Published on

Technology

Apakah mata uang digital dapat mengatasi inflasi?

Widyanto Gunadi

cryptocurrency.jpg

Dalam sebuah wawancara di acara The Late Show with Stephen Colbert, co-founder Reddit, Alexis Ohanian, menyatakan keyakinannya pada mata uang digital (cryptocurrency) sebagai alat yang efektif untuk melindungi dana dari inflasi. Setelah itu, sang pembawa acara, Stephen Colbert, bertanya mengapa Alexis lebih memilih mata uang digital daripada mata uang yang biasa kita pegang.

Seperti dikutip The Next Web, Ohanian mengilustrasikan mata uang digital sebagai bahan bakar untuk menemukan manfaat baru dari Internet. Ia menyebut Bitcoin dan cryptocurrency sebagai peluang bagi dunia untuk memiliki mata uang dengan dukungan antarnegara. Tujuannya, untuk meredam inflasi. Benarkah demikian?

 

Tanpa intervensi pemerintah

Ohanian mengungkapkan, mata uang digital memberikan peluang bagi orang-orang untuk memegang kendali, tanpa mengkhawatirkan adanya campur tangan pemerintah yang kuat. Terutama, di negara yang sedang menghadapi ketidakstabilan situasi ekonomi dan politik.

Ia menjelaskan, para pengguna mata uang digital memiliki banyak rekening bank. Mereka pun bisa melakukan transfer yang ke sejumlah rekening bank. Namun, belum banyak yang tahu bahwa mata uang digital bisa ditransfer ke mana pun, tanpa memerlukan kerja sama antarbank.

 

Sifatnya fluktuatif

Terlepas dari sifat mata uang digital yang mudah berubah, Bitcoin sebagai salah satu cryptocurrency, diklaim masih menawarkan kestabilan yang lebih baik daripada mata uang negara-negara lain yang menghadapi inflasi. Kemudian, kata Ohanian, muncullah ide memanfaatkan mata uang digital untuk memanfaatkan inflasi besar-besaran di Zimbabwe, Venezuela, dan Argentina.

Orang-orang pun mulai beralih ke mata uang digital untuk menghindari inflasi.  Meski demikian, belum banyak penelitian mengenai mata uang digital saat ini.

 

Ramalan Ohanian

Baru-baru ini, Ohanian menjadi berita utama media internasiional mengenai ramalannya tentang nilai Ethereum dan Bitcoin. Seperti dikutip Fortune,  Ohanian memberikan prediksi yang tak mendasar, dengan menyebut kedua mata uang digital itu akan menembus nilai US$ 20 ribu dan US$ 1.500 pada akhir tahun.

Selain itu, perusahaan yang ia bangun, yaitu Reddit, akan bereksperimen dengan menggunakan mata uang digital. Seperti dilansir Coindesk, seorang kepala bidang teknologi Reddit menyatakan perusahaan tersebut ingin memperkenalkan mata uang digital sebagai alat pembayaran bagi anggota Reddit Gold.  Ohanian tak sendiri. Pendiri Twitter, Jack Dorsey pun menyatakan yakin, Bitcoin menjadi matauang utama dunia pada 2028 mendatang.

Selain itu, perusahaan yang ia bangun, yaitu Reddit, akan bereksperimen dengan menggunakan mata uang digital. Seperti dilansir Coindesk, seorang kepala bidang teknologi Reddit menyatakan perusahaan tersebut ingin memperkenalkan mata uang digital sebagai alat pembayaran bagi anggota Reddit Gold.  Ohanian tak sendiri. Pendiri Twitter, Jack Dorsey pun menyatakan yakin, Bitcoin menjadi matauang utama dunia pada 2028 mendatang.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda memiliki pandangan yang sama dengan Ohanian, atau malah meragukannya?

Rekomendasi bacaan:
Program registrasi ulang usai, ratusan juta nomor ponsel terdaftar
Anda bisa bayar KFC di Tiongkok dengan senyuman
Hati-hati, kuis Facebook bisa bocorkan data Anda!
 

 

Sumber:
thenextweb.com
fortune.com

coindesk.com

 

Tags

Share