Published on

Technology

8 Aplikasi untuk Membuat Flowchart Mudah dan Gratis

Yohanna Valerie Immanuella

Cover_(9).jpg

Flowchart atau ilustrasi yang menggambarkan alur pekerjaan atau solusi pemecahan masalah dibuat untuk memudahkan proses berpikir. Akan tetapi, proses pembuatannya boleh jadi tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, simak artikel berisi rekomendasi aplikasi untuk membuat flowchart berikut ini, yuk!

Baca juga: Apa Itu Data Flow Diagram? Berikut Informasi Selengkapnya

Apa itu flowchart?


Flowchart adalah diagram visual untuk memudahkan pekerjaan (sumber: freepik)

Melansir dari Integrify.com, flowchart adalah diagram visual yang dibuat dengan beberapa simbol tertentu untuk menggambarkan langkah-langkah atau proses suatu pekerjaan. Flowchart adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh pelaku bisnis atau programmer untuk berbagai keperluan, seperti media penyampaian alur kerja, media untuk memvisualisasikan proses memasukkan data, dan lain sebagainya.

Tidak hanya di bidang kerja, flowchart juga sering dipakai untuk pembelajaran mata kuliah tertentu. Hal ini disebabkan oleh lebih mudahnya suatu materi dipahami jika dibuat dalam bentuk flowchart. Karena disajikan dalam bentuk visual dan tidak memerlukan banyak tulisan di dalamnya, hal rumit sekali pun dapat lebih mudah tersampaikan. Flowchart juga membantu orang yang menyimak bisa menganalisis suatu proses dengan detail dari awal sampai akhir. Dengan begini, pekerjaan menjadi lebih mudah dan masukan dapat disampaikan dengan lebih tepat sasaran.

Baca juga: Flowchart adalah: Pengertian, Jenis, Simbol, Manfaat, dan 3 Contohnya

Kegunaan flowchart dalam pekerjaan


Flowchart banyak digunakan karena membuat pekerjaan lebih mudah dipahami (sumber: pexels)

Flowchart digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Adapun kegunaan flowchart yang bisa memudahkan pekerjaan adalah sebagai berikut.

1. Menunjukkan garis besar proses atau alur kerja

Ketika kamu hendak terjun ke suatu project, biasanya hal pertama yang dilakukan adalah membuat flowchart. Flowchart yang kamu buat biasanya memuat informasi tentang alur kerja dan garis koordinasi. Kamu bisa menggunakan simbol, garis, panah, atau bahkan gambar untuk membuat orang yang akan bekerja denganmu bisa mencerna informasi dengan lebih cepat.

2. Memastikan pekerjaan dilakukan sesuai langkah-langkah yang sudah disepakati

Salah satu kegunaan lain dari flowchart adalah menjadi pedoman dalam bekerja. Informasi mengenai dengan siapa harus berkoordinasi dan langkah yang harus dilakukan setelah menyelesaikan suatu pekerjaan dapat dilihat di flowchart. Hal ini bisa meminimalisasi miskomunikasi dan memberikan penjelasan tentang pekerjaan dengan satu pemahaman.

3. Membuat proses kerja menjadi lebih efektif

Jika kamu hendak memulai suatu project yang cukup rumit, kamu sangat disarankan untuk membuat flowchart. Dengan diagram proses ini, kamu bisa menjabarkan banyak hal tanpa harus menggunakan banyak kata. Adanya simbol, garis, dan beberapa kata kunci bisa membuat pekerjaanmu lebih efektif dan lebih mudah dimengerti.

Baca juga: 4 Cara Membuat Flowchart yang Profesional di PowerPoint dan Word

8 Rekomendasi aplikasi untuk membuat flowchart

Meskipun flowchart dapat memudahkan pekerjaan, nyatanya membuat flowchart tidak semudah dan sesederhana yang dibayangkan. Jika sudah terbiasa membuat mungkin akan terasa ringan. Namun, bagi yang baru memulai, bisa jadi membuat flowchart justru menjadi hal yang sangat membingungkan. Oleh sebab itu, simak rekomendasi aplikasi untuk membuat flowchart berikut ini, ya!

1. Miro


Miro, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: miro.com)

Miro adalah aplikasi yang mengibaratkan dirinya sebagai papan tulis besar yang mampu membawa tim untuk bekerja sama di mana pun dan kapan pun. Hal ini disebabkan oleh adanya fitur kolaborasi yang memungkinkan anggota tim untuk bekerja di satu board sekaligus.

Program yang juga tersedia secara gratis dalam bentuk situs web ini sudah terintegrasi dengan beberapa tools lainnya seperti Zoom, Figma, Google Drive, dan sebagainya. Selain digunakan untuk mengolah pekerjaan, Miro juga sering dimanfaatkan untuk membuat flowchart berisi tentang workflow dan ide-ide hasil brainstorming.

Ketika kamu bekerja menggunakan Miro, kamu bisa membuat flowchart dengan shape berukuran besar juga beberapa ikon yang tersedia di icon library. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan notes, comments, dan reaction pada setiap pekerjaan yang sedang digarap. 

