Published on

Technology

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Coding [2022]

Tio Derma

H1_Coding.jpg

Aplikasi coding wajib dibutuhkan terutama bagi para programmer untuk membuat aplikasi. Dengan aplikasi coding, programmer bisa menyusun barisan kode tersebut hingga membentuk aplikasi baru. Beragam aplikasi coding pun hadir dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki fitur sederhana dan ada juga fitur yang lengkap.

Biasanya, seorang programmer memilih aplikasi yang lengkap dan memiliki fitur atau keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi coding lainnya, terutama agar dapat mempercepat proses codingNah, artikel ini akan mengulas 10 rekomendasi aplikasi untuk coding tahun 2022. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Coding Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Mulai Belajar, dan 7 Bahasa Pemrograman yang Populer

1. Notepad++

Notepad++ merupakan aplikasi coding yang cukup familiar dan banyak digunakan para programmer karena aplikasi Notepad++ sangat mudah digunakan terutama bagi pemula yang baru mulai masuk dalam dunia programming. Notepad++ merupakan aplikasi bawaan Windows yang dikembangkan dari Notepad. Namun aplikasi Notepad++ sangat berbeda dengan aplikasi Notepad biasa bawaan dari Windows. Notepad++ didistribusikan sebagai aplikasi coding yang dapat ditambahkan banyak plug-in.

Notepad++ memiliki beragam fitur canggih seperti text-shortening, macro recording, shortcut customization, auto-completion, dan lainnya. Notepad++ memiliki GUI dan bermacam bahasa pemrograman antara lain Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL, VB, dan XML.

2. Sublime Text

Sublime Text kompatibel di semua versi Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi Sublime Text sangat simple untuk dijalankan karena sangat cocok untuk programmer khususnya web developer karena kombinasi warna kode dan ukuran dapat memudahkan programmer.

Sublime Text menjadi salah satu aplikasi coding yang efektif untuk menulis sejumlah code serta mampu membuka berbagai macam jenis file. Sublime Text juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, C++, C, C#, CSS, Java, JavaScript, ASP, dan masih banyak lagi. Sublime Text menjadi senjata coding terbaik bagi web developer.

Sublime Text dapat digunakan secara gratis dengan jangka waktu tertentu. Namun, jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lengkap seperti instant project switch, customize anything, goto anything, command palette, multiple selections, distraction free mode, split editing, plug-in API, dan lisensi aplikasi, kamu harus membeli full version dengan biaya berkisar 70 US Dollar.

3. Visual Code Studio

Visual Code Studio merupakan aplikasi coding yang dapat digunakan berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan macOS. Code editor ini dikembangkan oleh Microsoft. Visual Code Studio adalah software editor yang powerful, tetapi tetap ringan ketika digunakan. Visual Code Studio menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, Go, C++, dan lainnya. Visual Code Studio merupakan aplikasi coding terpopuler saat ini. Hal ini terbukti dari survei Stack Overflow, di mana software yang satu ini menduduki peringkat teratas dengan persentase pengguna 71.06%.

4. UltraEdit

UltraEdit adalah aplikasi coding yang diperuntukkan Windows, Linux, dan macOS yang dibuat pada tahun 1994 oleh pendiri IDM Computer Solutions Inc., Ian D. Mead. UltraEdit adalah editor teks berbasis disk, editor programmer, dan editor hex yang digunakan untuk mengedit HTML, PHP, JavaScript, Perl, C/C ++, dan banyak bahasa pengodean atau pemrograman lainnya. UltraEdit dapat menangani dan mengedit file lebih dari 4 gigabyte. Aplikasi coding ini hadir dengan berbagai fitur lengkap, antara lain multiline find dan replace, disk based text editing, 64 bit file handling, spell checker, unicode support, hingga large file handling.

