Published on

Technology

Tidak bisa mudik lebaran? Manfaatkan 12 aplikasi digital ini

Maria Tri Handayani

Aplikasi-digital-untuk-yang-tidak-bisa-mudik-lebaran---EKRUT.jpg

Lebaran tahun ini pasti akan terasa berbeda untuk banyak orang. Pasalnya pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Meski tidak bisa mudik lebaran, kamu tidak perlu kecewa. Manfaatkan beberapa aplikasi digital ini untuk melancarkan kebutuhanmu akan perayaan hari lebaran nanti. 

Aplikasi digital untuk silaturahmi lebaran online 

Aplikasi digital untuk yang tidak bisa mudik lebaran - EKRUT
Gunakan aplikasi panggilan video untuk silaturahmi di hari raya - EKRUT

Walau tidak bisa mudik lebaran, bukan berarti silaturahmi di hari Idul Fitri pun harus tertunda. Manfaatkan beberapa aplikasi untuk konferensi telepon dan video berikut di saat hari raya nanti.

1. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi video call yang bisa kamu gunakan untuk silaturahmi di hari raya nanti. Aplikasi ini sudah digunakan lebih oleh 2 miliar pengguna di seluruh dunia. 

Salah satu keunggulan WhatsApp adalah mudah dioperasikan oleh pengguna dari segala usia dan latar belakang. Sekarang kamu bahkan dapat melakukan video call dengan delapan orang sekaligus dalam satu sambungan telepon di WhatsApp. 

Namun perlu diingat bahwa untuk bisa melakukannya semua partisipan harus melakukan pembaruan WhatsApp ke versi terbaru di Playstore atau App Store terlebih dahulu.

2. Facetime 

FaceTime adalah aplikasi panggilan video milik Apple. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini dari iPHone, iPad atau Mac. 

Selain melakukan panggilan video, kamu juga dapat menggunakan FaceTime untuk panggilan audio terutama jika kamu berada di tempat dengan WiFi atau koneksi sinyal telepon yang buruk. 

Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan panggilan video hingga ke 32 orang sekaligus. 

3. Skype 

Skype adalah alternatif aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk silaturahmi lebaran secara online.  

Aplikasi yang menawarkan fitur panggilan video dan audio ini bisa kamu gunakan di iOS, Android, Windows dan Mac. 

Skype sendiri mendukung panggilan video untuk 50 orang sekaligus. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah  mudah digunakan dan memungkinkan kamu untuk merekam, menyimpan dan membagikan panggilan video tersebut.

4. Google Duo

Kamu juga bisa menggunakan Google Duo untuk terhubung dengan teman dan keluarga meski tidak bisa mudik lebaran nanti. Aplikasi ini memfasilitasi panggilan video grup hingga untuk 12 peserta. 

Salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini bekerja sangat baik bahkan pada koneksi seluler 2G karena dirancang untuk peggunaan seluler sehingga memberi kualitas video yang baik tanpa menghabiskan terlalu banyak bandwidth. 

5. Zoom 

Aplikasi video conference ini adalah salah satu  yang paling laris dan banyak diunduh selama kebijakan work from home karena pandemi Covid-19 diberlakukan. Data menyebutkan Zoom bahkan diunduh 131 juta kali selama bulan April 2020, atau tumbuh 60 kali lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan panggilan video sekaligus chat dengan keluarga dan teman. Namun, untuk penggunaan tidak berbayar ada batasan telepon yang harus kamu perhatikan. 

Meski demikian,sempat muncul kontroversi terkait keamanan Zoom. Karena itu sebelum mulai menggunakannya pastikan kamu mencari tahu cara menggunakan Zoom dengan aman sebelumnya. 

Baca juga: Disebut bagikan data pelanggan, begini cara aman pakai Zoom!

Aplikasi digital untuk membuat kartu ucapan lebaran 

Aplikasi digital untuk yang tidak bisa mudik lebaran - EKRUT
Buatlah kartu ucapan digital lalu bagikan ke kerabat di media sosial - EKRUT

Bila kamu memiliki tradisi untuk mengirimkan kartu ucapan lebaran, maka beberapa aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mendesain e-card lebaran sendiri dan membagikannya melalui platform media sosial. 

