos

Eksistensi robot yang mulai menggantikan manusia, sudah menjadi ketakutan tersendiri. Namun, di mata venture capitalist Marc Andreessen, fenomena semacam ini terjadi setiap 25 hingga 50 tahun.

Kenyataannya, tak ada yang benar-benar terjadi. Sebab, ada pekerjaan manusia yang tidak akan pernah dilakukan robot.

Baca juga: Profesi customer service di ujung tanduk?

Pekerjaan yang tidak bisa dilakukan robot

Yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot EKRUT 
Guru menjadi salah satu profesi yang tidak dapat digantikan oleh robot-EKRUT

Meskipun ada sederet hal atau pekerjaan yang bisa dilakukan robot, ternyata masih ada kok hal-hal yang tidak akan bisa dilakukan robot. Apa saja sih?

Psikiater

Secanggih apapun , robot tidak akan pernah mengerti jiwa dan perasaan emosional seorang manusia. Mungkin akan ada robot yang diprogram untuk bertanya, “Ceritakan apa yang sedang kau rasakan sekarang.”

Namun, nyatanya empati merupakan sesuatu yang tidak bisa diprogram dan digantikan oleh robot.

Penulis

Robot akan sulit menggantikan peran seorang penulis. Sebab, robot tidak memiliki imajinasi dan kreativitas. Ini menyebabkan penulis menjadi salah satu pekerjaan yang sulit tergantikan oleh robot.

Terlebih, penulis dongeng dan cerita fiksi lainnya. Tidak ada yang bisa menciptakan kisah magis dan penuh inspirasi kecuali manusia itu sendiri.

Guru anak

Seorang guru dituntut untuk dapat menjadi teladan bagi murid-muridnya. Sebab, anak-anak berlatih dengan meniru dari contoh yang ada.

Jadi bagaimana mungkin manusia membiarkan anak mereka meniru perilaku robot?

Dokter dan ahli bedah 

Pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot lainnya yakni adalah profesi Dokter dan ahli bedah. Sebab robot dianggap tidak bisa cukup akurat dalam melakukan pekerjaan tersebut layaknya Dokter pada umumnya.

Terlebih robot belum dapat dipercaya untuk menggantikan sentuhan manusia, dimana pasiennya adalah seorang manusia. Bila dipaksakan maka takutnya akan ada mal praktek di dunia kesehatan. 

Insinyur robot

Robot pintar dibuat oleh manusia yang lebih pintar. Sehingga, insinyur robot harus tetap ada untuk menciptakan berbagai robot pintar.

Kecuali bila mereka bisa membuat robot yang bisa menghasilkan robot lain seperti di film.

Jika demikian, pekerjaan ini pun mungkin akan diambil alih oleh mesin. Tapi kayaknya hal itu mustahil terjadi dalam waktu dekat, ya!

Baca juga: AI dan machine learning masuki industri finansial & perbankan

Wah, menarik ya? Tapi, bagaimana menurut Anda? Apakah robot memang bisa menggantikan berbagai pekerjaan manusia?

yang bisa dan tidak bisa dikerjakan robot EKRUT 
Last update 7 June 2020

Sumber : 

Tags

Share