Published on

Careers

7 Tips belajar programming untuk kamu yang pemula

Tsalis Annisa

belajar-programming-EKRUT.jpg

Posisi Software Engineer kini semakin diburu oleh berbagai perusahaan, baik yang bergerak dalam sektor teknologi maupun bidang lainnya. Tertarik dengan posisi tersebut? Maka kamu perlu belajar programming terlebih dulu agar bisa menguasai skill-nya.

Programming adalah metode khusus yang memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer guna menjalankan serangkaian instruksi. Tanpa programming, komputer dan internet tidak akan berkembang ataupun menghasilkan teknologi yang ada saat ini.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk belajar programming.

1. Mengenal bahasa pemrograman

belajar programming EKRUT 
Beberapa bahasa pemrograman yang populer yakni Python, JAVA hingga C++ - EKRUT

Ada sekitar 700 bahasa pemrograman yang tersedia di seluruh dunia, tapi kamu tidak perlu mempelajari semuanya. Beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan bisa dijadikan acuan adalah C, C++, Java, dan Python.

C++ memiliki keunggulan bagi pemula. Bahasa pemrograman ini tidak sulit, tapi juga tidak terlalu sederhana. C++ juga cukup cepat dan dilengkapi dukungan pustaka yang memadai. Keunggulan inilah yang menjadikan C++ sesuai bagi pengembang aplikasi, game, dan pengguna data.

Baca juga: 6 Tips mudah belajar coding untuk pemula, kamu sudah tahu?

2. Menekuni dasar-dasarnya

belajar programming EKRUT 
Tekuni lebih dahulu dasar-dasar setiap bahasa pemrograman - EKRUT

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat belajar programming adalah melewati materi dasar dan langsung beralih ke materi yang lebih sulit. Ini merupakan langkah yang salah, sebab kamu akan kesulitan di tengah pembelajaran dan harus menghabiskan waktu ekstra untuk meninjau kembali materi dasar.

Tekuni terlebih dulu pengenalan dan dasar-dasar setiap bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Pahami istilah-istilah seperti syntax, tipe data, loops, arrays, dan variabel. Ikuti pula tutorial yang ada hingga kamu benar-benar menguasainya.

3. Belajar sekaligus praktik

belajar programming EKRUT 
Sambil mempelajari satu materi coba juga untuk menerapkannya - EKRUT

Cara terbaik untuk belajar programming adalah dengan mengikuti prinsip learning by doing. Sambil mempelajari suatu materi, cobalah menerapkannya secara langsung agar kamu memiliki pemahaman yang lebih dalam.

Caranya, buatlah sebuah proyek bebas begitu kamu mulai belajar. Praktikkan setiap materi yang kamu pelajari dalam proyek tersebut. Ikuti langkah demi langkah hingga berhasil sebelum kamu beralih ke materi selanjutnya.

Baca juga: 11 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2020

4. Menulis kode dengan tangan

belajar programming EKRUT 
Kamu juga bisa melatih belajar bahasa pemrograman dengan cara menulis langsung - EKRUT

Walaupun proses coding dilakukan dengan komputer, berlatih menulis kode dengan tangan ternyata sangat disarankan. Menulis berbeda dengan menggunakan komputer, sebab kamu tidak bisa memeriksa di tengah penulisan apakah kode yang ditulis sudah benar.

Kamu dapat menggunakan media berupa kertas, papan tulis, atau apa pun yang kamu kehendaki. Berlatih secara rutin menggunakan cara ini bermanfaat untuk meningkatkan kecermatan dan ketelitian kamu dalam menyusun kode.

5. Manfaatkan sumber pembelajaran online

belajar programming EKRUT 
Kamu juga bisa belajar programming lewat situs online - EKRUT

Saat ini, materi terkait programming dapat diakses dengan mudah melalui berbagai sumber yang terdapat di internet. Sumber pembelajaran tersebut amat beragam, tapi kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan preferensi pribadi maupun rekomendasi dari komunitas programming.

Selain situs spesifik seperti Hackr.io, materi mengenai programming juga bisa diperoleh dari blog, video pada YouTube, maupun forum-forum online. Sesuaikan materi yang kamu pelajari dengan kemampuanmu saat ini. Lalu, mulailah mengembangkannya sedikit demi sedikit.

6. Mulailah dengan belajar algoritma

belajar programming EKRUT 
Bagi pemula ada baiknya mempelajari algoritma terlebih dahulu sebelum belajar coding - EKRUT

Salah satu kesalahan pemula dalam belajar programming adalah langsung beralih ke bagian coding setelah mereka memahami masalahnya. Padahal, itu bisa menyebabkan kesulitan dan kelelahan ketika kamu menghadapi masalah dalam coding

Untuk menghindari itu maka kamu perlu belajar algoritma. Dengan mempelajari algoritma ini bisa membantumu mengambil tindakan ke langkah selanjutnya. Jadi, saat kamu terjebak kamu bisa mulai lagi dari awal mengikuti alur algoritma nya. 

7. Belajar dari bugs

belajar programming EKRUT 
Dengan mempelajari bug kamu bisa menghindari kesalahan berulang - EKRUT

Bugs adalah kecacatan dan kesalahan dalam sistem maupun program komputer yang menyebabkan kegagalan pada hasil akhir programming. Tidak hanya mengatasi, kamu juga perlu menguasai kemampuan mendeteksi bugs agar kesalahan yang sama tidak terulang.

Ada belasan debugger yang dapat kamu gunakan untuk menangani masalah ini. Menentukan jenis debugger yang paling sesuai memang memakan waktu, tapi kinerjamu akan menjadi lebih efektif begitu kamu terbiasa mengatasi masalah ini.

Baca juga: Bagaimana cara menerjemahkan error messages pada programming?

Agar upayamu dalam belajar programming semakin efektif, teruslah berlatih dengan merancang proyek-proyek baru. Pelajari juga sumber-sumber relevan yang tersedia secara online maupun offline.

Jangan takut terhadap kegagalan maupun kesalahan yang mungkin muncul saat eksekusi program. Hal ini justru membantu mengasah kemampuanmu dalam programming serta mengentaskan masalah yang terdapat di dalamnya.

belajar programming EKRUT
 Last update 13 November 2020

Sumber:

Tags

Share