1. Canva 

Manfaatkan situs atau aplikasi Canva untuk mendesain kartu ucapan lebaran versi kamu. 

Meski ada beberapa fitur atau elemen yang berbayar namun kamu bisa membuat kartu ucapan lebaran sendiri atau menggunakan layout kartu ucapan gratis yang tersedia di Canva dengan melakukan sedikit personalisasi. 

2. Muslim Cards Pro 

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat e-card lebaran secara gratis adalah Muslim Card Pro. 

Kamu dapat memilih beberapa desain kartu ucapan yang sudah ada atau menggunakan foto pribadi yang kamu inginkan dengan mengunggahnya secara manual. Tidak hanya template desain kamu juga bisa langsung memilih template ucapan selamat hari raya yang tersedia di aplikasi ini. 

3. Adobe Spark

Kamu juga dapat menggunakan Adobe Spark untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan cepat dan mudah. Kamu cukup memilih template kartu ucapan yang tersedia dan menambahkan ikon berupa teks dengan font, ukuran dan warna yang kamu suka. 

Baca juga: Benarkah THR akan dicicil? Begini penjelasannya!

Aplikasi digital untuk bagi-bagi THR 

Aplikasi digital untuk yang tidak bisa mudik lebaran - EKRUT
Gunakan aplikasi dompet digital sebagai pengganti tradisi salam tempel di lebaran nanti - EKRUT

Tidak bisa mudik lebaran  juga bukan jadi penghalang untuk berbagi THR dengan orang-orang terdekat. Beberapa aplikasi digital ini bisa jadi solusinya:

1. GoPay 

Manfaatkan aplikasi GoPay untuk bagi-bagi THR ke keluarga, teman atau kerabat di  tengah pandemi dengan lebih mudah, praktis dan aman. Untuk dapat bagi-bagi THR dengan GoPay kamu harus melakukan upgrade akun ke GoPay Plus.

Bila kamu sudah menjadi pengguna GoPay Plus, kamu dapat melakukan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna GoPay hanya dengan nomor hp dan melakukan transfer saldo GoPay ke rekening bank. 

2. OVO 

Aplikasi dompet digital yang satu ini juga dapat kamu gunakan untuk berbagi THR lewat fitur transfer OVO Cash antar akun OVO ataupun ke rekening bank. Meski begitu, untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus melakukan upgrade ke OVO Premiere

3. ShopeePay 

Shopee turut mengeluarkan fitur ShopeePay THR Ramadhan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang ingin berbagi kebaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri di masa pandemi. 

Dengan fitur ini, penggguna dapat berbagi THR dengan melakukan transaksi virtual yang efektif dan efisien. Tidak hanya itu pengguna yang memanfaatkan ShopeePay untuk berbagi kebaikan juga berkesempatan untuk mendapatan hadiah menarik dari Shopee. 

4. Jenius 

Rutinitas salam tempel di hari lebaran juga tetap bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jenius. Tidak hanya bisa mengirimkan THR pada sanak saudara, dengan Jenius kamu juga bisa sekaligus mengirim ucapan dengan animasi Moneymoji.

Itulah 12 aplikasi digital yang bisa kamu manfaatkan meski tidak bisa mudik lebaran. 

Meski terpisahkan jarak, namun dengan memanfaatkan teknologi kamu tetap bisa bersilaturahmi dan membagikan semangat Ramadhan ke keluarga dan orang-orang terdekat kan. 

aplikasi digital untuk yang tidak bisa mudik lebaran - EKRUT

Sumber:

  • cnet.com
  • kompas.com
  • detik.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read
H1_1._Mengenal_Rectangle_Tools__beserta_Fungsi_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

Technology

23 Jenis Rectangle Tools beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anisa Sekarningrum

27 May 2022
5 min read
H1_Apa_itu_OneDrive.jpg

Technology

Apa itu OneDrive? Pengertian, Fungsi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Natasya Primatyassari

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read