Technology

Rekomendasi Aplikasi Kamera, Foto Jadi Aesthetic!

Published on
Min read
7 min read
time-icon
Cover_(Apkam).jpg

Foto sudah dijadikan objek pengingat masa lalu sejak dulu. Melalui foto, kisah dan memori yang tersimpan di dalamnya bisa diceritakan kembali. Seiring berjalannya waktu, foto tidak hanya dijadikan benda untuk mengabadikan momen tetapi juga untuk menunjukkan kepribadian atau personal branding di media sosial.

Foto yang ditampilkan di media sosial pada umumnya menampilkan sisi diri seseorang yang diinginkannya untuk dilihat orang lain. Oleh sebab itu, ada banyak aplikasi, termasuk aplikasi kamera, yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan aplikasi kamera yang ada, kamu bisa memilih ingin menggunakan filter atau gaya foto yang sesuai denganmu. Selain itu, hasil jepretanmu juga bisa lebih aesthetic dan lebih enak dilihat. Lantas, apa saja, ya, rekomendasi aplikasi kamera yang bisa membuat hasil foto menjadi lebih menarik? Untuk mengetahuinya, baca artikel ini sampai tuntas, ya!

1. OldRoll


OldRoll, aplikasi kamera yang membuat fotomu terlihat vintage (sumber: Techbings.com)

Apakah kamu penyuka foto bernuansa vintage? Jika iya, kamu bisa mencoba OldRoll untuk mengabadikan momenmu. Keunggulan aplikasi yang mendapat rating 4.7 di Play Store ini adalah bisa langsung mengambil foto dengan filter vintage (jadi kamu tidak perlu mengeditnya lagi), mempunyai film square yang sesuai dengan ukuran feeds Instagram, mempunyai banyak efek kekinian yang bernuansa vintage, dan masih banyak lagi. Sebagian efek dan fitur yang tersedia di OldRoll bisa diakses secara gratis. Akan tetapi, apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa berlangganan paket premium yang tersedia dengan pilihan mingguan, bulanan, dan tahunan.

2. NOMO CAM


NOMO CAM, membuat hasil fotomu seperti diambil dengan kamera analog (sumber: Apkmonk.com)

Sama seperti OldRoll, NOMO CAM ingin penggunanya fokus pada pengambilan gambar alih-alih sibuk mengedit foto. Oleh sebab itu, NOMO CAM menyediakan berbagai fitur dan efek yang bisa langsung digunakan ketika foto diambil. Aplikasi kamera yang sudah diunduh sebanyak 5 juta kali ini menyediakan presets analog termasuk curves, grains, dust, light leak, vignette, sharpening, frames, dan sebagainya sehingga foto benar-benar terlihat seperti diambil dengan kamera film 35mm sungguhan. NOMO CAM adalah aplikasi kamera yang menyediakan beberapa fitur dan efeknya secara gratis. Untuk dapat menikmati fitur dan efek tambahan, kamu bisa mengikuti membership dan membayar secara bulanan atau tahunan.

3. 1998 Cam


1998 Cam, aplikasi kamera yang memberikan nuansa vintage (sumber: kingmodapk.com)

Rekomendasi aplikasi kamera berikutnya adalah 1998 Cam. Aplikasi kamera yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menyediakan 100 filter bernuansa vintage, retro, black and white, cinematic, dan lain-lain yang bisa dinikmati secara gratis. Berbeda dengan dua aplikasi kamera sebelumnya, 1998 Cam menyediakan fitur editing photo setelah penggunanya mengambil gambar. Tidak hanya itu, 1998 Cam juga menyediakan efek 3D realistis, self-timer, dan date time stamp yang menjadi ciri khas foto bernuansa vintage. Hebatnya lagi, aplikasi kamera ini tidak menyematkan watermark dan semuanya bisa diakses tanpa harus melakukan subscription.

4. VSCO Cam


VSCO Cam, aplikasi kamera yang bisa menyesuaikan hasil foto sesuai keinginanmu (sumber: Tapsmart.com)

VSCO Cam adalah aplikasi kamera yang sudah cukup banyak digunakan oleh para pencinta fotografi. Aplikasi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 57 MB ini menyediakan beberapa preset yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tone foto sesuai keinginanmu. Selain itu, jika kamu masih kurang puas dengan hasil gambar yang kamu ambil, aplikasi ini turut menyediakan fitur editing photo. Kamu bisa mengatur saturation, brightness, exposure, dan lain sebagainya sampai foto yang kamu ambil terlihat lebih cocok dengan seleramu.

Baca juga: Kenali Photoshop beserta dengan 5 Fungsi dan Fiturnya untuk Editing Foto

5. Camera MX


Camera MX, aplikasi kamera untuk mengambil foto dengan fokus yang pas (sumber: cameramx.com)

Aplikasi kamera satu ini mempunyai spesialisasi di titik fokus pengambilan gambar. Jika kamu suka dengan hasil foto yang terlihat jernih dan mempunyai proporsi yang pas, Camera MX bisa kamu jadikan pilihan. Selain untuk mengambil gambar, aplikasi kamera ini juga bisa digunakan untuk mengambil video dan live photo. Tidak hanya itu, aplikasi Camera MX juga dilengkapi dengan fitur fungsional kamera, seperti color effects, white balance, ISO, dan lain sebagainya; pilihan untuk menambahkan tanggal pengambilan gambar; panorama, termasuk untuk kamera depan; dan focus bracketing mode. Semua fitur ini bisa kamu akses secara gratis, lho.