2. ClickUp


Clickup, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: clickup.com)

ClickUp adalah salah satu tools project management andalan yang hampir sama dengan Miro. Untuk dapat membuat flowchart menggunakan aplikasi satu ini, kamu bisa membuatnya secara manual dengan menggunakan fitur elements dan connectors yang tersedia. Akan tetapi, jika kamu butuh inspirasi dan harus mengerjakannya dengan cepat, kamu bisa menggunakan templat yang memang disediakan.

Selain untuk membuat flowchart, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan lain, seperti membuat to-do lists, mencatat plan dan ide-ide baru, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengakses ClickUp secara gratis dengan memori penyimpanan yang terbatas. Jika butuh yang unlimited, kamu bisa membayar $5 per bulan atau sekitar Rp174.000,00.

3. Whimsical


Whimsical, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: whimsical.com)

Software pembuat flowchart ini memfasilitasi penggunanya untuk membuat flowchart tanpa harus menggunakan design tools yang biasanya digunakan. Penggunanya tidak perlu menarik garis secara manual karena dengan Whimsical, kamu bisa menghubungkan objek hanya dengan satu kali klik atau menggunakan keyboard shortcuts. Aplikasi ini didesain untuk membantu penggunanya yang ingin membuat flowchart dengan cepat namun tetap mudah dipahami. Whimsical juga bisa diakses secara gratis dan kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pendukung untuk menggunakannya.

4. Cacoo


Cacoo, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: cacoo.com)

Cacoo adalah aplikasi pembuat flowchart yang mudah digunakan dan dipelajari. Aplikasi satu ini juga sudah terintegrasi dengan Google Drive, Google Docs, Dropbox, Slack, dan beberapa aplikasi lainnya. Untuk dapat terus mengembangkan aplikasinya, Cacoo turut menyediakan kotak saran yang bisa penggunanya gunakan untuk memberi masukan.

Kelebihan utama yang dimiliki Cacoo adalah tersedianya fitur kolaborasi dan track changes yang bisa memudahkan pekerjaan. Selain itu, tersedia juga fitur berbagi tautan, folder untuk setiap project yang bisa dibagikan, penyimpanan langsung di Cacoo, monitoring status pekerjaan melalui notifikasi, dan masih banyak lagi.

5. Draw.io


Draw.io, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: drawio-app.com)

Draw.io adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat flowchart, diagram proses, diagram ERD, dan lain sebagainya. Tools satu ini dapat diakses secara gratis karena sifatnya yang open source. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Draw.io juga tersedia dalam bentuk situs web. Draw.io cukup direkomendasikan sebagai salah satu aplikasi pembuat flowchart terbaik karena fitur-fiturnya seperti tools yang dapat digunakan dalam keadaan online maupun offline, bisa menyimpan dokumen dalam berbagai format, bisa dengan mudah mengekspor atau mengimpor data, dan menyediakan beragam shapes yang bisa diakses di fitur library.

6. Canva


Canva, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: Canva)

Selain dikenal sebagai aplikasi untuk membuat presentasi, Canva juga bisa dipakai untuk membuat flowchart, lho! Aplikasi satu ini cocok digunakan untuk perusahaan, organisasi nonprofit, dan kebutuhan akademik. Seperti yang pada umumnya diketahui, Canva menyediakan ribuan templat, termasuk templat flowchart, yang dapat diunduh dan langsung digunakan. Akan tetapi, jika penggunanya ingin membuat flowchart sendiri, Canva menyediakan fitur drag and drop yang tentunya juga memudahkan.

7. ThinkComposer


ThinkComposer, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: thinkcomposer.com)

ThinkComposer merupakan tools untuk membuat flowchart yang biasanya digunakan oleh orang yang sudah mahir. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang bisa menghasilkan berbagai jenis diagram, seperti use case diagram, tree diagram, business model, dan lain sebagainya. Tools satu ini bisa diakses secara gratis dan bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

8. LibreOffice Draw


LibreOffice Draw, aplikasi yang memudahkanmu dalam membuat flowchart (sumber: linuxteaching)

LibreOffice Draw adalah perangkat lunak yang bisa kamu pakai untuk membuat beragam jenis diagram. Tidak hanya lengkap, fitur yang tersedia dalam software gratis ini juga mudah digunakan. Dalam workplace-nya, LibreOffice Draw mempunyai grid berbentuk titik-titik yang bisa membuatmu lebih mudah dalam membuat flowchart. Jika kamu ingin mencari perangkat yang bisa dipakai untuk mengerjakan flowchart rumit namun fiturnya tidak sulit digunakan, LibreOffice Draw bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Algoritma adalah: Pengertian, Fungsi, 5 Ciri, dan Contohnya

Itu dia rekomendasi aplikasi pembuat flowchart yang bisa kamu gunakan. Semoga kamu bisa membuat flowchart dengan lebih mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • gawainesia.com
  • softwaretestinghelp.com
  • thedigitalprojectmanager.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video