Published on

Technology

6 Daftar aplikasi video conference alternatif selain Zoom

Nur Lella Junaedi

aplikasi-video-conference-EKRUT.jpg

Sejak diberlakukannya kebijakan kerja dari rumah, Zoom menjadi salah satu aplikasi video conference yang banyak digunakan oleh karyawan dan perusahaan untuk menunjang kelancaran aktivitas kerja, seperti melakukan rapat daring. 

Namun, semenjak adanya isu terkait masalah keamanan, banyak orang perlahan mulai meninggalkan aplikasi yang satu ini. Kamu juga? Tidak usah khawatir. Pasalnya masih banyak deretan aplikasi video conference alternatif Zoom yang bisa kamu gunakan.

1. Facebook

aplikasi video conference EKRUT 
Facebook meluncurkan Facebook room yang mampu menampung sekitar 50 partisipan-EKRUT

Perusahaan raksasa milik Mark Zuckerberg ini kabarnya menambahkan fitur dalam messenger room yang mampu menampung sekitar 50 orang tanpa batas waktu untuk digunakan dalam meeting room atau kelas daring. 

Canggihnya lagi fitur ini bisa mengundang orang untuk melakukan video conference walaupun mereka tidak memiliki akun Facebook. 

Nantinya orang yang mengundang bisa membagikan tautan undangan melalui laman grup & event Facebook atau melalui news feed

Facebook juga akan mengintegrasikan fitur Facebook room ini dengan WhatsApp dan Instagram direct.

Baca juga: Inilah daftar negara yang larang pakai Zoom

2. Skype Meet Now 

aplikasi video conference EKRUT 
Skype menjadi pemain video conference yang cukup lama ada-EKRUT

Di antara daftar aplikasi video conference alternatif yang bisa kamu gunakan untuk melakukan video conference lainnya yakni Skype Meet Now. 

Kabarnya aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan mampu menampung sekitar 50 partisipan juga seperti Facebook.

Untuk menggunakan aplikasi ini bahkan kamu tidak perlu membuat akun Skype pribadi. 

Aplikasi ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya seperti berbagi layar, mengubah latar belakang dan merekam panggilan. Untuk bisa menggunakannya kamu hanya perlu mengakses laman situs berikut ini.

3. Discord

aplikasi video conference EKRUT 
Aplikasi Discord juga muncul sebagai bagian dari daftar aplikasi video conference gratis-EKRUT

Aplikasi Discord juga muncul sebagai bagian dari daftar aplikasi video conference gratis yang patut kamu coba. Aplikasi yang identik dipakai oleh banyak gamers ini, ternyata bisa juga digunakan oleh perusahaan untuk melakukan meeting online

Beberapa kelebihan Discord di antaranya yakni memiliki berbagai macam meeting room untuk melakukan meeting divisi secara terpisah, mampu menampung video conference sebanyak 50 orang, melakukan panggilan suara dan sebagainya.  

Kamu bisa menggunakan Discord lewat tautan url dengan mendaftar di sini, atau kamu pun bisa mengunduh Discord untuk penggunaan di mobile phone di Google Play store atau Apple Store. 

Baca juga: 7 Tips menciptakan rapat online yang sukses

4. Google Hangouts

aplikasi video conference EKRUT 
Dengan menggunakan Google Hangouts kamu bisa melakukan obrolan sampai 150 orang-EKRUT

Aplikasi keempat aplikasi video conference alternatif Zoom yaitu Google Hangouts. Aplikasi ini mampu melakukan rapat virtual hingga 10 orang peserta dan obrolan sampai 150 orang partisipan. 

Dengan Google Hangouts, kamu hanya perlu menggunakan akun Gmail yang kamu miliki. Selanjutnya kamu pun bisa melakukan panggilan video atau berbicara dengan teman kantormu dalam bentuk teks menggunakan perangkat seluler.

Jika kamu bermaksud beralih ke layanan berbayar, kamu dapat memaksimalkan pengguna video conference kamu menjadi 25 partisipan.  

5. FaceTime 

aplikasi video conference EKRUT 
Kamu pemilik gadget iPhone juga bisa melakukan panggilan video conference melalui aplikasi FaceTime-EKRUT

FaceTime adalah salah satu aplikasi video conference besutan dari Apple. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk layanan iPadOS, iOS dan MacOS. Aplikasi FaceTime ini kabarnya dapat menampung hingga 32 orang anggota dalam satu panggilan video.

Uniknya pengguna bisa memakai fitur emoji dalam videonya sehingga menambah kesan menarik. Lantaran terenkripsi ujung ke ujung, aplikasi ini aman untuk digunakan sebagai aplikasi video conference alternatif karena dapat terhindar dari peretas. 

6. CloudX Telkomsel

aplikasi video conference EKRUT 
Telkomsel meluncurkan video conference terbaru dalam CloudX-EKRUT

Perusahaan seluler terbesar di Indonesia Telkomsel juga tak ingin kalah saing dengan merilis aplikasi video conference yang diberi nama CloudX pada Desember 2019 lalu. Layanan video ini menyediakan fitur call me now, virtual PABX, contact center dan unified communication

Layanan ini mampu menampung sekitar 100 orang partisipan serta mampu melakukan aktivitas online meeting audio dan video untuk bekerja dan belajar online. Saat ingin menggunakan aplikasi ini, kamu harus menjadi pengguna Telkomsel terlebih dahulu dan mendaftar lewat tautan berikut.

Baca juga: 7 Cara jitu mengelola karyawan saat work from home

Itulah 6 daftar aplikasi video conference alternatif yang bisa kamu pakai selain menggunakan Zoom. 

Tentunya dalam setiap aplikasi tersebut terdapat berbagai macam kelebihan dan kekurangannya. Namun kamu bisa mencoba beberapa dari aplikasi itu untuk digunakan. Selamat mencoba!

Sumber: 

  • Gadgets.ndtv
  • Time.com

Tags

Share