6. Polarr


Polarr, aplikasi kamera yang menyediakan ratusan filter trendy. (sumber: Redxl.com)

Aplikasi kamera yang berikutnya adalah Polarr. Aplikasi kamera yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini tidak hanya menyediakan ratusan filter tetapi juga menyediakan tempat bagi kamu atau kreator lainnya untuk membuat filter sendiri. Dengan Polarr, kamu bisa menggunakan efek untuk menyesuaikan pencahayaan, fokus, nuansa, gradien, dan warna foto sesuai keinginanmu. Meskipun sebagian fitur dapat diakses secara gratis, jika kamu ingin mengakses semua fitur yang tersedia, kamu harus membayar biaya subskripsi secara bulanan atau tahunan.

7. Night Camera


Night Camera, aplikasi kamera untuk mengambil foto di tempat berpencahayaan minim (sumber: nightcamera.com)

Momen penting bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di tempat berpencahayaan minim pada malam hari. Supaya momen berharga itu tetap bisa diabadikan dengan kualitas foto yang bagus, kamu bisa mengunduh aplikasi kamera satu ini. Night Camera adalah aplikasi kamera yang dirancang untuk mengambil foto di tempat gelap dan tetap menghasilkan foto berkualitas tinggi. Kamu juga bisa memperbesar gambar beberapa kali jika objek foto yang ingin kamu ambil berada cukup jauh dari jangkauanmu. Untuk dapat mengambil foto terbaik, kamu disarankan untuk memotret dalam kondisi stabil alias tidak bergoyang ke sana ke mari.

8. Camera FV-5


Camera FV-5, aplikasi kamera yang membuat foto seperti diambil dengan DSLR (sumber: Moddroid.com)

Aplikasi kamera selanjutnya adalah Camera FV-5. Hasil foto dengan aplikasi kamera satu ini menyediakan banyak fitur sehingga hasil fotonya seperti diambil dengan kamera DSLR. Fitur yang disediakan oleh Camera FV-5 adalah long exposure, manual shutter speed, autofocus, live RGB histogram, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Cara Membuat Foto HD dengan Mudah dan Cepat Secara Online

9. Open Camera


Open Camera, aplikasi kamera berkapasitas kecil untuk pengambilan foto yang fokus (sumber: Apkpure.com)

Serupa dengan aplikasi Camera MX, aplikasi kamera satu ini juga mengedepankan fitur fokus dalam pengambilan gambarnya. Open Camera menyediakan fitur auto-level sehingga mau seperti apa pun posisimu ketika memotret, gambar yang kamu hasilkan tetap berada di level yang proporsional. Selain itu, aplikasi kamera yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali ini juga menyediakan fitur camera functionality, handy remote controls, upside-down preview, panorama, noise reduction, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis atau berlangganan secara premium untuk menikmati semua fiturnya.

10. Kuji Cam


Kuji Cam, aplikasi yang menyediakan ratusan filter dan efek foto (sumber: apkmonk.com)

Kuji Cam adalah aplikasi kamera yang menyediakan 180 lebih filter dan ratusan light leak and dust, grain bokeh, frames, dan effects yang bisa mempercantik fotomu. Selain itu, sama seperti beberapa aplikasi kamera lainnya, Kuji Cam juga menyediakan fitur date stamp dan film dust untuk menampilkan kesan vintage. Kamu bisa menggunakan aplikasi kamera satu ini secara gratis atau berbayar. Dengan berlangganan paket premium, kamu bisa mengakses aplikasi tanpa terganggu iklan, bisa menggunakan semua filter yang tersedia, dan menciptakan efek foto sendiri.

11. Snapseed


Snapseed, aplikasi kamera populer yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali (sumber: Softonic.com)

Snapseed adalah aplikasi kamera yang dikembangkan langsung oleh Google. Fitur yang disediakan oleh aplikasi kamera satu ini adalah 29 tools and filters termasuk healing, brush structure, HDR, dan perspectives. Selain itu, kamu juga bisa memotong gambar sesuai keinginan, memutar gambar, menyesuaikan white balance, dan menambahkan efek kekinian, seperti vintage, grainy film, atau black and white.

12. Cymera


Cymera, aplikasi kamera untuk hasil selfie yang flawless. (sumber: Gentooz.com)

Pegiat media sosial tampaknya sudah tidak asing dengan aplikasi kamera satu ini. Cymera menyediakan berbagai macam tools yang populer digunakan, seperti real time selfie filters, crop tool for social media thumbnail, blur effect, collage maker, body and face editor, smaller and v-shaped face, skin glow tool, dan masih banyak lagi.

13. Footej Camera


Footej Camera, aplikasi kamera dengan hasil foto yang next level. (sumber: Techtiprr.com)

Rekomendasi aplikasi kamera yang terakhir adalah Footej Camera. Aplikasi kamera yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menyediakan berbagai pilihan, seperti DSLR camera, manual camera, manual ISO, shutter speed control, burst mode, long mode, perfect lens buddy, dan masih banyak lagi. Dengan Footej Camera, foto yang kamu unggah di media sosial bisa sangat menarik untuk dilihat.

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Foto Gratis untuk iOS dan Android 2022

Demikian rekomendasi aplikasi kamera yang bisa membuat hasil fotomu semakin aesthetic. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu aplikasi kamera tersebut?

Selain artikel ini dan artikel lain yang bisa kamu akses di EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • 99.co
  • pricebook.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read
    H1_Wifi_Portable.jpg

    Technology

    8 Rekomendasi WiFi Portable Terbaik dan Lengkap dengan Daftar Harganya

    Algonz D.B. Raharja

    05 December 2022
    6 min read

    Video