5. GNU Emacs

GNU Emacs adalah aplikasi coding yang sangat powerful. Aplikasi GNU Emacs bahkan jauh lebih tua dari Linux. Bahkan bukan hanya sekadar text editor, aplikasi ini bisa di-customize sesuai keinginan penggunanya. Aplikasi GNU Emacs merupakan aplikasi pengeditan teks yang memiliki fitur pewarnaan sintaks dan support untuk berbagai jenis file. Aplikasi ini dikemas dengan built-in yang lengkap, termasuk tutorial bagi pengguna yang baru memakai aplikasi ini.

Aplikasi GNU Emacs dibuat oleh Richard Stallman dengan memakai bahasa pemrograman C dan Lisp. GNU Emacs sendiri hadir dengan mengusung file manager lalu melengkapinya dengan subversion, bzr, git, hg, dan fitur lain di antaranya tampilan email, debugger, maupun berita.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Developer dan Programmer

6. Brackets

Brackets merupakan code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Brackets ini diciptakan oleh Adobe secara open-source, dikembangkan secara berkala oleh komunitas web developer, dan secara spesifik dibuat untuk kebutuhan web development, khususnya web design dan front-end development. Aplikasi ini berfungsi untuk jenis pengeditan HTML, CSS, dan JavaScript. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup nyaman. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh sistem operasi seperti Linux, macOS, dan Windows.

7. Vim

Vim merupakan singkatan dari Vi iMproved yang dirilis pertama kali tahun 1991. Vim merupakan tiruan editor yang sudah ada bernama vi dengan menambah beragam fitur baru. Vi sendiri sudah diperkenalkan pada tahun 1972. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple seperti CMD (Command Line Interface). Di dalam fitur aplikasi ini kamu bisa menggunakan tombol pintas shortcut untuk mempercepat proses coding. Aplikasi ini merancang beberapa program seperti Bash Script, C, dan PHP. Kamu bisa menggunakan vim dengan standar package atau menambahkan berbagai plug-in yang bisa menambah fitur ekstra seperti filetree, git integration, syntax highlighting untuk bahasa tertentu, autocomplete, dan lainnya.

8. NetBeans

NetBeans merupakan Open-Source Integrated Development Environment (IDE), yang berarti sebuah software untuk aplikasi desktop Java dan sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi sumber terbuka (IDE) untuk pengembangan dengan Java, PHP, C++, dan bahasa pemrograman lainnya. NetBeans juga disebut sebagai Platform of Modular Components yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop Java.

Software NetBeans ini dapat  berjalan pada berbagai macam platform seperti Windows, Linux, macOS, dan Solaris. NetBeans IDE ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), kode editor atau text, compiler, dan debugger. Fungsi NetBeans IDE sendiri adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Desktop. Selain itu, tentu saja software NetBeans ini digunakan oleh programmer untuk meng-compile, linker, debugger, dan lainnya.

9. BlueFish

BlueFish adalah sebuah editor programming yang ditunjukkan tentunya untuk para programer. BlueFish masih jarang sekali dipakai oleh para programmer dikarenakan masih kalah pamor dengan editor programming berbasis GUI lainnya. BlueFish merupakan sebuah proyek open-source di mana kamu dapat berkontribusi untuk menyempurnakan aplikasi editor ini. Apabila kamu adalah seorang developer, tidak ada salahnya mencoba aplikasi BlueFish yang support untuk banyak platform seperti Linux, FreeBSD, macOS, Windows, Solaris, dan OpenBSD.

10. Atom

Atom adalah text editor yang bersifat open-source bagi macOS, Linux, dan Windows. Atom dilengkapi dengan plug-in yang ditulis dalam Node.js yang dikembangkan oleh GitHub. Atom merupakan aplikasi desktop yang dibuat memakai teknologi web. Kamu dapat menikmati fitur customize styling di mana kamu bebas merubah setting Atom yang ingin kamu pakai karena pada dasarnya Atom dibuat menggunakan electron dan JavaScript, jadi untuk style sama seperti kamu menulis file CSS.

Baca juga: 7 Tips Belajar Programming untuk Kamu yang Pemula

Itulah 10 rekomendasi aplikasi untuk coding tahun 2022. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • bestcolleges.com
  • careerkarma.com
  • techpresident.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video