Technology

12 Aplikasi untuk Mendukung Kegiatan Marketing

Published on
Min read
6 min read
time-icon
cover_(13).jpg

Bisnis di masa sekarang, tidak bisa dipisahkan dari berbagai aplikasi pendukung kegiatan marketing yang berkembang pesat. Kamu bisa memakai tools atau aplikasi pendukung kegiatan marketing ini untuk meningkatkan pemasaran bisnismu kapanpun dan dimanapun yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu bisa berbagi dan menambah keterlibatan audiens di media sosial sambil menunggu antrian belanja atau mempromosikan produk terbaru sambil santai di kafe. Mari kenali beberapa aplikasi pendukung kegiatan marketing yang akan membantu kesuksesan bisnismu di sini!

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Rekomendasi aplikasi pendukung kegiatan marketing


Aplikasi pendukung kegiatan marketing sangat membantu dalam hal pemasaran produk. (Sumber: Pexels)

Adapun beberapa rekomendasinya sebagai berikut.

1. Hootsuite

Siapa yang tak kenal Hootsuite? Di dunia marketing, Hootsuite sangat populer sebagai aplikasi pendukung kegiatan marketing. Aplikasi ini mempunya fitur untuk mengelola akun media sosial bisnis. Termasuk menjadwalkan, membuat, merencanakan, menerbitkan, serta memantau postingan. Kamu juga bisa membalas komentar atau menambah keterlibatan dengan audiens di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube. Saat ini, Hootsuite gratis tersedia hanya untuk 2 profil medsos. Lebih dari itu, akan dikenakan biaya.

2. Brand24

Rekomendasi aplikasi pendukung kegiatan marketing selanjutnya adalah Brand24. Alat pemasaran dan analisis media sosial ini sangat populer. Dengan Brand24, kamu bisa memantau dan menganalisis seperti jumlah audiens yang melihat kontenmu, berapa kali tagar (hashtag) bisnismu dipakai, menganalisis pandangan audiens terhadap brand milikmu, hingga membuat laporan analisis secara instan.

3. Anchor.fm

Untuk mendukung kegiatan marketing, Anchor.fm adalah aplikasi perekam audio untuk micro-podcasting, siaran audio, tanya jawab, talk show, wawancara, dan banyak lagi. Kamu bisa membuat konten seperti podcast atau konten audio yang nantinya dibagikan ke media sosial. Fitur seperti transkripsi dan klip suara akan memudahkan pembuatan audio. Selain itu, aplikasi ini tersedia secara gratis, tanpa biaya bulanan.

4. Bit.ly

Kalau kamu bekerja di industri marketing, Bit.ly pasti sudah bukan aplikasi yang asing. Aplikasi ini berfungsi untuk menyingkat atau memperpendek URL yang terlalu panjang. Jadi, kamu bisa mencantumkan URL versi Bit.ly di posting media sosial agar lebih rapi dan singkat. Bit.ly tersedia gratis dan berbayar.

5. Google Analytics

Strategi marketing di media sosial tak akan lengkap tanpa Google Analytics. Maklum saja, aplikasi pendukung kegiatan marketing ini dapat membantu memantau, menganalisis, dan melacak arah lalu lintas website bisnismu. Dengan analisis yang tepat, kamu bisa menempatkan strategi pasar yang efektif. Misalnya, memahami perilaku audiens, memantau dampak media sosial, hingga mengarahkan pengunjung website agar menjadi pelanggan yang membeli produk/jasamu.

6. Evernote

Dalam hal pencatatan dan pengingat tugas, Evernote adalah aplikasi pendukung kegiatan marketing yang bisa diandalkan. Selain menghadirkan fitur daftar tugas dan kemudahan navigasi file, aplikasi Evernote memungkinkan pengguna mengambil gambar dari sesuatu yang ingin kamu ingat. Bahkan, Evernote bisa menampilkan teks dan suara dari gambar tersebut agar kamu lebih mudah mengelola dan mengingat tugas-tugas apa saja yang akan kamu kerjakan.

7. Canva

Di masa lalu, kalau kamu ingin membuat desain gambar, ilustrasi, atau brosur untuk di-posting di blog, kamu harus membayar mahal desainer grafis. Tetapi, sekarang sudah ada Canva. Salah satu aplikasi pendukung kegiatan marketing ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan berkolaborasi di bidang desain grafis. Lebih sederhana dibanding Photoshop, kamu cukup drag-and-drop elemen ke dalam desainmu. Kamu juga bisa menambahkan warna, huruf, dan foto dalam sekali klik yang cepat.

8. Asana

Asana dapat berjalan di sistem operasi Android, iOS, hingga perangkat desktop. Tak heran jika Asana menjadi salah satu aplikasi pendukung kegiatan marketing yang paling populer. Menawarkan layanan manajemen proyek untuk mengatur tugas-tugas anggota tim kerja dengan cepat dan mudah. Versi aplikasi seluler Asana dikenal luas di seluruh dunia untuk berkolaborasi kapanpun dan dimanapun.

9. Trello

Di berbagai perusahaan, Trello menjadi salah satu platform yang diandalkan untuk menangani pengelolaan pekerjaan. Bahkan, Trello juga dapat dijadikan aplikasi pendukung kegiatan marketing. Misalnya, untuk mengatur jadwal posting atau konten setiap minggu. Tak hanya itu, Trello juga bisa mengatur, mengedit, dan menambahkan ide-ide baru untuk dibagikan ke anggota tim.

10. HipChat

Aplikasi HipChat tersedia di perangkat Android dan iOs. Kamu bisa memanfaatkan HipChat sebagai aplikasi pendukung kegiatan marketing, terutama dalam hal berkomunikasi antar anggota tim. Kalau kamu berada jauh dari smartphone, kamu bisa berkomunikasi langsung dengan suara. Bahkan, kamu bisa menerima notifikasi ketika ada seseorang yang mention atau chat kamu di aplikasi.

11. Nimble

Nimble dapat mendukung kegiatan marketing dari segi pengelolaan daftar kontak. Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan profil media sosial dari setiap daftar kontakmu. Jadi, kamu bisa lebih cepat dan mudah mengembangkan follower di akun media sosial. Hanya cukup menyinkronkan kontak di ponsel dengan aplikasi Nimble, semua daftar kontak akan ditambahkan secara otomatis.

12. Mailchimp

Dalam dunia marketing email, MailChimp berada di posisi teratas. Apalagi, marketing email selalu bertahan dari waktu ke waktu. Kampanye iklan melalui email masih menjadi strategi paling efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan. Karena itu, hampir 70% perusahaan mengatakan MailChimp adalah aplikasi pendukung kegiatan marketing yang sangat layak digunakan dalam kampanye dan pemasaran produk.

Baca juga: 12 Aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS 2022

Nah, berbekal rekomendasi aplikasi pendukung kegiatan marketing di atas, kamu bisa mempromosikan bisnismu kapanpun dan dimanapun. Sama seperti EKRUT Media yang menghadirkan berbagai info peluang kerja serta tips profesional dan bisa kamu akses kapan saja!

Kamu juga bisa menambah kesempatan wawasan dalam karier dari para mentor berpengalaman di perusahaan-perusahaan ternama melalui YouTube Official EKRUT. Jadi, tunggu apalagi? Daftar di EKRUT sekarang untuk raih peluang kerja yang sesuai dengan passion-mu!

Sumber:

  • dash.app
  • buffer.com
  • oberlo.com
  • brand24.com
  • searchenginejournal.com
  • contentmarketinginstitute.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video