Published on

Technology

Flowchart Adalah: Pengertian, Jenis, Simbol, Manfaat, dan 3 Contohnya

Anisa Sekarningrum

H1_1._Flowchart_Adalah_Pengertian__Jenis__Simbol__Manfaat_dan_3_Contohnya.jpg

Kamu pasti sudah familiar dengan bagan flowchart bukan? Flowchart adalah ilustrasi visual untuk menggambarkan sebuah proses dan solusi atas sebuah masalah. Yuk, simak pengertian, jenis-jenis, simbol, manfaat hingga contoh-contoh flowchart berikut ini.

Apa itu flowchart?


Flowchart berasal dari kata flow yaitu aliran dan chart yaitu diagram - Pexels

Flowchart adalah gabungan kata flow dan chart. Flow berarti aliran, dan chart berarti bagan atau diagram. Sehingga pengertian dari flowchart adalah bagan berupa aliran yang saling terhubung. Flowchart adalah representasi grafis dari suatu algoritma. Programmer sering menggunakan flowchart sebagai alat perencanaan program untuk memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan simbol-simbol yang saling terhubung untuk menunjukkan aliran informasi dan pemrosesan.

Flowchart atau bagan alir digunakan sebagai alat bantu komunikasi untuk menyampaikan informasi agar lebih mudah dibaca dan dimengerti. Flowchart dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti:

  • Untuk mengembangkan pemahaman tentang bagaimana sebuah proses dilakukan
  • Untuk mempelajari proses untuk perbaikan
  • Untuk mengomunikasikan kepada orang lain bagaimana sebuah proses dilakukan
  • Untuk mendokumentasikan sebuah proses
  • Untuk merencanakan sebuah proyek
  • Ketika komunikasi yang lebih baik diperlukan antara orang-orang yang terlibat dengan proses yang sama

Flowchart juga memiliki keuntungan dan kekurangan, antara lain:

Keuntungan flowchart Kekurangan flowchart
Cara paling efisien untuk mengomunikasikan logika sistem Flowchart sulit digambar untuk program yang besar dan kompleks
Sebagai panduan untuk cetak biru selama program dirancang Tidak memiliki jumlah detail yang tepat
Membantu proses debugging Flowchart sangat sulit untuk direproduksi
Dapat membantu menganalisis program dengan lebih mudah dan sebagai sebuah dokumentasi Flowchart sangat sulit untuk dimodifikasi

Baca juga: 4 Cara membuat flowchart yang profesional di PowerPoint dan Word

Jenis-jenis flowchart


Beberapa jenis flowchart adalah system flowchart dan document flowchart - Pexels

Ada beberapa jenis-jenis flowchart antara lain sebagai berikut.

1. System flowchart

System flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan mengenai tahapan kerja sebuah data yang sedang dikerjakan di dalam sistem dan bagaimana keputusan diambil untuk mengendalikan sebuah kasus. Flowchart ini menggambarkan urutan dari setiap prosedur di dalam sebuah sistem kerja secara keseluruhan.

2. Document flowchart

Document flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan keseluruhan alur dari sebuah dokumen, laporan atau formulir beserta tembusannya, tanpa harus membacanya terlebih dahulu, juga berfungsi membantu pembaca lebih mudah memahaminya. Bagan alir ini disebut juga sebagai alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart.

3. Schematic flowchart

Schematic flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan sebuah skema atau prosedur di dalam sebuah sistem. Flowchart ini hampir serupa dengan system flowchart. Namun, schematic flowchart memiliki gambaran lebih detail dan prosedural berupa gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Tujuan dari penggunaan gambar-gambar ini adalah supaya lebih dapat dipahami, walaupun sulit dan lama untuk digambarkan.

4. Program flowchart

Program flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan secara rinci langkah-langkah atau alur dari proses pemrograman atau algoritma. Flowchart yang juga disebut notasi algoritma ini umum digunakan sebagai patokan dalam membuat daftar program menggunakan bahasa komputer.

Ada dua macam program flowchart, yaitu program logic flowchart dan detailed computer program flowchart. Program logic flowchart berfungsi untuk menggambarkan setiap tahapan di dalam program komputer secara logika yang dibuat oleh analis sistem. Sementara detailed computer program flowchart berfungsi untuk menggambarkan instruksi dari program komputer secara rinci yang dibuat oleh programmer.

5. Process flowchart

Process flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan proses sebuah kegiatan, yang umumnya digunakan dalam sebuah proses produksi di bidang industri sebagai unsur dari analisis sistem produksi. Bagan alir ini banyak digunakan dalam teknik industri.

Baca juga: Algoritma adalah: Pengertian, Fungsi, 5 Ciri, dan Contohnya

Simbol-simbol flowchart


Salah satu simbol flowchart adalah processing simbol yang berbentuk persegi empat - Pexels

Flowchart memiliki beberapa simbol-simbol yang harus kamu ketahui. Setiap simbol memiliki arti dan fungsi yang berbeda untuk menjelaskan alur atau langkah yang dilakukan. Simbol-simbol flowchart tersebut antara lain sebagai berikut.

