Careers

12 Aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS 2022

Published on
Min read
10 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Aplikasi_Edit_Foto.jpg

Menyunting foto menjadi tren yang belakangan berkembang di masyarakat. Pasalnya, kegiatan menyunting foto ditunjang dengan keberadaan beberapa aplikasi media sosial macam Instagram yang membuat orang tertarik untuk mengunggah feed Instagram dengan foto-foto terbaik mereka. Nah, untuk membuat foto-foto yang ditampilkan menjadi lebih pas, indah, dan nampak prima, maka beberapa aplikasi edit foto juga muncul mengikuti arus.

Aplikasi edit foto ini memungkinkan pengguna Instagram maupun praktisi fotografi berbasis smartphone untuk bisa menyunting fotonya secara ringkas. Ingin tahu apa saja aplikasi edit foto yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis? Mari simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Software Desain Grafis 2021 yang Gratis dan Berbayar

Manfaat menggunakan aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto digunakan secara umum sebagai penunjang pengguna media sosial dalam merepresentasikan foto yang mereka ambil dan simpan di gawai mereka. Aplikasi edit foto mampu membuat beberapa orang tampil percaya diri untuk mengunggah foto-foto mereka di berbagai media sosial, baik Facebook hingga Instagram.

Foto-foto jepretan ponsel pintar ini tak selalu berisi foto wajah tetapi juga foto semi profesional lainnya yang sekarang telah didukung dengan kamera mumpuni dari berbagai produksi gawai. Beberapa manfaat utama dari penggunaan aplikasi edit foto dapat dirangkum menjadi beberapa hal sebagai berikut:

  • Mudah digunakan
  • Ringkas dan dapat disinkronisasi dengan foto yang tersimpan dalam ponsel
  • Efektif dalam proses penyimpanan maupun pengunggahan ke medsos
  • Tidak melibatkan proses rumit dalam menambah atau mengurangi efek pada foto
  • Bisa diakses kapan saja dan di mana saja

Baca Juga: 8 Tools Gratis untuk Membuat Infografis

12 aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS


Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto terlengkap (Sumber: helpx.adobe.com)

Untuk lebih mudah memahami dan mengetahui apa saja aplikasi edit foto yang dapat kita akses secara gratis lewat ponsel pintar, ada baiknya kita mengenal berbagai macam aplikasi edit foto berikut ini.

1. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto yang dapat digunakan secara gratis dan menghasilkan foto secara profesional. Aplikasi edit foto ini memiliki fitur penyuntingan foto yang cukup lengkap meski sedikit memakan memori dalam ponsel kita. 

Meski begitu aplikasi edit foto Lightroom ini mampu membantu kita untuk mengontrol foto secara halus baik lewat Android maupun iOS. Kamu bisa mengatur kontur foto, pencahayaan, hingga menerapkan sunting otomatis yang membuat foto secara otomatis menjadi tegas dan memiliki kontras tepat. Kamu bisa mengunduh Adobe Lightroom untuk Android maupun iOS dengan berlangganan maupun secara gratis untuk beberapa batasan tertentu.

2. Adobe Photoshop Express


Adobe Photoshop Express dipakai dengan ringkas sebagai aplikasi edit foto seluler (Sumber: gsmarena.com)

Aplikasi edit foto selanjutnya masih dari pabrikan Adobe, yaitu Photoshop Express. Aplikasi edit foto ini secara umum memiliki fitur yang sama dengan Lightroom seperti pada eksposur, kontras, dan pewarnaan foto. Namun, beberapa fitur lain seperti sinkronisasi penyimpanan dan beberapa alat pro tidak tersedia di sini.

Adobe Photoshop Express memiliki keunggulan karena lebih ringan dan akses gratisnya lebih luas daripada Lightroom. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto ii untuk menemukan filter foto yang pas denganmu atau membuat kolase dari beberapa foto dalam satu frame. Aplikasi edit foto ini dapat diunduh untuk gawai berbasis Android dan iOS.

3. VSCO


Aplikasi edit foto VSCO memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan (Sumber: dailysocial.com)

Salah satu aplikasi edit foto terpopuler adalah VSCO. Aplikasi edit foto ini secara umum bekerja sebagai penyunting foto, komunitas medsos, dan sinkronisasi kamera dengan filter yang beragam. Aplikasi edit foto VSCO ini dapat digunakan secara gratis dengan berbagai filter bertema nostalgia.

Tak hanya itu, VSCO juga memungkinkan pengguna untuk memberi sentuhan pada foto secara lebih luas. Alat penyuntingan pada aplikasi edit foto ini pun tidak terlalu kompleks karena berisi alat standar seperti cropping, sketsa, hingga adjustment. VSCO juga dibekali dengan pengaturan eksposur, kontras, suhu, dan pewarnaan.

Kamu bisa mengunduh VSCO melalui Google Playstore maupun iOS Apps Store.

Baca Juga: Cara Menjadi Desainer Grafis Handal Tanpa Kuliah

4. Snapseed


Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto paling populer untuk menyunting foto (Sumber: endgadget.com)

Jika ditanya aplikasi edit foto paling yang paling santer terdengar dalam beberapa tahun ke belakang, maka Snapseed bisa menjadi salah satu jawaban umumnya. Aplikasi edit foto ini hampir memiliki semua fitur, baik manual maupun otomatis, yang dapat digunakan dengan mudah oleh penyunting foto seluler pemula.

Snapseed merupakan aplikasi edit foto gratis dengan sejumlah besar alat penyuntingan yang dapat memberi kontrol pada pengguna terhadap eksposur dan pewarnaan. Snapseed juga memiliki filter seperti black and white, vintage, HDR, hingga blur. Pengguna juga bisa membuat filter mandiri yang dapat disimpan dalam akun Snapseed-nya sendiri.

Kamu bisa mengunduh aplikasi edit foto Snapseed ini untuk Android dan iOS.

5. Pixlr


Aplikasi edit foto Pixlr cukup ringkas untuk digunakan dalam ponsel (Sumber: pixlr.com)

Aplikasi edit foto ini dulunya dikenal dengan nama Pixlr Express yang bertajuk aplikasi edit foto gratis dan mudah. Pixlr membantu pengguna untuk menyunting foto dari berbagai momen dengan banyak kombinasi efek, overlay, hingga filter secara gratis.

Beberapa fitur utama dalam Pixlr adalah kolase foto, pengaturan rasio, penyesuaian background, hingga memperbaiki warna foto secara otomatis. Beberapa efek utama dalam aplikasi edit foto ini antara lain adalah Stylize, Color Splash, Focal Blur

Kamu bisa mengunduh Pixlr lewat tautan berikut ini.

6. PicsArt


Picsart digunakan secara ringan lewat ponsel untuk menyunting foto secara mudah (Sumber: picsart.com)

PicsArt juga merupakan salah satu aplikasi edit foto terpopuler yang umum dipakai di Indonesia. Beberapa fitur unggulan PicsArt adalah penyesuaian dasar seperti eksposur, kontras, hingga pewarnaan sinematis, dan beberapa filter dramatis yang dapat membuat foto pengguna lebih menarik.

PicsArt dapat digunakan secara ringkas dan mudah karena umumnya pengaturan pada fitur-fiturnya dapat dilakukan hanya dengan gerakan satu jari saja. Dengan kemudahan ini PicsArt tetap mampu menghasilkan suntingan foto yang mumpuni untuk diunggah di berbagai media sosial.

Kamu bisa mengunduh PicsArt lewat Google Playstore maupun iOS AppStore.

7. PhotoLab


Aplikasi edit foto PhotoLab dapat mengubah foto seperti lukisan atau animasi (Sumber: apkdone.com)

Jika kamu mencari aplikasi edit foto yang dapat membuat swafoto atau potret foto milikmu menjadi layaknya lukisan atau animasi, maka PhotoLab bisa jadi pilihan terbaik. Aplikasi edit foto ini memiliki lebih dari 900 efek dan dapat membuat montase wajah yang luar biasa. Aplikasi edit foto ini memiliki berbagai frame, efek animasi, dan filter untuk mengubah foto jepretanmu secara drastis.

Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto ini secara mudah dalam hitungan detik untuk membuat fotomu nampak kreatif. Fitur utama dari aplikasi edit foto ini adalah menyunting foto menjadi layaknya karya seni hingga efek foto realistis. Tak hanya itu, PhotoLab juga mampu membuat kolase dan montase foto wajah dengan algoritma tertentu dengan filter unik di dalamnya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi PhotoLab lewat tautan berikut ini.

8. Canva


Aplikasi edit foto Canva bisa digunakan untuk mendesain poster bisnis hingga CV (Sumber: guidingtech.com)

Canva merupakan salah satu aplikasi edit foto terlengkap yang paling mudah dan gratis. Aplikasi edit foto ini umum digunakan dalam berbagai hal, mulai dari membuat kartu ucapan, menyunting foto, hingga membuat CV. Saking lengkapnya, Canva dianggap mampu menjadi subtitusi dari berbagai aplikasi desain grafis yang rumit.

Bagi dunia bisnis, aplikasi edit foto Canva juga amat berguna karena dapat membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk membuat poster iklan mereka sendiri dengan menarik dan tanpa biaya. Tak hanya itu, Canva juga ahlinya dalam bidang membuat selebaran digital di berbagai media sosial dengan penyesuaian tertentu seperti ukuran dalam story atau feed di Instagram maupun media sosial lainnya.

Aplikasi edit foto ini juga menyediakan berbagai fitur Pro yang dapat dinikmati dengan berbayar seperti penghilangan latar belakang dan pembuatan logo. Dengan berbagai font yang ada di Canva, seseorang bisa membuat kartu ucapan maupun poster berukuran besar dengan menarik dan cepat tanpa harus membayar jasa desain.

Kamu bisa mengunduh Canva untuk Android maupun iOS.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Mockup Website untuk Kamu Coba

9. Unfold


Aplikasi edit foto Unfold dapat membantu pembuatan desain untuk story Instagram dengan baik (Sumber: blessthisstuff.com)

Unfold merupakan aplikasi edit foto dan video yang dapat membantu pengguna untuk membangun story Instagram dengan menarik. Bagi seorang influencer atau kreator konten Instagram, aplikasi edit foto yang satu ini bisa amat membantu kalian.

Unfold memiliki lebih dari 400 koleksi template untuk story Instagram dengan perencanaan feed Instagram beserta desain, filter, font, dan beberapa fitur lain seperti pengaturan tautan pada situs bio Instagram. Aplikasi edit foto ini juga memiliki penyunting teks dan font yang dipakai dalam foto maupun video secara mudah dan efisien.

Kamu bisa mengunduh Unfold untuk Android maupun iOS.

10. Prisma


Prisma merupakan aplikasi edit foto yang dapat mengubah foto menjadi seperti karya seni legendaris (Sumber: slashgear.com)

Bagi kamu yang memiliki jiwa artistik dan ingin menyunting fotomu dengan berbagai gaya seni lukis kreatif, maka Prisma adalah jawabannya. Aplikasi edit foto ini memang tidak memiliki fitur pengaturan sunting foto yang rigid dan rumit, tetapi Prisma dapat secara otomatis mengubah foto jepretanmu menjadi lukisan seperti milik beberapa pelukis legendaris dengan gaya artistiknya masing-masing.

Aplikasi edit foto Prisma dapat digunakan untuk membuat foto potret seperti diolah dengan vektor desain yang rumit. Padahal, kamu hanya perlu menambahkan efek pilihan pada foto milikmu dan nantinya akan tercipta hasil suntingan foto yang artistik dan menarik. Hasil foto yang telah disunting lewat Prisma dapat digunakan sebagai foto profil berbagai media sosial maupun feed Instagram.

Aplikasi edit foto Prisma dapat diunduh untuk gawai berbasis Android dan iOS.

11. PicSay


PicSay merupakan aplikasi edit foto dengan ukuran ringan dan pengoperasioan sederhana (Sumber: tutorial89.com)

PicSay merupakan salah satu aplikasi edit foto ringan untuk ponsel berbasis Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto ini tanpa harus takut kehilangan banyak memori pada gawai milikmu. Pun, PicSay dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menempelkan berbagai teksi atau font ke dalam foto. Sehingga, kamu bisa berkreasi dengan aneka foto lucu dan menarik lewat PicSay.

Aplikasi edit foto ini juga memiliki fitur tambahan seperti mengatur shadow dan efek cahaya dalam foto dengan mudah. Meski nampak ringan dan tampilan antarmukanya yang datar, namun PicSay dapat digunakan dan diunduh dengan mudah karena ringan. Kamu bisa mengunduh aplikasi edit foto ini lewat tautan berikut ini.

12. PhotoDirector


Aplikasi edit foto PhotoDirector memiliki keunggulan untuk melakukan kolase foto yang beragam (Sumber: malavida.com)

Aplikasi edit foto PhotoDirector merupakan aplikasi produksi Cyberlink untuk sektor penyuntingan foto otomatis. Aplikasi edit foto ini dapat membantu pengguna untuk melakukan penyuntingan dengan efek berbasis artificial intelligence dalam satu ketukan. 

PhotoDirector memiliki beberapa fitur seperti bokeh, mengubah latar belakang, menghapus objek, dan membuat kolase gratis dengan penyesuaian tertentu. Tak hanya itu, aplikasi edit foto ini memiliki fitur utama yaitu alat animasi foto yang dapat mengatur overlay, dispersi, hingga penggunaan AI dalam proses penyesuaian objek foto.

Kamu bisa mengunduh aplikasi edit foto PhotoDirector lewat Google Play Store dan Apps Store.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik dan Mudah Digunakan

Itulah tadi beberapa aplikasi edit foto gratis yang dapat diunduh dan digunakan secara mudah bagi pengguna ponsel pintar. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan beberapa aplikasi edit foto tadi dengan melakukan upgrade berbayar pada tiap fitur-fiturnya.

Bagi kamu yang tertarik dan memiliki potensi di bidang pengolahan grafis atau visual, tentunya aplikasi-aplikasi edit foto macam ini bisa mendukungmu. Aplikasi edit foto ini juga dapat mendukung kerja para kreator konten di media sosial untuk mendapatkan konten visual dalam tempo cepat dan hasil memuaskan.

Lantas, bagi kamu yang ingin berkarier di bidang desain grafis atau kreator konten, tentunya EKRUT bisa membantumu. Kamu dapat mendaftar lewat EKRUT untuk ditemukan berbagai perusahaan yang mencari kandidat berpotensi sepertimu. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mulai meniti kariermu lewat EKRUT.

Sumber:

  • 8 of the best photo-editing apps for your iPhone and Android phone
  • 23 Best Photo Editing Apps for iPhone and Android in 2021
  • 14 Of The Best Photo Editing Apps For Android and iOS
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video