Published on

Technology

Bagaimana cara menerjemahkan error messages pada programming?

Maria Yuniar

code-3337044__340.jpg

Ketika mengembangkan sebuah program, kamu pasti akan menemukan beragam pesan error yang muncul dan perlu diselesaikan. Kini, kamu memang bisa menggunakan Google untuk mencari solusi dari pesan error yang muncul.

Namun, ternyata tak mudah untuk menemukan padanan kata, yang dapat merepresentasikan kasus dari setiap pesan error. Untuk itu, simak beberapa cara berikut ini, yang dapat kamu gunakan untuk memahami pesan error dalam melakukan pemrograman.

Memahami bahasa pemrograman

Pesan error biasanya terdiri dari dua bagian, yakni pesan itu sendiri dan jejak stack. Ada pesan error yang mengarahkanmu untuk menemukan solusi. Namun tak jarang, pesan semacam ini malah membuatmu kebingungan.

Melihat jejak stack pada pesan error akan berguna karena informasi di dalamnya dapat memberi tahu letak kesalahan pemrograman. Sayangnya, jejak stack tersebut memiliki nama yang berbeda-beda pada tiap bahasa pemrograman. Untuk itu, kamu perlu memahami struktur-struktur pesan error pada berbagai bahasa pemrograman.

Pesan error pada JavaScript

Pesan error pada JavaScript terdiri dari tiga bagian. Pertama, index.js tempat aplikasi dimulai. Kedua,some-random-file.js untuk membuat cakupan jejak stack menjadi lebih luas. Ketiga, server.js yang akan membuat server express bisa bekerja pada port 3.000. Selain itu, pada JavaScript juga terdapat start-up noise. Start-up noise terjadi ketika terdapat kesalahan pada inisialisasi run-time.

Di samping itu, kamu juga harus memperhatikan kode yang ditulis. Ada dua bagian kode yang harus diperhatikan, yakni baris pertama yang biasanya diikuti oleh start-up noise dan baris kedua yang berisi kode pemrograman.

Pesan error pada Python

Pesan error pada Python kurang lebih sama dengan pesan error pada JavaScript. Perbedaannya terletak pada penamaan framework pada Python (express), yakni bottle. 

Selain itu, ada beberapa perbedaan dari JavaScript untuk melacak jejak stack. Dalam JavaScript, tak ada start-up noise seperti pada JavasScript. Kamu bisa melacak jejak stack pada kode tempat error terjadi.

Jika kamu merasa kesulitan ketika melakukan pemrograman, ada cara-cara alternatif yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya. Kamu bisa bertanya di forum pemrograman mengingat forum merupakan senjata ampuh untuk mendapatkan solusi dari permasalahan saat membuat program.

Rekomendasi bacaan:
Hal yang wajib kamu tahu soal TensorFlow
Hati-hati, hal ini akan membunuh kariermu setelah resign
Menyesal setelah resign? Lakukan tips berikut!

 

Sumber:
hackernoon.com 
medium.com

Tags

Share