careers

Apa saja persiapan yang diperlukan pada H-1 interview kerja?

Maria Yuniar

22 September 2019

interview_kerja.jpg

Berhasil melalui interview kerja pasti bukanlah perkara mudah. Ada saatnya kamu merasa kebingungan menjawab pertanyaan rekrutmen. Namun sebenarnya, kamu tak perlu kelewat cemas jika selalu berlatih untuk menghadapi wawancara pekerjaan.

Karena dengan perencanaan yang matang, kamu dapat membawa diri menjadi bagian dari karyawan di perusahaan yang kamu lamar. Agar persiapan lebih matang, berikut ini persiapan yang harus kamu lakukan pada H-1 sebelum interview kerja. 

Siapkan pakaian yang sesuai untuk interview kerja

Pada H-1 sebelum interview kerja, pastikan kamu telah menyiapkan pakaian terbaik yang tentunya sesuai untuk menghadapi sesi wawancara. Terlepas dari apapun pekerjaan yang kamu lamar, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu adalah seorang profesional dengan menggunakan pakaian yang rapi dan bersih.

Persiapkan jauh-jauh hari, sehingga kamu juga dapat mempersiapkan hal lainnya sebelum melakukan wawancara kerja. Jadi, pada H-1 sebelum interview kerja kamu hanya cukup merapikannya dan memastikan sudah siap untuk dikenakan. 

Pilih tas

Mempersiapkan tas juga perlu kamu lakukan untuk menyimpan dokumen CV dan portofolio. Selain itu, kamu bisa membawa parfum, deodoran, make-up, permen mint, kaca kecil atau perlengkapan lain untuk menjaga penampilan kamu agar tidak terlihat berantakan.

Periksa keadaan cuaca dan pilih rute

Di H-1 sebelum interview kerja, kamu juga perlu memeriksa keadaan cuaca dan memilih transportasi apa yang akan kamu gunakan besok. Jangan lupa cek Google Maps untuk mencari rute terbaik menuju lokasi interview kerja.

Jika memang diperlukan, bawalah payung, mantel, atau perlengkapan lain untuk melindungimu saat hujan turun. Informasi mengenai kondisi cuaca dan jalan pun berguna untuk memprediksi waktu tempuhmu ke tempat wawancara.

Berlatih

Agar lebih siap, tak ada salahnya melakukan review jawaban yang telah kamu siapkan dari pertanyaan yang umumnya sering diajukan. Dengan demikian, kamu seakin percaya diri. Kamu juga bisa browsing di Internet mengenai pertanyaan interview kerja yang sering diajukan untuk menambah pengetahuanmu. 

Baca jugaPernah coba latihan interview dan merekamnya?

Riset tentang perusahaan perekrut

Pastikan kamu sudah tahu yang akan menjadi pewawancaramu. Termasuk nama dan divisinya. Kemudian kamu bisa mencari data diri mengenai orang tersebut di Google dan LinkedIn. Dari sana, kamu bisa mempersiapkan diri dan mendapatkan gambaran mengenai calon rekan kerja, perekrut, maupun atasanmu.

Berbincang dengan teman

Kamu dapat menelpon teman untuk percakapan singkat agar beban pikiran menjadi semakin ringan. Usahakan untuk tidak membicarakan tentang wawancara kerja, namun fokuslah pada cerita-cerita ringan yang membuat rasa tegang dan gugup semakin berkurang.

Pasang alarm

Setelah memastikan kelengkapan semua persiapan interview kerja , saatnya kamu memasang alarm tidur. Pastikan kamu bangun lebih pagi sehingga kamu bisa sampai lebih awal dan bersantai.

Beristirahat dengan cukup

Pastikan kamu istirahat dengan tenang dan rileks. Dengan cukup beristirahat, pikiranmu akan tetap positif dalam menghadapi interview kerja. 

Setelah semua hal ini telah kamu lakukan, maka tentunya kamu akan siap di hari interview kerja besok. Bagaimana jika kamu sampai sekarang belum mendapatkan peluang dalam interview kerja? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Ada berbagai peluang dari ratusan perusahaan, termasuk startup, yang mencari kandidat sepertimu.

Last update: 22 September 2019

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share