Simbol Arti dan fungsi simbol
Flow direction symbol atau disebut juga connecting line adalah simbol yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu simbol dengan simbol lainnya. Garis panah ini juga mewakili arah aliran proses.

Terminator symbol digunakan sebagai simbol di awal (start) atau akhir (stop) dari sebuah program. Bentuk oval ini menggambarkan awal dan akhir dari sebuah algoritma.
Connector symbol adalah simbol yang berfungsi untuk keluar dan masuk atau menyambungkan proses di dalam lembar/halaman yang sama.
Connector symbol adalah simbol yang digunakan untuk keluar dan masuk atau menyambungkan proses di dalam lembar/halaman yang berbeda.
Processing symbol adalah simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer. Di kotak ini programmer biasanya menulis tindakan utama dari algoritma atau logika utama program. Simbol ini adalah inti dari diagram alur karena kode pemrosesan utama ditulis di dalam kotak ini.
Manual operation symbol adalah simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer.
Decision symbol adalah simbol untuk memilih proses berdasarkan kondisi tertentu yang menghasilkan kemungkinan dua jawaban ya atau tidak.
Input-output symbol adalah simbol yang berfungsi untuk menyatakan proses input dan output tanpa bergantung dengan jenis peralatannya. Pada dasarnya menggambarkan informasi yang masuk ke sistem atau algoritma dan informasi yang keluar dari sistem atau algoritma.
Manual input symbol adalah simbol yang berfungsi untuk memasukkan data secara manual online keyboard.
Preparation symbol adalah simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage/penyimpanan.
Pre-define process symbol adalah simbol yang berfungsi untuk melaksanakan suatu bagian (sub-program) atau prosedur.
Display symbol adalah simbol untuk menyatakan peralatan output yang digunakan seperti layar, plotter, printer, dll.
Disk and online storage symbol adalah simbol untuk menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.
Magnetic tape unit symbol adalah simbol yang digunakan untuk menyatakan input yang berasal dari pita magnetik atau output yang disimpan ke pita magnetik.
Punch card symbol adalah simbol yang berfungsi untuk menyatakan bahwa input berasal dari kartu atau output yang ditulis ke kartu.
Document symbol adalah simbol yang berfungsi untuk menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output yang dicetak ke kertas.

Baca juga: Use diagram: Pengertian, manfaat, komponen, dan 5 aplikasinya

Manfaat atau fungsi membuat flowchart


Salah satu manfaat flowchart adalah sebagai representasi visual agar lebih mudah dikomunikasikan - Pexels

Manfaat flowchart adalah untuk menggambarkan proses dari penyelesaian masalah secara lebih ringkas menggunakan simbol-simbol tertentu. Simak beberapa fungsi lain dari flowchart berikut ini.

  • Sebagai representasi visual dari sebuah algoritma yang dapat meningkatkan kemudahan program untuk dibaca
  • Untuk menggambar program yang kompleks secara sederhana
  • Untuk membantu anggota tim mendapatkan wawasan tentang proses dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengumpulkan data, mendeteksi masalah, mengembangkan perangkat lunak, dll
  • Flowchart adalah langkah dasar untuk merancang proses baru atau menambah fitur tambahan
  • Untuk memudahkan komunikasi menggunakan visual diagram alur

Baca juga: Apa itu data flow diagram? Berikut informasi selengkapnya

Contoh flowchart


Flowchart digunakan untuk menjelaskan sebuah proses atau program - Pexels

Untuk memahami lebih dalam mengenai flowchart, simak contoh-contoh berikut ini.

1. Contoh flowchart proses pemesanan barang

Pemesanan produk → Konfirmasi pembayaran → Konfirmasi inventaris → Proses produksi → Pengiriman produk

Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pemesanan barang, mulai dari pemesaran produk, proses produksi hingga pengiriman produk kepada kustomer.

2. Contoh flowchart proses pengiriman surat

Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pengiriman surat, mulai dari penulisan surat, kelengkapan detail pengiriman, hingga pengiriman surat melalui kantor pos.

3. Contoh flowchart proses pembuatan kopi

Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pembuatan kopi, mulai dari membuka kemasan kopi, memasak air, hingga mencampurkan kopi dan air kemudian diaduk rata.

Baca juga: Roadmap adalah: Pengertian, tujuan, prinsip dasar, dan 4 contohnya

Itu tadi informasi mengenai flowchart untuk membantu kamu memahami simbol-simbol yang sering digunakan dalam flowchart hingga contohnya. Untuk kamu yang saat ini masih sedang mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber: 

  • asq.org
  • kompas.com
  • medium.com
  • geeksforgeeks.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video