Published on

Technology

8 Rekomendasi aplikasi data mining terbaik

Maria Tri Handayani

aplikasi-data-mining---EKRUT.jpg

Data mining akan membantu kamu dalam menyusun data mentah, merumuskannya, serta mengenali berbagai pola, anomali atau korelasi yang menghasilkan wawasan bermanfaat bagi strategi bisnis. Untuk melakukan proses tersebut, kamu dapat memanfaatkan beberapa rekomendasi tools atau aplikasi data mining berikut ini. 

RapidMiner

aplikasi data mining - EKRUT
RapidMiner dapat digunakan untuk data mining dan text mining - EKRUT

RapidMiner merupakan salah satu aplikasi data mining yang menawarkan berbagai fitur untuk persiapan data dan algoritma machine learning yang dapat mendukung semua proyek data mining kamu. Tool ini juga mendukung text mining, deep learning, machine learning serta analisis prediktif dengan cepat. 

Beberapa fitur lainnya yang ditawarkan yaitu GUI atau batch processing, pemfilteran, penggabungan dan penggabungan data, analisis prediktif big data, multiple data management method, serta validasi model prediktif. 

RapidMiner sendiri dapat digunakan ke berbagai kepentingan seperti untuk bisnis, komersial, pendidikan, penelitian, pengembangan aplikasi dan machine learning.

Xplenty 

aplikasi data mining - EKRUT
Kamu dapat membangun data pipeline dengan Xplenty - EKRUT

Xplenty menyediakan platform untuk mengintegrasikan, memproses dan menyiapkan data untuk analitik. Tool ini bahkan menawarkan fitur lengkap untuk membangun data pipeline

Saat menggunakan Xplenty kamu dapat mengimplementasikan fungsi persiapan data yang kompleks sekalipun. Xplenty juga memiliki antarmuka yang intuitif untuk mengimplementasikan ETL, ELT atau solusi replikasi. Ada pula fungsi untuk mentransfer dan mengubah data antara database atau data warehouse yang dapat memudahkanmu. 

Baca juga: Memahami data warehouse dan manfaatnya

Datawatch 

aplikasi data mining - EKRUT
Dengan Datawatch kamu bisa fokus pada visualisasi data real-time - EKRUT

Datawatch adalah aplikasi yang menawarkan solusi data mining dan business intelligence. Dengan aplikasi ini kamu bisa fokus pada visualisasi data real-time. Datawatch juga menawarkan fitur untuk membangun dan menerapkan sistem monitoring dan analisis tanpa perlu menuliskan satu baris kode pun. 

Beberapa fungsi dan fitur yang ditawarkan lainnya melalui aplikasi ini adalah identifikasi trading anomali, analisis alternatif skenario yang mempengaruhi kinerja dengan data historis, serta fitur drag and drop untuk membangun tampilan data yang disesuaikan.

Oracle Data Mining

aplikasi data mining - EKRUT
Dengan fitur-fitur pada Oracle Data Mining kamu bisa membuat prediksi dengan lebih baik - EKRUT

Oracle Data Mining menyediakan algoritma data mining yang sangat baik untuk klasifikasi data, prediksi dan analitik khusus yang memungkinkan kamu menganalisis wawasan, membuat prediksi dengan lebih baik, menargetkan pelanggan terbaik, serta mengidentifikasi peluang penjualan silang dan mendeteksi penipuan. 

Algoritma yang dirancang dalam aplikasi data mining ini sendiri memanfaatkan potensi kekuatan database Oracle. Beberapa kelebihan lain dari tool ini adalah kemampuan menggali data dari table dan skema database, serta fitur drag and drop dalam database yang menawarkan pengguna wawasan yang lebih baik lagi. 

KNIME 

aplikasi data mining - EKRUT
KNIME sering digunakan untuk analisis data pelanggan dan data keuangan - EKRUT

KNIME adalah salah satu aplikasi data mining lainnya yang bisa kamu gunakan. Tool ini beroperasi pada konsep modular data pipeline yang terdiri dari berbagai komponen machine learning dan data mining yang disatukan. 

KNIME sendiri telah digunakan secara luas terutama dalam penelitian farmasi. Tool ini juga cocok digunakan untuk analisis data pelanggan, data keuangan dan business intelligence

Beberapa fitur yang ditawarkan KNIME adalah efisiensi pemberian skala quick deployement, serta perakitan node untuk memproses data sebelum analitik dan visualisasi. 

Orange 

aplikasi data mining - EKRUT
Dengan Orange kamu bisa membandingkan dan  menganalisis data dengan cepat - EKRUT

Orange merupakan tool terbaik untuk visualisasi data yang cocok  digunakan untuk data mining dan machine learning. Data yang masuk ke Orange dapat dengan cepat diformat ke pola yang diinginkan dan dengan mudah dipindahkan ke tempat yang diperlukan dengan hanya memindahkan komponennya yang disebut widget.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu membuat keputusan cerdas yang lebih singkat dengan membandingkan dan menganalisis data dengan cepat. 

Sementara itu beberapa fungsi utama lainnya yang ditawarkan Orange adalah menampilkan tabel data dan memungkinkan pengguna untuk memilih fitur, membaca data, memvisualisasikan elemen data, melatih prediktor dan membandingkan algorita pembelajaran, dan lain-lain. 

Baca juga: 8 Skills ini perlu kamu miliki untuk menjadi Data Scientist andal

SAS Data Mining 

aplikasi data mining - EKRUT
SAS data mining cocok digunakan untuk data mining dan text mining - EKRUT

Statistical Analysis System atau SAS adalah produk dari SAS Institute yang dikembangkan untuk analitik dan manajemen data.  Tool ini sangat cocok digunakan untuk data mining, text mining dan pengoptimalan data. 

Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengubah atau mengelola data dari berbagai sumber untuk mendukung analisis statistik. Tidak hanya itu, salah satu kelebihan lainnya dari aplikasi data mining ini adalah memiliki arsitektur pemrosesan memori terdistribusi yang berskala. 

Weka 

aplikasi data mining - EKRUT
Weka memiliki tools visualisasi yang dapat digunakan untuk analisis data - EKRUT

Aplikasi yang memiliki algoritma dan tool visualisasi yang mendukung machine learning ini sangat cocok digunakan untuk analisis data dan pemodelan prediktif. 

Weka sendiri mendukung tugas-tugas utama dalam data mining, seperti penambangan data, pemrosessan, visualisasi, regresi dan lain-lain. 

Tool ini juga menyediakan akses ke SQL Database melalui konektivitas database dan dapat memproses data atau hasil yang dikembalikan oleh query. 

Nah, itu dia 8 contoh apliaksi data mining yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pekerjaan sebagai data mining engineer atau data scientist. Cobalah mulai mempelajari cara menggunakan beberapa tools tadi agar kamu pun dapat menentukan aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

EKRUT

Sumber:

  • softwaretestinghelp.com
  • guru99.com

Tags

Share