Media

8 Skills ini perlu kamu miliki untuk menjadi Data Scientist handal
By Tsalis Annisa - 18 March 2019
5 min read 733 Views
Selain pandai membaca dan mengolah data, seorang Data Scientist juga perlu mampu mengomunikasikannya - EKRUT
Selain pandai membaca dan mengolah data, seorang Data Scientist juga perlu mampu mengomunikasikannya - EKRUT

Dengan terus berkembangnya dunia digital, data menjadi sesuatu yang sangat penting guna menentukan langkah yang perlu diambil demi kemajuan bisnis. Salah satu profesi yang bergerak di bidang olah data, adalah Data Scientist.

Jika profesi ini sangat menarik minatmu, maka ada baiknya kamu mempersiapkan dirimu dengan meningkatkan kemampuan yang diperlukan oleh seorang Data Scientist. Di bawah ini adalah hard skill dan soft skill yang patut kamu miliki.

Hard skills yang dibutuhkan oleh Data Scientist

Berikut ini adalah hard skill yang kamu butuhkan untuk menjadi ahli dalam profesi ini.

Memahami analisis statistik

Analisis statistik diperlukan untuk memperbaiki perencanaan serta pengawasan, mengidentifikasi masalah, dan mengidentifikasi kapan serta di mana satu tindakan perlu dilakukan. Sebagai seorang Data Scientist memahami hal ini tentu akan sangat membantumu dalam melakukan pekerjaan. Jadi, jika kamu ingin handal dibidang ini, cobalah untuk lebih mempelajari analisis statistik.

Memahami tools analisis

Dalam melakukan tugas sebagai Data Scientist, tentu akan ada beberapa tools yang perlu kamu gunakan untuk mempermudah proses pengerjaan data. Adapun tools analisis populer yang sebaiknya kamu pahami adalah Hadoop, SAS, Hive, Spark, R, dan Pig.

Data mining

Data mining adalah proses menemukan sebuah pengetahuan yang berharga dan tersembunyi dengan menganalisis sejumlah data yang disimpan dalam gudang data. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik data mining seperti AI (artificial intelligence), machine learning, dan statistik. Guna memudahkan kinerjamu, sebagai seorang Data Scientist hal ini tentu perlu kamu pahami dengan baik.

Kemampuan programming

Memahami bahasa pemrograman dapat membantumu dalam mengatur, dan membersihkan data yang tidak terstruktur dengan baik. Adapaun bahasa pemrograman yang kamu perlu miliki di antara lain seperti C/C++, Perl, Pythin, SQL, dan Java.

data scientist - EKRUT
Hard skill dan soft skill ini dibutuhkan oleh seorang Data Scientist - EKRUT

Baca juga: 4 pendekatan machine learning untuk bisnis

Soft skills yang dibutuhkan oleh seorang Data Scientist

Sekarang kamu sudah tahu hard skill mana yang perlu kamu miliki, bukan? Tidak sekadar memiliki kemampuan teknis saja, seorang Data Scientist juga perlu memiliki beberapa kemampuan soft skill. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Detail

Seorang Data Scientist melakukan proses analisis data dengan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan solusi. Oleh karena itu, saat mengelola data, ketelitian terhadap detail tentu diperlukan.

Ketajaman bisnis

Soft skill yang satu ini mungkin tidak terpikirkan olehmu sebelumnya, namun jika ingin menjadi seorang Data Scientist handal, akan lebih baik jika kamu memiliki ketajaman bisnis. Pasalnya, dengan begini akan lebih mampu membedakan masalah yang perlu diselesaikan agar bisnis dapat berkembang, dan bertahan. Jika tidak, kamu tidak akan benar-benar dapat membantu perusahaan dalam mengeksplorasi peluang bisnis baru.

komunikasi

Sebagai seorang Data Scientist, kamu tentu akan menjadi seseorang yang lebih mengenal data dibandingkan yang lain. Meski begitu, kemampuan berkomunikasi tetap kamu butuhkan agar dapat menyampaikan hasil penemuanmu dengan jelas kepada pihak lain, bahkan kepada seseorang yang mungkin tidak memahami data dengan baik.

Memiliki intuisi terhadap data

Intuisi terhadap data berarti memahami pola data yang nampaknya tidak ada, dan dapat mengetahui keberadaan nilainya di antara tumpukan data yang belum dijelajahi. Kemampuan ini dipercaya dapat membuat seorang Data Scientist dapat melakukan pekerjaanya dengan lebih efisien.

Itulah beberapa skill yang perlu dimiliki olehmu jika kamu ingin menjadi seorang Data Scientist handal. Guna meningkatkan kemampuanmu ini, selain dengan belajar secara formal, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas data. Dengan begini, kamu bisa saling bertukar ilmu dan informasi terbaru dengan mereka yang juga bekerja di bidang yang sama

Sembari kamu terus meningkatkan kemampuanmu, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Dengan begini, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • soft skill
  • hard skill
  • skill set
  • karier
  • data scientist
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang