Technology

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Merangkum Secara Online [2022]

Published on
Min read
7 min read
time-icon
H1_Merangkum.jpg

Pernahkah kamu saking sibuknya sampai berpikir 24 jam sehari terasa kurang dan berandai-andai kalau saja sehari itu 26 jam? Apalagi jika waktumu tersita untuk membaca buku atau teks berpuluh-puluh lembar padahal masih banyak kesibukan yang harus diselesaikan sesegera mungkin. Nah, artikel ini akan mengulas 10 rekomendasi aplikasi untuk merangkum secara online 2022. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Resoomer

Resoomer adalah salah satu website merangkum bacaan paling populer telah digunakan oleh ribuan pengguna dari berbagai macam kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa/i, guru, dosen, jurnalis, editor, penulis, pembaca, dan lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Resoomer membantu kamu dalam meringkas dan mengurai teks ilmiah seperti jurnal maupun artikel penelitian dan teks nonilmiah seperti surat kabar sampai cerpen. Resoomer sangat efektif bagi kamu yang ingin menghemat waktu tanpa membaca keseluruhan teks.

Kunjungi Resoomer

2. Editpad

Editpad tidak hanya membantu kamu untuk meringkas teks, namun Editpad memiliki segudang fitur lainnya seperti parafrasa teks, mengecek plagiarisme, dan mengedit grammar. Editpad sangat cocok bagi kamu yang berkutat dalam dunia kepenulisan baik itu mahasiswa/i sampai dosen sekalipun dengan segudang fitur lainnya termasuk meringkas teks.

Kunjungi Editpad

3. SMMRY

SMMRY sangat populer di kalangan pelajar karena memiliki fitur yang mempermudah penggunanya. Kamu bisa langsung unggah teks dengan format PDF atau TXT sehingga kamu tidak perlu lagi copy-paste dari sumber yang ingin kamu rangkum. Di SMMRY, kamu juga dapat memilih seberapa banyak kalimat ringkasan yang ingin dihasilkan dari teks tersebut. Fitur ini mempermudah kamu agar tidak kesulitan menentukan seberapa banyak hasil ringkasan tulisan yang kamu mau.

Kunjungi SMMRY

4. Paraphraser

Salah satu keunggulan yang disuguhkan oleh Paraphraser adalah menjaga kualitas tulisan setelah diringkas. Paraphraser menggunakan metode merangkum dengan algoritma dan kata kunci yang ada di dalam teks. Dengan begitu, hasil ringkasan akan jelas dan mudah dipahami. Tidak hanya fitur merangkum, Paraphraser juga memiliki fitur unik seperti Article Rewriter yang membantu kamu menulis ulang dari tulisan seperti artikel atau esai yang sudah ada sebelumnya.

Kunjungi Paraphraser

5. Smodin

Bagi kamu yang ingin merangkum berbagai macam jenis tulisan dan teks, Smodin adalah salah satu website meringkas yang cocok untukmu. Tidak hanya tulisan ilmiah dan artikel, Smodin dapat merangkum jenis tulisan seperti dokumen legal sampai manuskrip. Website merangkum ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelajar dan dosen, Smodin juga cocok untuk beragam jenis pekerjaan yang membutuhkan aplikasi merangkum online.

Kunjungi Smodin

6. Quillbot

Sama seperti website merangkum lainnya, Quillbot tidak hanya menawarkan fitur untuk meringkas tulisan, namun juga memberikan berbagai fitur seperti parafrasa dan mengecek plagiarisme. Quillbot sangat cocok untuk kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi atau tesis kamu untuk melihat apakah tulisanmu sudah layak atau banyak kalimat yang mengandung plagiat.

Kunjungi Quillbot

7. RingkasIn

Website RingkasIn didesain khusus untuk tulisan dan teks berbahasa Indonesia. Maka dari itu, website ini sangat cocok bagi kamu yang berniat ingin merangkum sumber tulisan yang berbahasa Indonesia. Selain menghasilkan rangkuman yang lebih akurat karena dikhususkan untuk tulisan berbahasa Indonesia, RingkasIn memiliki fitur untuk kamu dapat menentukan berapa persen dari sumber tulisan yang akan diringkas. 

Kunjungi RingkasIn

8. TLDR This

Website merangkum TLDR This menyajikan fitur memasukkan URL teks atau tulisan yang ingin kamu ringkas. Tidak hanya itu, kamu diberikan pilihan bagaimana metode meringkas yang akan digunakan. Pilihan metode tersebut adalah menggunakan key sentences atau AI (human-like). TLDR This menyuguhkan fitur pilihan lain yang tidak kalah penting, yaitu hasil ringkasan yang singkat atau hasil ringkasan yang detail sehingga kamu tidak perlu repot-repot membaca ulang rangkumannya.

Kunjungi TLDR This

9. I Lazy to Read

Saat kamu berlama-lama menatap tulisan dan teks di layar, terkadang membuat kamu pusing dan mual. Nah, ketika kamu membuka website merangkum I Lazy to Read, kamu akan disuguhkan dengan tampilan desain UX website yang membuat mata kamu nyaman. Kamu dapat menaruh tulisan dan teks di I Lazy to Read dengan cara copy-paste ke halaman website-nya agar bisa dirangkum.

Kunjungi I Lazy to Read

10. Auto Summarizer

Salah satu keunggulan dari Auto Summarizer adalah website merangkum online ini cukup ringan sehingga hanya memakan waktu singkat saat kamu membukanya. Tampilannya pun sangat sederhana dan minimalis tanpa adanya pop-up iklan. Cocok bagi kamu yang tidak ingin diganggu dengan adanya banyak iklan saat sedang internetan.

Kunjungi Auto Summarizer

Itulah rekomendasi aplikasi untuk merangkum secara online yang dapat mempermudah kerjamu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • ivypanda.com
  • rigorousthemes.com
  • maketecheasier.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video